Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Merawat Kebaya Supaya Tetap Awet dan Anti Bau

Jangan asal dicuci!

Dayang Puspita Ranupani

Kebaya pada umumnya memiliki jenis bahan dan kualitas yang berbeda dari pakaian lainnya. Itulah mengapa perawatannya butuh perhatian ekstra. Mencuci secara sembarangan tentunya akan merusak keindahan bahan brokat dan detail payet pada kebaya. Teknik penyimpanan yang salah bahkan bisa membuat kebaya jadi bau apek, lho.

Untuk menghindari hal itu, tentunya kebaya perlu dirawat secara teratur. Simak tips selengkapnya di bawah ini.

1. Sebelum dicuci, sebaiknya rendam kebaya terlebih dahulu untuk melepaskan kotoran yang menempel. Namun, jangan direndam terlalu lama karena akan menyebabkan bau apek dan sisa detergen jadi menempel.

thespruce.com

2. Cuci kebaya secara manual menggunakan tangan. Proses pencucian yang kasar pada mesin cuci hanya akan merusak kualitas bahan kebaya.

pinterest.com

3. Tetap berhati-hati saat mencuci dengan tangan. Hindari memeras atau menyikat kebaya karena dapat membuat detail payet jadi cepat lepas.

pinterest.com

4. Keringkan kebaya di tempat yang sejuk dan berangin supaya cepat kering. Jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari karena dapat membuat warna kebaya jadi cepat memudar.

pinterest.com

5. Selain proses pencucian, teknik penyimpanan kebaya juga harus diperhatikan. Triknya ialah dengan menggantung kebaya supaya detail payetnya bisa tetap awet dan bentuknya tetap terjaga.

pinterest.com

6. Nggak perlu pakai kamper, cukup gunakan silica gel untuk menjaga kebaya tetap kering. Penggunaan kamper hanya akan membuat kebaya jadi berbau.

pinterest.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends