Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Fakta Menarik di Balik Gaun Para Seleb di Met Gala 2022

Bukan sekadar gaun mewah

Hafidhza Putri Andiza

Tepat 2 Mei 2022 waktu setempat, Met Gala 2022 berhasil disenggalaran secara meriah. Spesial tahun ini, Met Gala mengangkat tema "Gilded Glamour". Tema tahun ini merupakan lanjutan dari konsep Met Gala 2021, yaitu "In America: A Lexicon of Fashion” yang memiliki basis yang sama yaitu menggambarkan sejarah perkembangan fashion di Amerika.

Tema "Gilded Glamour" terinspirasi dari era Gilded Age yang ada di Amerika pada tahun 1870 hingga 1900 yang identik dengan gaun berdetail bustle dan corset yang menegaskan bentuk lekuk tubuh.

Berkat tema tersebut para tamu undangan yang hadir ikut memperlihatkan penampilan terbaik sesuai tema Met Gala tahun ini. Namun terdapat fakta-fakta menarik di balik gaun yang dikenakan para seleb di Met Gala 2022. 

Gaun yang Terinspirasi dari Desainer Wanita Kulit Hitam di Gedung Putih

instagram.com/metgalaofficial

Mulai dari Sarah Jessica Parker yang mengenakan gaun perpaduann warna hitam dan putih rancangan Christopher John Rogers dengan detail bustier top, pita besar di lengan, dan train. Gaun ini terinspirasi dari Elizabeth Hobbs Keckley, desainer yang biasa merancang pakaian resmi untuk Mary Todd Lincoln sekaligus desainer kulit hitam pertama di Gedung Putih yang sebelumnya pernah menjadi korban perbudakan. Sarah Jessica Parker menyempurnakan penampilannya dengan hiasan kepala karya Phillip Treacy.

Gaun Patung Liberty

instagram.com/metgalaofficial

Co-host Met Gala 2022 juga menunjukkan penampilan terbaiknya di karpet merah. Blake Lively mengenakan gaun bernuansa rose-gold rancangan Atelier Versace. Gaun tersebut terinspirasi dari bangunan klasik dan arsitektur di kota New York. Korset yang dikenakan Blake Lively terinspirasi oleh Empire State Building, sedangkan draping dan mahkota merupakan representasi Patung Liberty.

Tepat di tengah karpet merah, Blake Lively dibantu oleh para asisten membuka pita gaun tersebut hingga memperlihatkan detail warna rose-gold yang berubah menjadi biru kehijauan. Perubahan warna ini mencerminkan oksidasi landmark kota New York yang terkenal. Detail warna biru kehijauan pada gaun disulam dengan motif peta langit yang terinspirasi dari 12 rasi bintang. Mahkota yang digunakan Blake Lively dirancang oleh Lorraine Schwartz dengan detail memiliki 7 tingkatan, seperti layaknya Patung Liberty yang memiliki 7 sinar.

Gaun Berdetail Landskap Kota New York

instagram.com/metgalaofficial

Selain Blake Lively, Alicia Keys juga menjadikan New York sebagai inspirasi gaun Met Gala 2022. Alicia Keys menggunakan sparkly gown rancangan Ralph Lauren yang mencerminkan pemandangan kota New York di malam hari. Terdapat detail gedung-gedung pencakar langit khas kota New York yang digambarkan dengan shimmering print pada train gaun tersebut.

Gaun Bak Lukisan Klasik

instagram.com/metgalaofficial

Penampilan Billie Eilish berhasil membuat dirinya masuk sebagai salah satu best-dressed di di Met Gala 2022. Billie Eilish tampil anggun dalam balutan gaun Gucci. Gaun upcycled ini menampilkan korset pastel dengan sentuhan bunga yang dikombinasikan dengan rok satin berwarna putih gading dan lace pada bagian lengan. Penampilannya tersebut mengingatkan publik dengan pakaian yang dikenakan sosok Madame Poirson yang dilukis oleh seniman ikonik, John Singer Sargent.

Gaun Kontroversial Bekas Marilyn Monroe

instagram.com/metgalaofficial

Last but not least, Kim Kardashian kembali jadi perbincangan berkat penampiannya di Met Gala 2022. Kim Kardashian menggunakan gaun milik Marilyn Monroe yang sempat dikenakan saat menyanyikan lagu "Happy Birthday" untuk Presiden John F. Kennedy pada ulang tahunnya ke-45, di tahun 1962. Gaun tersebut semakin kontroversial berkaitan dengan rumor perselingkuhan sang Presiden dengan Marilyn Monroe.

Gaun transparan dengan taburan lebih dari 6.000 kristal ini dirancang oleh Jean Louis dengan sketsa awal oleh Bob Mackie. Marilyn Monroe senilai $1,440 di tahun 1962 atau sekitar $13,000 hari ini. Gaun tersebut memecahkan rekor sebagai barang paling mahal yang dilelang pada tahun 1999 seharga 1,26 juta dan pada tahun 2016 terjual seharga $ 4,6 juta.

Secara khusus gaun Marilyn Monroe dipinjamkan oleh Ripley's Believe It Or Not Museum dan Kim Kardashian harus rela melakukan diet ketat untuk membuat gaun ini fit di tubuhnya.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends