Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Urutan Ukuran Baju dari S, M, L XL dan Cara Mengetahuinya

Dari kecil sampai besar

Nafi' Khoiriyah

Meskipun sudah berkali-kali membeli pakaian, tetapi banyak orang yang masih kebingungan saat akan memilih ukuran baju. Maka dari itu, penting untuk mengetahui urutan ukuran baju yang sesuai dengan tubuhmu. 

Sebenarnya ada beragam standar ukuran yang dipakai oleh para pemilik merek pakaian. Kalau kamu ingin lebih akurat untuk memilih ukuran pakaian, lihat penjelasan tentang urutan ukuran baju berikut ini. 

Jenis ukuran baju

freepik.com/freepik

Sebelum lebih dalam membahas tentang urutan ukuran baju, perlu diketahui kalau ada tiga standar paling umum yang digunakan. Standar ukuran baju ini dibedakan berdasarkan simbol yang dipakai. Simak penjelasan lengkapnya berikut. 

1. Letter sizing

Standar urutan ukuran baju yang pertama adalah letter sizing atau sebelumnya disebut alpha sizing. Seperti namanya, standar ukuran baju ini menggunakan huruf alfabet sebagai simbol ukurannya.

  • XS: Extra Small 
  • S: Small 
  • M: Medium 
  • L: Large 
  • XL: Extra Large 
  • XXL: Double Extra Large
  • XXL: Triple Extra Large 

2. Numeric sizing

Selain menggunakan huruf alfabet, ada numeric sizing yang menggunakan angka sebagai patokannya. Kebanyakan merek fashion yang menggunakan numeric sizing adalah merek fashion luar negeri. Sedangkan fashion item yang banyak menggunakan numeric sizing adalah untuk celana.

Namun, rentang numeric sizing yang dipakai bisa berbeda-beda di setiap negara. Ada yang menggunakan numeric sizing mulai dari 0,2,4,6,7, dan 10 seperti di Amerika. Namun, ada juga yang menggunakan angka lebih elevan seperti 34, 36, 38, 40, dan seterusnya. 

3. All size

Standar ukuran yang terakhir adalah all size atau semua ukuran. Jenis ukuran yang satu ini rata-rata menggunakan besar badan secara umum masyarakat.

Biasanya, ukuran yang digunakan antara M dan L. Namun, ada pula yang menggunakan ukuran sampai dengan XL. Artinya, all size adalah ukuran yang tidak pasti antara panjang dan lebarnya. 

Standar ukuran baju di Indonesia

freepik.com/katemangostar

Setelah mengetahui macam-macam standar ukuran baju di atas, ada beberapa ukuran baju yang banyak dipakai di Indonesia. Kebanyakan merek fashion di sini menggunakan ukuran letter sizing.

Nah, ukuran letter sizing yang diterapkan itu adalah seperti di bawah ini. 

  1. Ukuran S
    S adalah singkatan dari Small yang artinya kecil. Ukuran S dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki, ukuran S memiliki ukuran tubuh sekitar 68-76 cm. Sedangkan ukuran S perempuan adalah sekitar 60-66 cm. 
  2. Ukuran M 
    Kemudian, ukuran M setingkat lebih besar di atas Small. M adalah singkatan untuk Medium. Ukuran M untuk laki-laki sekitar 76-84 cm, sedangkan perempuan 63-39 cm. 
  3. Ukuran L 
    Ukuran L merupakan singkatan dari Large yang ditujukan untuk mereka yang bertubuh besar. Laki-laki memiliki ukuran L kisaran 84-92, sedangkan perempuan ukurannya sekitar 69-75 cm. 
  4. Ukuran XL
    Terakhir, XL adalah singkatan Extra Large yang merupakan ukuran di atas L. Ukuran tubuh untuk XL laki-laki adalah 92-100 cm, sedangkan perempuan sekitar 75-81 cm. 

Cara mengetahui ukuran baju yang tepat

freepik.com/freepik

Supaya kamu bisa menemukan ukuran yang tepat, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Simak beberapa di antara tipsnya berikut. 

1. Lihat ukuran pada baju yang akan dibeli 

Kalau sudah mengetahui standar ukuran baju, maka lihatlah ukuran baju yang akan dibeli. Apakah ukuran baju yang akan kamu beli adalah S, M, L, atau XL. Namun, perhatikan rentang ukuran merek pakaian yang akan kamu beli karena bisa jadi punya selisih yang berbeda. 

2. Lihat detail ukuran baju pada model

Jika akan membeli baju secara online misalnya, kebanyakan toko pakaian menyertakan detail ukuran baju. Kamu bisa melihat detail tersebut untuk memperkirakan ukuran yang akan dipilih. 

3. Ukur terlebih dahulu badan menggunakan meteran 

Kalau kamu belum yakin dengan ukuran tubuhmu, maka ukur terlebih dahulu badan sendiri agar mendapat ukuran yang tepat. Gunakan pita meteran agar hasilnya lebih tepat, ya. 

4. Perhatikan karakter bahan baju yang akan dibeli 

Selain memperhatikan ukuran pada pakaian yang akan dibeli, lihat juga karakteristik bahan yang akan dibeli. Sebab, beberapa jenis kain ada yang fit di badan atau bahkan bisa mengkerut setelah dicuci. 

Ternyata ada berbagai jenis ukuran baju yang dijadikan standar oleh pemilik merek pakaian. Setelah melihat macam-macam urutan ukuran baju di atas, semoga kamu nggak kebingungan lagi untuk menentukan ukuran baju, ya. 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends