Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Mengukur Bra yang Tepat, Lengkap dengan Ilustrasi

Biar nggak salah lagi

Rara Peni Asih

Masih bingung menentukan ukuran bra? Kali ini lengkap dengan ilustrasi, Popbela mau membagikan secara detail gimana kamu bisa mendapatkan ukuran bra yang tepat. Siapkan tali pengukur, catatan dan minta bantuan teman perempuanmu agar bisa maksimal. Yuk dicoba!

1. Cara Mengukur Bagian Underbust

Freepik.com/Edited by Popbela.com

Supaya tepat, kamu membutuhkan tali pengukur. Usahakan tidak menggunakan bra saat proses mengukur ya. Ukur bagian bawah payudara mengeliling, gunakan ukuran inchi. Kalau hasilnya ganjil, tambahkan 5 inchi. Jika hasilnya genap, tambahkan 4 inchi.

2. Cara Mengukur Lingkar Dada Atas

Freepik.com/Edited by Popbela.com

Setelah itu, ukur bagian lingkar dada atas tepat mengenai bagian puting melingkari tubuh. Minta bantuan teman atau keluarga untuk menyangga agar payudara tegak. Hal ini diperlukan jika ukuran payudaramu besar dan turun, ya. Catat hasil ukurannya jika sudah selesai.

3. Menentukan Ukuran Cup Ideal

Freepik.com/Edited by Popbela.com

Setelah tahu ukuran underbust dan dada atas, ukuran cup juga nggak boleh asal pilih ya. Caranya gampang, tinggal kurangi saja jumlah ukuran underbust dan lingkar dada atas. Jika selisih 1 angka berarti cup size yang tepat adalah A. Cek kembali chart size cup bra sesuai brand ya, karena bisa saja berbeda.

Untuk perempuan dengan kondisi payudaranya diangkat akibat kanker dan membutuhkan breast forms, kamu harus tahu cara tepat memilih ukuran cup yang ideal. Sebetulnya gampang, yang penting nggak terlalu besar dan nggak terlalu kecil.

Rumus memilih cup bra yang tepat adalah semakin besar bentuk tubuhmu, ukuran cup bra juga mengikuti. Atau bisa ikuti trik ini:

  • Pilih cup bra B atau C untuk tubuh berukuran kecil
  • Pilih cup bra C atau D untuk tubuh ukuran sedang
  • Pilih cup bra D atau yang lebih besar untuk plus size

Walau kesannya gampang saat mengukur bra, tapi sayangnya meski kita udah mengukur sendiri, bra yang dijual di pasaran belum tentu bisa benar-benar sesuai dengan ukuranmu. 

Karena anatomi tubuh tiap orang berbeda-beda. Makanya beberapa orang memilih memesan bra secara kostum. Walau mahal, yang penting nyaman digunakan.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends