Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara Mencuci Jaket Kulit yang Benar dan Baik, Jangan Salah!

Cara mencuci jaket kulit agar awet

Michael Richards

Kalau kemarin Popbela sudah membahas cara merawat jaket kulit, sekarang lebih ke gimana cara mencuci jaket kulit yang benar.

Sebenarnya asal jaket kulit kamu nggak terlalu kotor, disarankan jangan terlalu sering untuk dicuci. Tapi kalau kasusnya jaket kulit kamu terkena noda, berikut cara mencuci jaket kulit yang harus kamu ketahui!

Oh iya! Cara mencuci jaket kulit kamu dengan tangan saja ya, nggak perlu memakai mesin cuci.

1. Apa yang harus disiapkan?

freepik.com

Jaket kulit memerlukan perhatian ekstra. Bahan-bahan yang harus kamu pakai saat mau mencucinya juga agak berbeda nih. Jangan memakai deterjen yang terlalu keras kimianya, tapi manfaatkan sampo saja sudah cukup.

Berikut yang harus kamu siapkan:

  • Sampo sebagai pengganti deterjen
  • Air hangat
  • Kain bersih
  • Handuk kering.

2. Lakukan tes sebelum mencuci

freepik.com

Campur sampo ke dalam air yang hangat, celupkan kain bersih ke dalamnya, lalu tes dengan mengelap kain itu ke bagian tersembunyi dari jaket kulitmu. Jika dilap tidak luntur, maka kamu bisa meneruskan proses pencucian ini. Namun jika warnanya luntur karena jaket kulit kamu ternyata imitasi, baiknya cukup dilap-lap saja dengan air hangat ya.

3. Cara mencuci jaket kulit

pinterest.com

Oke, masuk ke proses mencuci jaket kulit. Pertama, gantung jaket kulit, lalu mulai proses pencuciannya dengan cara mengelap jaket kulit dengan air sampo secara perlahan. Kain yang dipakai untuk mengelap sebaiknya dalam keadaan lembap.

Usapkan satu arah. Setelah dirasa cukup, bilas dengan cara yang sama dengan menggunakan air bersih. Jangan sampai ada air shampo yang tersisa, karena akan membuat jaket kulit kamu kering dan bisa mengelupas.

4. Cara mengeringkannya

freepik.com

Keringkan jaket kulit dengan memakai handuk kering. Tekan-tekan dengan lembut. Baringkan dan angin-anginkan saja.

Jangan dijemur dibawah terik matahari dan usahakan nggak perlu digantung. Pastikan jaket kulit benar-benar kering sebelum disimpan. Karena kalau lembap akan berpotensi tumbuh jamur.

5. Cara menyimpan jaket kulit

freepik.com/prostooleh

Setelah kering, olesi jaket kulit dengan lotion perawatan kulit, atau bisa memakai body lotion yang aman untuk jaket kulit. Ini untuk membuat tekstur kulit tetap elastis. Angin-anginkan. Baru simpan jaket kulitmu kembali di lemari.

6. Cara membersihkan noda membandel di jaket kulit

pinterest.com

Kotoran dan noda membandel seperti noda tinta, minyak, dan lainnya tentu perlu penanganan yang berbeda. Untuk bisa membersihkannya pada jaket kulit, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.

Berikut bahan dan cara mencuci jaket kulit yang terkena noda membandel:

  1. Kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan noda di jaket kulit. Oleskan pasta gigi pada noda, lalu seka dengan gerakan memutar secara perlahan menggunakan kain. Biarkan selama kurang lebih sepuluh detik lalu bersihkan dengan kain basah.
  2. Nail polish remover dapat dijadikan alternatif untuk menghilangkan noda tinta di jaket kulit. Siapkan kapas yang sudah dibasahi cairan nail polish remover lalu lap perlahan sampai nodanya memudar. Bersihkan dengan kain yang sudah dibasahi dan keringkan menggunakan handuk.
  3. Bersihkan noda minyak dengan baking soda, bedak bayi, atau dengan tepung maizena. Cukup taburkan di atas nodanya lalu ratakan sambil ditekan perlahan dengan spons yang lembap. Tunggu kering dan bersihkan dengan handuk.

7. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci jaket kulit

freepik.com/wirestock

Agar jaket kulitmu dapat lebih terawat dan terjaga, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam petunjuk dan cara mencuci jaket kulit.

Pertama, kamu harus memperhatikan label pakaian yang ada di bagian dalam jaket agar kamu bisa tahu petunjuk merawatnya. Gunakan cairan pembersih yang lembut atau khusus untuk jaket kulit. 

Berikutnya, hindari mencuci jaket kulit dengan mesin cuci karena akan merusak bentuk dan lapisan kulitnya. Selanjutnya, pastikan untuk menggantung jaket kulit dengan gantungan kayu yang kokoh dan ditempatkan di tempat yang sejuk serta kering. 

Jangan berpikir untuk menyemprotkan parfum di jaket kulit karena bisa memengaruhi lapisan kulitnya dan meninggal noda.

Itulah beberapa tips dan cara mencuci jaket kulit yang benar dan baik. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, jaket kulitmu bisa lebih awet dan terawat.

Semoga bermanfaat, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends