Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Perlu Diketahui, Ini Perbedaan Berbagai Pakaian Adat di Indonesia

Miliki keunikan masing-masing

Dayang Puspita Ranupani

Dengan keberagaman suku dan budayanya, Indonesia memiliki berbagai macam adat yang berbeda-beda. Cara berpakaiannya pun tentu berbeda. Pakaian adat Indonesia ini biasanya digunakan untuk merayakan acara-acara istimewa seperti pernikahan, hari besar, dan lain sebagainya.

Popbela akan kasih tahu beberapa perbedaan pakaian adat yang ada di Indonesia. Let's take a look!

1. Ulee Balang merupakan pakaian adat yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk perempuan, pakaian adatnya disebut dengan daro baro dan untuk laki-laki disebut dengan linto baro.

instagram.com/cutratumeyriska

2. Pakaian adat dari Nusa Tenggara Timur memiliki ciri khas yang kaya dengan tenun ikatnya. Nama pakaian adatnya sendiri berbeda-beda sesuai sukunya, seperti suku Rote, Dawan, Sabu, Helong, dan sebagainya.

instagram.com/syahnazs

3. Pakaian adat dari Bali terkenal dengan kemewahannya dan perpaduan warna yang menawan. Bali sendiri memiliki tiga pakaian adat, yaitu Payas Agung, Payas Madya, dan Payas Alit.

instagram.com/happysalma

4. Jawa Barat memiliki pakaian adat yang khas dengan Kebaya Sunda. Kebaya Sunda pada umumnya memiliki warna-warna yang cerah seperti putih, hijau, atau ungu. Sementara laki-laki biasanya mengenakan jas beludru dengan sulam benang emas.

instagram.com/citraciki

5. Tulang Bawang merupakan pakaian adat dari Lampung yang khas dengan siger atau mahkota emasnya yang mewah. Perempuan mengenakan baju Bebe yang didominasi dengan kain berwarna putih. Sementara laki-laki mengenakan sarung tumpal yang dililitkan sepanjang lutut kaki.

instagram.com/nikitawillyofficial94

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends