Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenali Perbedaan Kimono dan Yukata, Pakaian Tradisional Asal Jepang

Serupa tapi tak sama!

Dayang Puspita Ranupani

Kamu pasti sudah nggak asing dengan pakaian tradisional asal Jepang ini. Kimono dan yukata memang sekilas punya bentuk yang sama persis, nggak heran kalau masih banyak orang yang sulit membedakan keduanya.

Meski sangat mirip, ternyata kimono dan yukata punya perbedaan yang jelas, lho. Yuk, kenali beberapa perbedaannya di bawah!

1. Meski kelihatan sama, namun jika disentuh akan terasa perbedaan dari bahannya. Kimono biasanya terbuat dari bahan sutra yang tebal dan mahal, sedangkan yukata menggunakan bahan biasa seperti polyester atau katun yang tipis.

tokyofashion.com

2. Dilihat dari penampilannya, perbedaan yang paling jelas dapat dilihat dari segi motif. Kimono cenderung memiliki motif yang terkesan mewah, sedangkan yukata punya motif yang lebih sederhana dan kasual.

tokyofashion.com

3. Pada umumnya, kimono dilengkapi dengan kain pelapis di bagian dalamnya sehingga dapat menghangatkan tubuh di musim dingin. Hal ini berbeda dengan yukata yang biasa dipakai pada musim panas karena bahannya yang tipis dan ringan.

pinterest.com

4. Jika kamu perhatikan, bagian lengan yukata biasanya tidak lebih dari 50 cm, sedangkan kimono memiliki bentuk dan panjang lengan yang berbeda-beda. Penggunaan kimono pun juga dilengkapi dengan kaos kaki.

pinterest.com

5. Kegunaan kedua pakaian tradisional ini pun berbeda. Kimono lebih sering digunakan pada acara resmi dan formal seperti upacara adat dan pernikahan. Sementara yukata biasanya digunakan pada acara outdoor seperti festival.

pinterest.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends