Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Model Jahit Baju Kebaya Terbaru, Elegan dan Fashionable!

Modelnya bervariasi

Nafi' Khoiriyah

Kebaya merupakan pakaian tradisional Indonesia yang masih terus dipakai hingga saat ini. Biasanya, kebaya dipakai untuk acara pernikahan atau acara-acara kebudayaan. Pakaian ini biasanya terbuat dari bahan brokat sehingga terkesan mewah. 

Sebagai paduannya, kebaya kerap dipasangkan dengan bawahan jarik atau rok batik. Namun, anak muda masa kini juga banyak yang memakainya dengan paduan pakaian kasual seperti rok bermodel ruffle ataupun celana. 

Nah, model jahit baju kebaya terbaru ini bisa jadi referensimu untuk membuat kebaya yang menawan. Simak, yuk!

1. Kebaya Kutu Baru

pinterest.com

Ide jahit baju kebaya terbaru yang pertama adalah model kutu baru yang klasik tapi menarik. Akhir-akhir ini, model kebaya kutu baru banyak diminati anak muda. Sebab, kesan yang diberikan saat memakainya adalah anggun dan unik. 

Detailnya ada pada tambahan kain di tengah yang menyatukan antara sisi kanan dan kiri baju. Kalau dulu kebaya kutu baru selalu dipadukan dengan bawahan rok batik, kini kamu bisa memakainya lebih kasual dengan bawahan bebas.

Namun, perhatikan bahan yang kamu pakai untuk membuat baju ini karena akan memberikan kesan yang berbeda. 

2. Kebaya Kartini

pinterest.com

Seperti namanya, kebaya Kartini memang dulu menjadi model pakaian yang sering dipakai perempuan di masa RA. Kartini. Detailnya ada pada lipatan di bagian dada dengan ujung baju yang tertutup. 

Model pakaian ini akan memberikan kesan yang anggun dan bersahaja. Apalagi dipadukan dengan bawahan model span seperti di atas. Supaya makin mirip dengan RA Kartini, lengkapi outfit-mu dengan selendang di samping bahu. 

3. Kebaya Jawa

pinterest.com

Nah, model jahit baju kebaya terbaru yang paling populer di Indonesia adalah kebaya Jawa. Model ini biasanya dibuat dengan kain berbahan brokat atau transparan yang bermotif seperti di atas. 

Ciri khasnya ada pada kerah yang berbentuk V dan bagian ujung yang tidak terlalu runcing. Biasanya, atasan ini dikenakan dengan rok atau jarik batik yang bermodel span. Jadi, penampilan akan terlihat lebih feminin seperti perempuan zaman dulu. 

4. Kebaya khas Melayu

pinterest.com

Berbeda dari sebelumnya, kebaya ini merupakan khas Melayu. Bisa kamu lihat, terdapat lipatan di bagian depan baju yang membuat kebaya tampak berlapis. 

Bagian kerah kebaya ini juga berbentuk V-neck sehingga cocok bila ditutupi dengan bros atau perhiasan lainnya. Dengan warna yang biasanya polos, kamu bisa memasangkannya dengan bawahan polos pula ataupun bawahan rok span motif. 

5. Kebaya Bali

pinterest.com

Meskipun sekilas modelnya tampak sama dengan kebaya biasa, tetapi ada ciri khas kebaya Bali yang sangat tampak. Ciri khas tersebut ada pada tambahan obi yang dililitkan pada pinggangnya. 

Terkadang, ada pula tambahan bros besar yang mempercantik penampilan menggunakan kebaya Bali. Nah, kalau biasanya kebaya dipasangkan dengan bawahan batik, kebaya Bali ini lebih cocok dipasangkan dengan kain khas Bali. 

6. Kebaya Panjang

pinterest.com

Kalau kamu mencari model jahit baju kebaya terbaru untuk pesta pernikahan, model yang pendek mungkin akan terkesan terlalu biasa. Maka dari itu, kamu bisa memodifikasi model baju kebaya menjadi lebih panjang sampai di bawah lutut. 

Supaya tidak monoton, berikan aksen belahan pada bagian depan seperti di atas. Aksen belahan tersebut juga membuat bawahan yang kamu pakai menjadi lebih terlihat. Penambahan kancing pun bisa kamu pilih kalau ingin look yang lebih modern. 

7. Kebaya V-Neck

pinterest.com

Sebagian besar model kebaya memang memiliki detail V-neck pada bagian dadanya. Namun, V-neck pada model kali ini lebih tegas sehingga memperlihatkan leher yang jenjang. 

Selain itu, ujung kebaya ini juga berbeda dengan kebanyakan. Ujung kebaya tersebut dibuat lebih panjang di bagian tengah dan tidak sejajar dengan sekelilingnya. Lalu untuk menambah kesan modern pada model ini, terapkan bentuk lengan balon saja. 

8. Kebaya Ruffle

pinterest.com

Model jahit baju kebaya terbaru yang terakhir adalah ruffle yang berlipat-lipat. Model ini merupakan tren yang banyak dipakai saat ini karena memberikan kesan manis dan muda. Biasanya, aksen ruffle terdapat pada ujung kebaya sehingga lebih lebar. 

Nah, bawahan yang cocok untuk atasan ruffle adalah model span yang ketat. Model bawahan itu akan membuat tubuh lebih langsing dan tidak tampak berisi. 

Itulah 8 model jahit baju kebaya terbaru mulai dari yang klasik sampai yang modern. Semuanya bisa kamu modifikasi sesuai dengan gaya dan seleramu.

Kira-kira, model mana yang akan kamu pilih, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends