Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10+ Ide Hampers Lebaran Berisi Makanan yang Tahan Lama

Mulai dari isian kue kering, brownies, hingga cokelat

Aisyah Banowati

Menjelang perayaan Lebaran, biasanya kita saling bertukar hampers dengan teman, keluarga, atau kolega di kantor. Hampers atau parsel Lebaran merupakan sebuah paket hadiah yang isinya bisa apa saja, disesuaikan dengan bujet dan keinginan si pemberi. 

Mulai dari barang pecah belah, produk fashion, skincare, hingga makanan bisa dijadikan isian hampers Lebaran. Buat kamu yang bingung mau buat hampers apa, berikut ide hampers Lebaran berisi makanan dari Popbela yang bisa kamu tiru!

1. Hampers kue kering

sethlui.com

Saat berkunjung ke rumah sanak saudara di hari Lebaran, jajaran kue kering seperti nastar, kastengel, hingga putri salju menyambut para tamu yang datang. Mengingat keberadaannya yang tak pernah absen, kamu bisa memberikan hampers berisi kue kering untuk dinikmati penerima dan keluarga saat Lebaran nanti.

2. Hampers makanan kering

winecountrygiftbaskets.com

Selain kue kering, kamu bisa mengisi hampers Lebaran dengan berbagai olahan makanan kering seperti kacang-kacangan, kering tempe, abon, buah kering, serundeng kelapa, hingga olahan teri medan. Biasanya, makanan kering ini akan disimpan di dalam toples mini sehingga tetap terlihat estetik saat disusun menjadi hampers. 

3. Hampers cokelat

anjalichocolat.com

Meski bukan perayaan Hari Valentine, ide hampers berisi cokelat juga cocok diberikan menjelang perayaan Lebaran. Hampes bisa diisi dengan cokelat homemade atau membeli cokelat batangan di minimarket terdekat. Untuk kemasannya, sebaiknya gunakan box agar lebih menarik serta jangan lupa tambahkan kartu ucapan. 

4. Hampers makanan plant-based

Dok. Melts

Makanan plant-based bisa menjadi pilihan untuk dijadikan hampers saat Ramadan. Gaya hidup yang berubah untuk lebih sehat membuat makanan plant-based kini menjadi pilihan untuk hampers.

Jangan berpikir jika makanan plant-based selalu tak menyenangkan dan monoton, ya, Bela. Ada juga, kok, yang rasanya enak dan manis, tapi tetap sehat. Jadi kamu nggak feeling guilty untuk mengonsumsinya.

Melts menjadi salah satu makanan plant-based yang cantik dijadikan sebagai hampers. Packaging-nya yang unik dan dilengkapi kartu ucapan, membuat kita mudah memberikannya untuk kerabat dan keluarga terdekat.

5. Hampers cokelat

Dok. SilverQueen

Cokelat menjadi makanan manis yang disukai oleh banyak orang, tak terkecuali kita, Bela. Maka dari itu cokelat seperti SilverQueen juga cocok dijadikan sebagai hampers karena pasti akan disukai oleh penerimanya.

Tak hanya itu, di Ramadan 2023 ini, dengan melakukan pembelian bundel Ramadan SilverQueen, kamu sudah secara otomatis sudah berdonasi cokelat SilverQueen untuk anak-anak yang membutuhkan.

"Terlihat sederhana, namun dengan ini kita sudah berdampak besar bagi mereka. Melalui hasil donasi ini, kita bisa menorehkan senyum di wajah mereka dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri nanti. Small moments, but a big win for all," jelas Mikhaela Bunawan, Brand Manager SilverQueen.

Dok. SilverQueen

Tak hanya memiliki konsep yang unik, SilverQueen juga memilih ikon khas Ibu Kota Jakarta sejak tahun 1970-an yaitu Bajaj sebagai kendaraan yang beroperasional selama program ini berlangsung. Alasan dibalik terpilihnya Bajaj sebagai mode transportasi dari kampanye ini adalah tampilannya sudah dikenal secara luas dari berbagai generasi.

