Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Deretan Fashion Show Ikonik Sepanjang Sejarah Paris Fashion Week

Momen tak terlupakan

Hafidhza Putri Andiza

 Paris Fashion Week dikenal sebagai salah satu pagelaran fashion week terbesar di dunia, selain Milan Fashion Week, London Fashion Week dan New York Fashion Week. Selain melibatkan desainer dunia, Paris Fashion Week juga menjadi ajang untuk memperlihatkan hasil desain haute couture, whirring atelier dan teatrikal yang dramatis. 

Telah digelar dari tahun ke tahun, tedapat beberapa fashion show yang mencuri perhatian. Saking populernya, deretan fashion show ini masuk ke dalam momen ikonik sepanjang sejarah Paris Fashion Week.

1. Paris Fashion Week pertama kali digelar pada tahun 1973 dengan pembentukan Fédération Française de la Couture dan dibuka dengan Battle of Versailles Fashion Show melibatkan desainer dunia seperti Yves Saint Laurent, Emanuel Ungaro, Christian Dior, Hubert de Givenchy, Oscar de la Renta, Halston, Anne Klein hingga Bill Blass.

vogue.com

2. Setelah merancang cone bra Madonna yang ikonik pada tahun 1990, secara mengejutkan Madonna tampil telanjang memperlihatkan payudaranya di fashion show Jean Paul Gaultier tahun 1992.

vogue.com

3. Logo-mania yang mulai tren di industri fashion, Stella Tennant tampil di runway Paris Fashion Week tahun 1995 menggunakan bikini super kecil dengan detail logo Chanel.

marieclaire.com

4. Tahun 1997 John Galliano debut sebagai pemimpin Chistian Dior dengan melibatkan para sahabatnya yang merupakan supermodel untuk tampil di fashion show mulai dari Naomi Campbell hingga Eva Herzigová.

5. Koleksi Spring/Summer 2010 bertajuk ‘Plato’s Atlantis’ merupakan koleksi terakhir Alexander McQueen yang dipamerkan pada Paris Fashion Week sebelum dikabarkan meninggal dunia pada 11 Februari 2010.

harpersbazaar.com

6. Resmi mengundurkan diri setelah 7 tahun berada di Hermès, Jean Paul Gaultier menggelar fashion show bertema cowboy dengan koleksi yang didominasi oleh leather capes, equestrian boots dan topi dengan tata panggung dibuat seperti berada di arena berkuda.

marieclaire.com

7. Marc Jacobs memutuskan untuk keluar dari Louis Vuitton setelah 16 tahun bekerja sama. Koleksi Spring/Summer 2014 yang dipamerkan pada Paris Fashion Week menjadi fashion show terakhir rancangan Marc Jacobs untuk Louis Vuitton.

popsugar.com

8. Karl Lagerfeld mengubah Grand Palais menjadi Supermarket Chanel untuk memamerkan hasil koleksi Chanel Autumn/Winter 2014. Demi mewujudkan fashion show ini, Chanel diketahui mengeluarkan dana hingga $12,500.

harpersbazaar.com

9. Selain itu Karl Lagerfeld juga membuat fashion show koleksi Chanel Spring/Summer 2015 untuk mendukung He For She, kampanye Emma Watson bagi laki-laki dan perempuan untuk memahami dan mendukung prinsip-prinsip kesetaraan gender.

10. Pada Paris Fashion Week tahun ini, Demna Gvasalia menampilkan koleksi Balenciaga Fall/Winter 2022 dengan tema yang terinspirasi dari perang Ukraina. Tata panggung melingkar dengan efek bersalju, angin kencang dan kilat yang menggambarkan keadaan Ukraina saat perang.

vogue.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends