Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Baju Lama Mulai Pudar? Begini Cara Wantek Baju Biar Terlihat Baru

Gampang banget untuk dicoba!

Stella Marlena

Jangan dulu kecewa kalau pakaian kamu sudah mulai pudar, Bela. Cukup melakukan teknik wantek, pakaian kamu bisa cerah kembali seperti baru. Bagaiaman caranya? Yuk simak tips berikut!

1. Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Wantek dengan warna sesuai kebutuhan, sarung tangan, dan beberapa wadah seperti panci untuk merebus dan ember untuk merendam dan membilas.

bonappetit.com

2. Cuci terlebih dahulu pakaian yang ingin kamu perbaharui warnanya. Cuci dengan detergen dan kemudian bilas sampai benar-benar bersih.

wellandgood.com

3. Siapkan panci berisi air, tuangkan wantek dengan warna sesuai kebutuhan ke dalam air yang akan direbus. Idealnya berdasarkan ukuran pakaian, kamu butuh 2 sampai 3 bungkus. Lalu larutkan juga 2 sendok makan garam agar warna bisa bertahan lebih lama.

unnatisilks.com

4. Nyalakan api pada kompor dan kemudian masukkan pakaian yang ingin kamu warnai ke dalam panci berisi air tersebut. Rebus selama 15 hingga 30 menit saja. Setelah itu diamkan hingga suhu air mulai kembali normal.

good.is

5. Kenakan sarung tangan agar kulitmu tidak bersentuhan langsung dengan zat pewarna. Kemudian pindahkan pakaianmu ke wadah lain yang berisi air bersih, bilas beberapa kali hingga warna air tidak lagi menyisakan warna wantek. Tidak perlu dicuci dengan detergen lagi ya, Bela. Cukup keringkan dan setrika seperti biasa.

consciousbychloe.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends