Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Perbedaan Konversi Ukuran Sepatu Internasional (US, UK, EU, dan Japan)

Wajib tahu!

Dayang Puspita Ranupani

Saat membeli sepatu baru, tidak jarang kita merasa kebingungan memilih ukuran yang paling pas. Hal ini akan lebih menyulitkan jika dilakukan secara online. Berbeda brand, maka berbeda pula detail ukuran sepatu yang disediakan.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan konversi ukuran sepatu internasional. Supaya tidak salah beli, yuk simak penjelasan dari Popbela!

1. Sistem Ukuran Eropa (EU)

pinterest.com

Jenis ukuran sepatu di Eropa biasanya dituliskan dalam singkatan EU, EUR, atau EURO. Sistem pengukuran inilah yang paling populer dan banyak digunakan. Ukuran ini menggunakan satuan Paris Stick (PS) dengan nilai 1 PS = 0,67 cm. Penomoran ukurannya berkisar antara 14-35 untuk anak-anak dan remaja, sedangkan untuk dewasa mulai dari 36-50.

2. Sistem Ukuran Inggris (UK)

pinterest.com

Pengukuran sepatu di Inggris juga banyak dijadikan acuan di berbagai negara dan menggunakan inci sebagai satuannya. Penomorannya sendiri dimulai dari 0-13 untuk anak-anak, dengan 0 = 4 inci dan penambahan 0,33 inci di setiap nomornya. Sementara untuk dewasa berkisar antara 1-12 dengan 1 = 8,67 inci.

3. Sistem Ukuran Amerika (US)

pinterest.com

Sama seperti Inggris, sistem pengukuran Amerika juga menggunakan inci sebagai satuannya. Meskipun begitu, penjelasan pada ukuran US cenderung lebih jelas dan lengkap. Ukuran anak-anak juga dimulai dari 0-13, namun pada pengukuran US nilai 0 = 3,92 inci. Untuk ukuran dewasa pun berkisar antara 1-12 dengan 1 = 8,29 inci.

4. Sistem Ukuran Jepang (Japan)

pinterest.com

Ukuran sepatu di Jepang memiliki standar pengukuran yang lebih mudah, yakni menggunakan satuan sentimeter (cm). Namun, dalam sistem ukuran Jepang tidak ada batasan yang jelas untuk ukuran anak-anak dan dewasa. Nomor sepatu pada ukuran ini biasanya dimulai dari nomor 21,5 untuk pria dan 21 untuk wanita.

5. Sistem Ukuran Mondopoint

pinterest.com

Mondopoint merupakan sistem pengukuran yang diajukan oleh International Standard Organization (ISO) dan diharapkan dapat menjadi ukuran standar internasional. Sistem ini menggunakan satuan milimeter (mm) dengan penomoran sistem dua angka. Angka pertama menunjukkan ukuran panjang telapak kaki, diikuti dengan angka kedua yang menunjukkan indeks ukuran lebar kaki.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends