Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Ide Baju Lebaran Selain Gamis, Tetap Anggun dan Feminin

Tampil beda dan tetap anggun

Nafi' Khoiriyah

Bagi para perempuan, memakai gamis pada hari lebaran tentu sudah biasa. Gamis tersebut sering dipilih karena memberikan kesan yang anggun dan feminin untuk pemakainya. 

Namun, ada baju lebaran selain gamis yang juga tak kalah menawan. Kamu bisa tampil beda dengan fashion item tersebut supaya tidak membosankan. 

Di bawah ini ada lima fashion item yang bisa jadi opsi lainnya selain gamis. Apa saja, ya? 

1. Tunik

pinterest.com

Opsi baju lebaran selain gamis pertama tentu saja adalah tunik. Tunik merupakan busana muslim perempuan yang desainnya panjang sampai ke pinggang bahkan lutut. 

Potongan tunik biasanya cukup longgar dan sopan sehingga cocok untuk hari raya. Kamu bisa memadukan atasan ini dengan celana kulot, jeans, maupun rok. 

Sekarang ada berbagai jenis tunik yang bisa dipilih, mulai dari yang polos, motif, asimetris, dan batik. 

2. Outer

pinterest.com

Seperti namanya, outer merupakan pakaian yang digunakan pada bagian luar pakaian. Sebagai pemanis, outer perlu dilengkapi dengan inner di dalamnya. 

Ada banyak sekali jenis outer yang bisa dipilih, mulai dari kimono outer, outer scarf, dan masih banyak lagi lainnya. Jika kamu akan menggunakannya pada hari raya, pastikan untuk memilih material yang nyaman. 

Memakai outer akan memberikan kesan kasual dan clean. Cukup padukan dengan kulot atau rok saja, penampilanmu akan menawan. 

3. Kaftan

pinterest.com

Hampir mirip dengan gamis, tetapi kaftan merupakan model baju terusan panjang yang berasal dari Timur Tengah. Baju lebaran selain gamis ini juga jadi pilihan banyak orang sebagai pakaian lebaran. 

Kaftan juga memiliki berbagai jenis model, misalnya kaftan dengan detail kerut depan atau kaftan yang polos. Ukuran kaftan pun bisa berbeda-beda sesuai dengan yang kamu suka.  

Modelnya yang lebar juga akan menyamarkan tubuh yang berisi. Kesan penampilan dengan kaftan pun akan tampak anggun dan feminin, cocok untuk hari raya. 

4. One Set

pinterest.com

Mix and match bawahan dan atasan memang gampang-gampang susah, apalagi jika harus memilih warna yang senada. Namun dengan oneset, kamu tidak akan kebingungan akan memilih atasan dan bawahan pakaian. 

Sebab, one set sudah terdiri dari atasan dan bawahan yang didesain senada. Kesannya juga simpel dan elegan, cocok dengan suasana hari raya. 

Jika ingin kelihatan lebih stylish, kamu bisa menggunakan aksesori yang warnanya kontras dengan baju oneset yang dikenakan. 

5. Blouse

pinterest.com

Ada beberapa orang yang tidak pernah memakai gamis. Mereka menilai gamis terlalu feminin dan tidak cukup nyaman dikenakan. Nah, solusinya bisa dengan memakai blouse. 

Blouse merupakan atasan yang modelnya cukup longgar dengan panjang sampai pinggang. Modelnya yang pendek tersebut bisa dipasangkan dengan beragam bawahan. 

Misalnya saja, blouse dengan rok plisket, blouse dengan celana jeans, atau blouse dengan kulot. Lalu, lengkapi outfit-mu dengan hijab dan aksesori lainnya yang senada supaya lebaran bisa tampil stylish. 

Itu dia deretan baju lebaran selain gamis yang akan membuat hari lebaranmu makin meriah. Di antara pilihan di atas, mana yang akan kamu pilih, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends