Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Gaya Hijab untuk Wisuda yang Simpel tapi Menawan, Yuk Coba!

Nggak mudah berantakan

Nafi' Khoiriyah

Momen wisuda menjadi saat yang paling membahagiakan bagi banyak orang. Setelah belajar bertahun-tahun lamanya, akhirnya kita berhasil menuntaskan kewajiban dan lulus dari jenjang yang dijalani. 

Di saat itu, tentunya semua orang ingin mengabadikan momen untuk dikenang di kemudian hari. Selain harus memakai pakaian yang menawan, gaya hijab untuk wisuda juga tak boleh disepelekan. 

Kamu perlu mencari model hijab yang elegan tapi juga kokoh supaya aman dipakai untuk prosesi wisuda sampai foto wisuda selesai. Nah, berikut ini Popbela.com rangkum deretan model hijab wisuda yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Gaya Hijab Pashmina Ceruti

pinterest.com

Gaya hijab untuk wisuda yang pertama bisa memakai bahan pashmina ceruti yang tipis dan mudah diatur. Untuk membuat look seperti di atas, kamu bisa memakai hijab pashmina ceruti berwarna putih. 

Sebelumnya, pastikan kamu memakai inner hijab terlebih dahulu supaya tidak menerawang. Lalu, pakai hijab dengan menekuk bagian samping pelipis dan ikat ke belakang kepala. Selain rapi, penampilan ini membuatmu terlihat lebih anggun dan feminin.

2. Gaya Hijab Persegi Empat Rapi

pinterest.com

Tak harus memakai pashmina, bahan hijab segi empat juga cocok dipakai sebagai hijab wisuda. Sebab, karakteristik hijab model ini memang cenderung mudah dibentuk.

Pada gambar di atas, kamu bisa memakainya dengan rapi menggunakan hijab nuansa krem. Lalu, kenakan inner hijab terlebih dahulu, sama seperti model hijab sebelumnya.

Setelah itu, pakai hijab dengan bagian atas dahi dibuat sedikit tinggi. Baru terakhir ambil dan rapikan sisi hijab yang tidak terpakai dan masukkan ke dalam baju. 

3. Gaya Hijab Pashmina Simpel

pinterest.com

Gaya hijab untuk wisuda juga bisa lebih simpel dengan bahan pashmina seperti di atas. Kamu hanya perlu memakai pashmina biasa dengan mengaitkan kedua sisi hijab di bawah leher. 

Kemudian, sisi hijab yang tersisa dibawa ke belakang supaya tampak lebih rapi. Untuk membuat model hijab ini, pastikan bahan pashmina tersebut tidak kaku dan mudah diatur.

Nah, supaya tidak bergeser, kamu bisa menambahkan peniti atau jarum di bagian belakang hijab. 

4. Gaya Hijab Pashmina Silk

pinterest.com

Bahan pashmina lainnya yang tak kalah menarik dipakai untuk wisuda adalah bahan silk. Karakteristik bahan ini adalah mengilap, jatuh, dan tidak kaku sehingga mudah diatur. Untuk model wisuda, sebaiknya kamu tidak perlu model yang rumit. 

Cukup dengan memakainya seperti biasa, tetapi biarkan hijab di sebelah kiri lebih longgar agar bisa membuat wajah tidak terlihat chubby. Kemudian, bawa kedua sisi hijab ke belakang sambil dikaitkan dengan jarum atau peniti supaya tidak lepas. 

5. Gaya Hijab Pashmina Menutup Dada

pinterest.com

Kebanyakan gaya hijab untuk wisuda memang dibuat ringkas dan tidak menutup dada. Namun, kamu bisa membuatnya lebih syar'i dengan gaya hijab yang selanjutnya ini. Seperti yang kamu lihat, gaya tersebut dibuat dengan bahan pashmina warna putih. 

Cara membuat model hijab tersebut adalah dengan membagi pashmina menjadi lebih pendek di sisi kirinya. Lalu, peniti hijab di bawah leher, kemudian bawa sisi yang panjang ke atas melingkari kepala. Nantinya, hijab yang tersisa bisa kamu rapikan dengan jarum pentul. 

6. Gaya Hijab Segi Empat Ikat Belakang

pinterest.com

Model hijab segi empat ini tak jauh beda dari sebelumnya, tetapi lebih ringkas. Kamu tinggal memakai hijab segi empat polos dengan inner sebelumnya, lalu lipat sisi kanan dan kiri hijab yang ada di samping pipi. 

Setelah itu, kaitkan dengan peniti di area leher dan terakhir rapikan sisa hijab yang menjuntai di depan. Hijab yang menjuntai itu kemudian kamu ikat di belakang kepala atau masukkan ke baju supaya tidak terlihat. Pastikan pemilihan kain hijab yang tipis supaya tidak terlihat menggembung. 

7. Gaya Hijab Segi Empat Menutup Dada

pinterest.com

Masih dengan hijab segi empat, tetapi gaya ini lebih syar'i dan menutup dada. Kamu bisa membuat model tersebut dengan memakai hijab segi empat berbahan silk yang mengilap.

Pertama, pakai hijab dengan sisi kiri yang lebih lebar, lalu kaitkan sisi kanan dan kiri hijab dengan peniti. Rapikan bagian atas hijab supaya tegak dengan hair spray atau semacamnya.

Lalu, sisa hijab bagian kiri tersebut bisa kamu lebarkan ke sisi kanan hingga menutup dada. Sementara sisa hijab bagian kanan dibawa ke bahu kiri dan diberi jarum supaya tidak geser. 

8. Gaya Hijab Pashmina Anti Geser

pinterest.com

Terakhir, gaya hijab untuk wisuda ini cocok untukmu yang suka dengan model simpel dan tidak mudah geser. Caranya adalah dengan memakai inner dan bahan hijab pashmina kaus atau jersey. 

Kemudian, pakai ciput sampai menutup seluruh rambut, kemudian pakai hijab mengikuti bentuk kepala sambil dikaitkan di leher dengan jarum atau peniti. Setelah itu, hijab yang tersisa hanya perlu kamu rapikan ke belakang supaya tidak mengganggu. 

Demikian 8 gaya hijab untuk wisuda yang bisa kamu sontek untuk tampil elegan saat wisuda mendatang. Kira-kira, gaya mana yang akan kamu ikuti, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends