Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Abaya Turki dan Jenis-Jenisnya, Cocok untuk Lebaran!

Modelnya mewah dan menawan

Nafi' Khoiriyah

Baju muslim perempuan yang paling dikenal di Indonesia adalah gamis. Namun, bukan hanya itu saja, ada beberapa jenis baju muslim perempuan yang bisa kamu jadikan alternatif model pakaian, seperti kaftan, tunik, dan abaya.

Abaya merupakan pakaian yang cukup terkenal di wilayah Timur Tengah, salah satunya di Turki. Pakaian tersebut sekilas mirip dengan gamis, tetapi terlihat lebih longgar dan netral. 

Supaya kamu bisa melihat detail perbedaan abaya Turki dengan model pakaian muslim perempuan lainnya, simak ulasan berikut ini, ya!

Apa itu Abaya?

pinterest.com

Abaya Turki merupakan busana perempuan muslim yang berbentuk dress panjang dengan detail yang lebar dan longgar. Sekilas, bentuk abaya ini memang mirip dengan gamis biasa. 

Namun, abaya Turki memiliki ciri khas minimalis dan simpel dengan ukuran yang longgar dan panjang sampai mata kaki. Warnanya pun cenderung netral seperti hitam, tetapi kini banyak yang memodifikasinya dengan warna-warna cerah. 

Seperti namanya, abaya Turki merupakan pakaian muslim khas Timur Tengah, tepatnya negara Turki. Model pakaian ini cocok dipakai untuk berbagai acara, mulai dari pengajian sampai lebaran. 

Biasanya, abaya Turki juga diberi tambahan detail bordir atau payet sebagai dekorasinya. Bahan yang dipakai pun cukup beragam, tetapi cenderung 'jatuh' dan tidak menerawang. 

Cara Memilih Abaya

pinterest.com

Jika kamu sedang mencari model baju muslim satu ini, maka pilihlah dengan cermat. Pertama, kamu perlu menyesuaikan desain dan ukurannya dengan bentuk tubuhmu. Lantaran desainnya yang longgar dan lebar, maka kamu perlu menyesuaikannya supaya ukuran yang dipilih tidak terlalu kecil sehingga tampak ketat. 

Kemudian, jika kamu ingin mencari abaya Turki yang bermotif, perhatikan susunan motifnya. Pemilik tubuh yang berisi akan lebih cocok menggunakan abaya bermotif vertikal supaya tidak memberi kesan gemuk. 

Selain itu, pilihlah warna-warna yang gelap alih-alih yang cerah supaya tidak menerawang. Pastikan juga bahan yang dipakai untuk membuat pakaian ini 'jatuh' dan flowy supaya bisa menawan saat dipakai serta tidak mudah kusut. 

Terakhir, jangan lupa perhatikan desain dan detailnya supaya cocok dengan acara yang akan kamu datangi. Jika kamu akan memakainya untuk acara yang mewah, maka pilih abaya yang diberi tambahan payet atau bordir yang ramai. Sebaliknya, jika kamu ingin memakainya untuk acara yang lebih santai, pilihlah abaya yang simpel dan polos. 

Supaya kamu punya gambaran berbagai model abaya Turki, berikut adalah beberapa contoh modelnya. 

1. Abaya Turki Abu-Abu Diamond

instagram.com/butikq_khadijah.id

Abaya Turki yang pertama dibuat dengan bahan kain warna abu-abu tua yang jatuh dan flowy. Bahan yang dipakai pada bagian lengan dan badan baju tampak berbeda, tetapi model yang diterapkan adalah A-line yang longgar dan lebar. 

Kemudian, abaya tersebut memiliki detail payet diamond yang digunakan untuk membuat aksen mewah. Payet diamond tersebut diletakkan pada pergelangan tangan dan bagian tengah abaya dari atas sampai bawah. Terakhir, terdapat aksen ruffle pada ujung lengan yang membuatnya makin menarik. 

2. Abaya Turki Biru Bordir Hitam

instagram.com/nur_boutique_sa

Selanjutnya, model abaya ini memakai warna biru muda yang cerah dan ceria. Namun, aksen yang dipakai adalah bordir warna hitam yang kontras. Pertama, abaya dibuat dengan model A-line seperti biasa. 

Lalu, lengannya dibuat lebar seperti lonceng sampai ke ujungnya. Nah, pada lengan tersebut terdapat detail bordir hitam yang bermotif diagonal untuk menghiasi abaya. Selain itu, bagian pinggangnya pun diberi aksen belt supaya menyamarkan tubuh yang berisi. 

3. Abaya Turki Bordir Lengan Layer

instagram.com/monalisaottawa

Meski terkenal dengan modelnya yang lebar dan longgar, abaya Turki yang ada di pasaran kini makin bervariasi. Salah satunya adalah model abaya bordir lengan layer seperti di atas. 

Model tersebut memakai bahan kain warna hitam yang dibentuk model A-line yang tidak terlalu lebar. Lalu, pada sisi kanan dan kiri abaya diberi detail bordir memanjang vertikal sampai bawah.

Terakhir dan yang membuat abaya ini menarik adalah detail layer pada bagian ujung lengannya. Layer pertama lengan menggunakan kain yang dibordir, kemudian bagian luarnya memakai lapisan kain hitam yang diberi belahan di salah satu sisinya.

4. Abaya Turki Ruffle Dua Layer

instagram.com/labelle_boutique_sa

Abaya Turki tak melulu harus dibuat menjadi satu lapis saja. Kamu bisa membuatnya berlapis seperti di atas dengan menggunakan warna yang berbeda. Layer abaya yang pertama menggunakan kain polos berwarna putih, kemudian layer selanjutnya berwarna hijau. 

Nah, abaya bagian luar yang menjadi layer kedua didesain dengan model ruffle pada bagian ujung dan lengannya. Ruffle tersebut memberikan aksen lekukan yang manis sehingga pemakainya akan tampak lebih muda. 

5. Abaya Turki Zipper Navy

pinterest.com

Terakhir, abaya Turki ini memiliki desain yang minimalis dengan warna dasar biru navy yang gelap. Desain tersebut dibuat seperti abaya umumnya dengan model potongan A-line yang lebar. 

Namun, model yang terakhir tersebut dilengkapi dengan zipper pada bagian badan abaya mulai dari dada sampai ke ujungnya. Lalu, lengannya dibuat dengan model lonceng dan aksen payet pada pergelangan tangannya. 

Demikian macam-macam model abaya Turki yang bisa kamu jadikan referensi baju lebaran atau untuk acara lainnya. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan jenis pakaian satu ini, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends