Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Deretan Motif Batik Paling Populer di Dunia yang Harus Kamu Punya

Koleksi yuk!

Hafidhza Putri Andiza

Batik sudah menjadi salah satu hal yang menggambarkan Indonesia. Terdapat ratusan motif batik yang khas dari deretan kota di Indonesia. Saking ikoniknya, batik kini sudah dikenal hingga luar negeri dan jadi incaran pencinta budaya Indonesia. Simak beberapa deretan motif batik terpopuler di dunia di bawah ini. Kira-kira kamu punya yang mana nih?

1. Batik motif ceplok identik dengan gambar penglangan yang alurnya geometris Jadi salah satu yang populer, batik ceplok biasa terdapat di baju, rok hingga kemeja.

Dok. Internet

2. Batik kawung merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Desainnya yang klasik ini terinspirasi dari bentuk buah kawung atau buah aren. Punya makna yang sakral, batik kawung yang dulunya hanya boleh digunakan untuk raja dan permaisuri, kini hadir dalam bentuk rok hingga dress.

Dok. Internet

3. Batik yang berasal dari Solo dan Yogyakarta ini punya ciri khas warna cokelat dengan gambar beraksen bunga, titik-titik serta lengkungan dan garis di dalam motifnya. Sudah ada sejak zaman dulu, batik songan biasanya digunakan oleh raja-raja di Keraton yang kini jadi incaran fashionista di Asia dan Eropa.

Dok. Internet

4. Terlihat dari motifnya, batik ini menyerupai kain yang ditambal seperti patchwork dari berbagai kain perca. Sesuai dengan namanya, batik tambal menyerupai kain tambalan.

Dok. Internet

5. Batik khas dengan berwarna biru di atas langit yang cerah mampu memberikan kesan ceria ketika dipakai. Berasal dari Cirebon, batik motif mega mendung sudah jadi salah satu yang favorit hingga ke luar negeri.

Dok. Internet

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends