Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tips Menyajikan Makanan dengan Microwave, Mudah dan Efisien

Hemat waktu dan praktis

Audia Natasha Putri

Semakin berkembangnya zaman, mobilitas masyarakat pun berjalan semakin cepat. Hal ini tentu mendorong penggiat teknologi untuk membuat sesuatu yang praktis dan instan yang mempermudah aktivitas sehari-hari.

Termasuk hadirnya microwave sebagai alternatif pengganti kompor untuk memasak yang praktis, lebih hemat waktu, dan multifungsi. Banyak kegunaan microwave pun bisa kamu rasakan, mulai dari memasak hidangan, pemanas makanan, serta menyajikan makanan sehat yang lebih efisien.

Berbicara soal makanan sehat, sepertinya kita semua sudah paham bahwa gaya hidup ini mulai diterapkan dalam sehari-hari.

Untuk itu, Popbela menghadirkan 10 tips menyajikan makanan sehat menggunakan microwave lebih praktis mudah. Menyadur Livestrong, yuk simak uraiannya di bawah ini. Apa saja tipsnya?

1. Mengeringkan bumbu herbal dan rempah

Epicurious.com

Banyak cara mengawetkan bumbu herbal dan rempah. Termasuk mengeringkannya dengan menggunakan microwave. Rempah dan bumbu ini meliputi dedaunan herbal biji-bijian, dan cabai.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu membersihkan rempah yang diinginkan, misal daun salam, thyme, cabai, dan bunga cengkeh. Lalu, pisahkan dari batangnya.

Siapkan tray lalu letakkan rempah secara berjejer dan tidak tumpang tindih. Siapkan microwave, lalu panaskan rempah selama 10-20 detik. Alhasil, daun pun sudah kering dan siap digunakan untuk memasak.

2. Memangkas waktu persiapan

Pinterest.com/Creativemarket

Banyak orang menggunakan microwave untuk memasak karena dinilai efektif serta penyajiannya yang cepat. Dengan fitur penyaluran panas yang baik dan merata, microwave mampu mempercepat proses memasak.

Termasuk memasak kentang atau ubi kukus dengan alat berbentuk kotak ini. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menusuk kulitnya lalu masak selama kurang lebih 10-15 menit. Jangan lupa bolak balik kentang dan ubi pada menit kelima atau ketujuh agar tak gosong di satu sisi.

3. Mencairkan makanan beku lebih cepat

freepik.com/ freepik

Say no more to makanan beku yang butuh waktu lama buat mencairkannya! Microwave mendengarkan keluh kesahmu lewat fitur pemanasnya yang apik serta dapat mengeringkan bahan makanan.

Dengan fitur itu, kamu bisa mencairkan bahan makanan beku dari kulkas secara langsung dan memgurangi kadar air di dalamnya.

4. Membuat kue lebih mudah dan terkontrol porsinya

Pinterest.com

Keunikan microwave dibandingkan dengan oven adalah jangka waktu masaknya yang cepat dengan pemanas yang merata. Karena itu, kini kamu dapat memanggang kue tanpa harus berlama-lama dengan microwave.

Apalagi kamu bisa membuat variasi kue menarik, seperti kue mug yang praktis dengan porsi kekontrol serta mengatur jumlah kadar gulanya sesuai yang diinginkan.

5. Mencairkan dan memasak sayuran

resepmasakanbaru.com

Kamu ingin memanaskan sayuran beku tapi khawatir nutrisinya turut menghilang? Tenang, nggak harus dengan kompor, microwave bisa menjadi opsimu untuk memasak sayuran beku.

Apalagi microwave mampu mempertahankan kandungan nutrisi sayuran di dalamnya karena tak memerlukan minyak dan waktu lama untuk mencairkannya. Efektif sekali bukan, Bela?

6. Memeras lemon

Love and Lemons

Memeras sari lemon atau jeruk secara maksimal memang membutuhkan tenaga. Kini tak perlu risau, Bela. Kamu bisa memproduksi sari lemon atau jeruk lebih banyak dengan microwave. Kamu hanya perlu menggiling lemon atau jeruk 30 detik lalu tempatkan dalam microwave selama 10 detik.

7. Membuat sarapan sehat

Siapa bilang membuat sarapan sehat itu merepotkan dan memakan waktu lama? Dengan microwave, kamu bisa memasak sarapan sehat yang lezat, kaya gizi, dan praktis. Misalnya membuat oatmeal mug cake dengan buah beri dan susu, tim tahu, ataupun telur kocok yang diisi sayuran.

8. Memanaskan persediaan makan

Times Now

Selain lebih bersih dan tak menambah tumpukan cucian piring, memanaskan persediaan makanan menggunakan microwave dinilai lebih praktis dan cepat. Cukup mudah, kamu perlu menyiapkan persediaan makanan beku seperti sop, tumisan, serta lauk pada mangkok atau piring. Lalu panaskan dalam microwave beberapa menit.

9. Mencairkan daging

pexels.com/Lukas

Kamu punya stok daging beku namun bingung mau menggunakannya? Tenang, microwave bisa menjadi pilihan untuk mencairkan daging beku yang keras. Kamu hanya perlu memanaskannya dengan menyalakan microwave dengan daya 60 persen. Dengan begitu, tekstur daging lebih empuk dan tak begitu keras ketika dipanaskan.

10. Kupas jagung dengan mudah

Pinterest

Mengupas jagung dengan tangan memang hal mudah, tetapi kadang malas untuk dilakukan karena dinilai tidak efisien.

Nah, kini kamu bisa mengupas jagung dengan efektif dengan microwave. Langkahnya pun cukup mudah. Bersihkan jagung, lalu tempatkan dalam microwave dan masak sekitar tujuh menit. Setelahnya, keluarkan jagung dan potong bagian bawahnya serta tarik keluar jagung.

Demikian tips memanfaatkan microwave dalam menyajikan makan sehat lebih mudah. Apa kamu ada tips lainnya yang kamu ketahui? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Food