Melalui inisiatif ini, SilverQueen ingin lebih dekat dengan masyarakat dengan ajakan serta aksi nyata dalam berbagi kebaikan. Masyarakat yang tinggal di luar daerah ibu kota juga dapat berpartisipasi dalam kampanye ini dengan membeli bundel Ramadan SilverQueen melalui kanal e-commerce Delfi Official Store yakni Tokopedia, TikTok Shop, Lazada, dan Bukalapak.

Informasi menarik seputar kampanye #SeruMaksimal on The Road kini bisa diakses melalui akun Instagram SilverQueen @silverqueenid dan akun TikTok SilverQueen @silverqueen.id.

6. Hampers sembako

pixabay.com

Memberi sembako sebagai hampers Lebaran, kenapa tidak? Selain akan terpakai sepenuhnya, isian sembako bisa disesuaikan dengan kebutuhan penerima. Untuk menekan pengeluaran, kamu bisa membeli sembako di agen terdekat. Agar menarik, hindari penggunaan kantong plastik sebagai kemasan. Sebaiknya, gunakan totebag dan tambahkan ornamen khas Lebaran untuk mempercantik hampers.

7. Hampers kurma

instagram.com/datedelicacy

Kurma adalah buah yang populer dikonsumsi selama bulan Ramadan hingga Lebaran. Selain karena anjuran Rasulullah SAW untuk memakannya di waktu berbuka puasa, kandungan manfaatnya yang kaya membuatnya banyak dikonsumsi oleh umat muslim. Jadi, tak mengherankan jika banyak orang yang memberikan hampers berisi buah kurma untuk keluarga dan teman mereka. 

8. Hampers frozen food

tokopedia.com/rindustore1618 & tokopedia.com/coklatmanies

Di saat kiriman hampers datang bersamaan, tentu sebagai penerima sulit untuk menghabiskannya sekaligus. Hampers frozen food cocok diberikan untuk kamu yang khawatir jika makanan yang kamu kirimkan akan basi atau berjamur tanpa sempat dicicipi. Pemberi senang, penerima pun tenang karena dapat menikmatinya kapan saja. 

9. Hampers madu

bensbees.com.au

Segudang manfaat dari mengkonsumsi madu membuat madu cocok diberikan sebagai hampers Lebaran. Saat berpuasa, mengkonsumsi madu dapat menambah energi sekaligus menjaga daya tahan dan menjaga metabolisme tubuh.

Selain itu, mengkonsumsi madu secara rutin juga dapat melindungi tubuh dari risiko serangan senyawa radikal bebas sebab madu dapat digunakan sebagai sumber antioksidan. Bagaimana? Tertarik memberikan hampers madu kepada teman dan kerabat?

10. Hampers brownies

taste.com.au

Bela, jika kamu senang membuat kue, memberikan brownies sebagai hampers bisa jadi pilihan menarik. Kudapan manis ini memiliki banyak penggemar, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi jika menyimpannya dengan benar, brownies dapat bertahan sampai tiga hari di dalam wadah kedap udara sampai tiga bulan jika disimpan di dalam freezer. 

11. Hampers 'makanan berat'

instagram.com/mamitinee

Tak ada ketentuan untuk isian hampers. Meski kebanyakan orang memilih untuk memberikan makanan kering, kamu bisa mengirimkan ‘makanan berat’ untuk orang terkasih.

Beberapa menu olahan populer seperti opor ayam, ayam bakar, ketupat, hingga nasi liwet bisa jadi inspirasi untuk kamu yang masih bingung tentang menu apa yang tepat untuk dijadikan hampers.

Namun, perlu diingat jika hampers ‘makanan berat’ hanya cocok dikirimkan bagi kerabat yang rumahnya dekat dengan lokasi pengiriman. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari makanan menjadi basi saat masih di perjalanan.

12. Hampers makanan ringan

blibli.com

Menjelang Lebaran, ada banyak merek makanan ringan yang menyediakan paket hampers Lebaran. Kamu dapat dengan mudah menemukannya di minimarket terdekat. Selain praktis karena tidak perlu repot menghiasnya, hampers makanan ringan ini cenderung lebih murah sebab—terkadang—ada potongan harga.

Itulah sepuluh ide-ide hampers Lebaran berisi makanan yang bisa kamu jadikan inspirasi. Kira-kira, ide hampers mana nih yang buat kamu tertarik? 

IDN Media Channels

Latest from Food