Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Model Baju Muslim Perempuan Terbaru, Cocok untuk Lebaran!

Mana model pilihanmu?

Nafi' Khoiriyah

Menjelang Ramadan, baju muslim perempuan banyak dipakai untuk pakaian acara buka bersama. Bahkan, banyak orang yang sudah mencari baju lebaran yang akan dipakai saat Hari Raya Idulfitri mendatang.

Kalau kamu salah satunya, maka kini saatnya kamu mencari baju muslim perempuan yang paling cocok dan nyaman. Bukan hanya gamis saja, ternyata ada beberapa jenis pakaian lainnya yang bisa kamu jadikan koleksi baju muslim di rumah, lho. 

Model baju muslim perempuan apa saja yang cocok untuk lebaran nanti? Simak ulasannya di bawah ini. 

1. Gamis

pinterest.com

Jenis baju muslim perempuan yang pertama sudah menjadi andalan banyak orang, yakni gamis. Model baju ini adalah terusan seperti dress yang panjang dari atas sampai ke ujung kaki.

Ciri khas dari pakaian ini adalah potongannya yang longgar sehingga cocok digunakan para perempuan muslim. Saat memakainya, kamu akan terlihat lebih anggun dan feminin. 

Ada berbagai jenis kain yang bisa dibuat menjadi model baju gamis, mulai dari katun, chiffon, dan banyak lainnya. Bukan hanya bahannya saja yang bermacam-macam, model gamis pun kini makin beragam. 

Berikut adalah beberapa model gamis yang bisa kamu jadikan referensi model untuk baju lebaran nanti. 

Gamis Ruffle

Model gamis pertama yang paling kekinian adalah gamis ruffle. Model gamis ini dihiasi dengan aksen ruffle atau lekukan pada bagian tertentu. Biasanya, kerutan tersebut tampak pada ujung gamis, leher, ataupun bagian lengan yang mencolok. Kamu akan terlihat lebih muda dengan memakai model yang satu ini. 

Gamis Lengan Lonceng

Selanjutnya, terdapat model gamis lengan lonceng yang memiliki ciri khas pada bagian lengannya. Berbeda dengan model lengan kebanyakan yang kecil atau menggembung, gamis dengan lengan lonceng akan berbentuk melebar ke bawah membentuk lonceng. 

Gamis Full Kancing

Berikutnya adalah gamis full kancing yang dilengkapi dengan kancing di bagian depannya. Memakai pakaian muslim model ini akan membuatmu mudah saat mengenakannya, berbeda dengan gamis lainnya yang hanya dilengkapi dengan kancing di belakang atau ritsleting di depan. 

2. Tunik

pinterest.com

Baju muslim perempuan selanjutnya adalah tunik yang mirip dengan kemeja, tetapi memiliki potongan yang lebih lebar dan panjang. Biasanya, panjang tunik mencapai lutut atau betis sehingga perlu dilengkapi dengan rok ataupun celana. 

Mulanya, pakaian ini justru digunakan oleh masyarakat Yunani Kuno. Dulu tunik hanya dibuat dengan model satu warna dengan aksesori ikat pinggang yang khas. Namun seiring berjalannya waktu, model tunik pun makin bermacam-macam bentuknya.

Akan tetapi, tunik tetap mempertahankan ciri khas yang simpel dan modis untuk pakaian muslim perempuan. Berikut adalah beberapa model tunik yang bisa kamu jadikan pilihan. 

Tunik Peplum

Jenis tunik yang pertama adalah model peplum yang memiliki detail mengembang dari pinggang ke bawah. Sementara itu, bagian atasnya didesain straight atau mengikuti bentuk tubuh bagian atas. Model tunik ini akan cocok bagi kamu yang ingin tampilan lebih berisi dan tidak membentuk tubuh. 

Tunik Asimetris

Selanjutnya, baju tunik asimetris memiliki ciri khas bagian bawah yang tidak rata. Biasanya, sudut tunik asimetris dibuat menyamping atau mengerucut sehingga memberikan kesan trendi. Selain terkesan trendi, model yang asimetris tersebut juga bisa menyamarkan lekuk tubuh, lho. 

Tunik Vest

Jenis tunik yang lainnya adalah model vest atau rompi. Pada bagian dalamnya kamu bisa memakai inner polos terlebih dahulu, kemudian baru dilapisi dengan tunik vest yang panjang. Tunik vest banyak dipakai oleh remaja karena memiliki kesan muda dan kekinian. 

3. Abaya

pinterest.com

Beralih dari tunik dan gamis, model baju perempuan muslim lainnya adalah abaya. Model baju ini banyak dipakai oleh perempuan di wilayah Timur Tengah, seperti di Arab Saudi. 

Modelnya hampir mirip dengan gamis, tetapi memiliki potongan A-line yang lebih ramping seperti payung. Selain itu, jenis pakaian ini juga identik dengan warna hitam dan aksen renda maupun payet. 

Desain yang diterapkan pada abaya pun cenderung simpel tapi elegan. Para perempuan Timur Tengah asalnya memakai pakaian ini dilengkapi dengan cadar. Namun di Indonesia, abaya digunakan hampir sama seperti fungsi gamis. 

4. Kaftan

pinterest.com

Jenis baju muslim perempuan yang terakhir adalah kaftan yang sering dipakai sebagai pakaian lebaran. Kaftan merupakan pakaian muslim yang berlengan lebar dan panjang sampai ke mata kaki. 

Bentuknya seperti jubah yang terkadang diberi aksen kerut dan dihiasi renda. Biasanya, pakaian ini dipakai dengan manset di bagian dalamnya supaya tidak menerawang.

Kalau abaya merupakan pakaian perempuan muslim khas Timur Tengah, kaftan merupakan busana tradisional khas Asia Tengah. 

Itulah empat macam baju muslim perempuan yang bisa menjadi alternatif supaya model baju lebaranmu tidak itu-itu saja. Di antara berbagai jenis baju muslim di atas, mana yang belum kamu punya, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends