Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenali Yuk, Ini Perbedaan Celana Jeans Stretch dan Non-Stretch

Mana yang lebih nyaman?

Dayang Puspita Ranupani

Sebelum membeli jeans baru, tentu kamu harus tahu mana tipe jeans yang pas buatmu. Nggak cuma dilihat dari modelnya, tapi juga dari segi bahan dan kualitasnya. Jangan sampai kamu salah beli celana jeans yang keren dilihat namun nggak nyaman dipakai. 

Yuk, cari tahu perbedaan antara celana jeans stretch dan non-stretch supaya nggak salah beli. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kenali perbedaan bahan material celana jeans stretch dan non-stretch

foliehouse.com

Sesuai dengan namanya, stretch jeans menggunakan sedikit campuran elastane pada bahan katun yang membuat bahannya lebih lentur. Sementara itu, celana jeans non-stretch terbuat dari cotton twill sehingga membentuk karakter bahan yang kuat. Ketika baru dibeli, celana jeans non-stretch akan terkesan kaku, berbeda dengan stretch jeans yang melar.

2. Cara perawatan stretch jeans harus mengikuti petunjuk khusus

whowhatwear.com

Celana jeans stretch perlu perhatian ekstra dalam perawatannya. Ini karena stretch jeans mengandung elastane atau spandex yang membuat bahannya mudah rusak. Ikuti label petunjuk perawatan ketika mencuci agar stretch jeans lebih tahan lama. Sementara itu, celana jeans non-stretch memiliki bahan yang lebih tebal dan kuat sehingga perawatannya lebih mudah.

3. Celana jeans non-stretch cenderung lebih panas ketika dipakai

whowhatwear.com

Karena bahannya yang lebih tebal dan kaku, celana jeans non-stretch cenderung lebih panas ketika dipakai. Ini akan membuatmu lebih mudah berkeringat ketika beraktivitas. Sisi lainnya, hal ini bisa menjadi poin plus jika dipakai di tempat yang dingin. 

4. Stretch jeans lebih fleksibel, nyaman untuk dipakai bergerak

popsugar.com

Celana jeans stretch lebih nyaman dipakai untuk bergerak karena bahannya yang fleksibel. Berbeda dengan celana jeans non-stretch yang cenderung stiff, buat gerakmu jadi terbatas. Sebaiknya pilih celana jeans non-stretch dengan model yang longgar seperti boyfriend jeans atau mom jeans agar lebih leluasa bergerak.

5. Celana jeans non-stretch lebih tahan lama

whowhatwear.com

Jika kamu memilih celana jeans yang lebih tahan lama, maka non-stretch jeans jawabannya. Celana jeans non-stretch punya ketahanan yang bagus karena bahannya yang kuat dan tebal. Celana ini bisa dipakai bertahun-tahun dan tidak melar. Berbeda dengan stretch jeans yang akan melar dengan sendirinya sesuai dengan pemakaian. Maka dari itu, pertimbangkan persentasi material stretch yang ada di stretch jeans sebelum membeli.

6. Celana jeans stretch lebih memperlihatkan lekukan tubuh

popsugar.com

Celana jeans stretch cocok untuk kamu yang suka memperlihatkan lekukan tubuh. Bahannya yang elastis dan lentur akan mengikuti bentuk sesuai dengan lekukan tubuhmu. Sementara itu, celana jeans non-stretch biasanya memiliki model yang tidak terlalu ketat.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends