Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Mudah Hilangkan Noda Darah pada Pakaian, Berlaku Juga Pada Sprei!

Nggak sulit kok

Dayang Puspita Ranupani

Noda darah pada pakaian kerap jadi masalah yang sering ditemui perempuan, baik itu akibat kebocoran saat menstruasi maupun terkena luka. Menghilangkan noda darah pada dasarnya nggak sulit kok, asalkan tahu cara yang tepat.

Jangan khawatir, Popbela punya tips dan trik menghilangkan noda darah pada pakaian dan spreiLet's check it out!

1. Rendam pakaian yang terkena noda sebelum dicuci

rbl.ms

Segera cuci pakaian yang terkena noda darah. Jika didiamkan terlalu lama, noda darah akan semakin sulit dihilangkan. Sebelum dicuci, sebaiknya rendam pakaian terlebih dahulu menggunakan air dingin. Cara ini akan menyamarkan noda sedikit demi sedikit.

2. Manfaatkan garam yang ada di dapur

wellmadeclothes.com

Setelah direndam, kamu bisa coba gunakan garam untuk menyamarkan noda darah pada pakaian. Caranya mudah kok, cukup oleskan sedikit garam pada bagian yang terkena noda atau dengan menggunakan larutan garam untuk merendam pakaian. Dengan begitu, garam akan membantu meringankan noda darah dan membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan.

3. Lemon juga bisa jadi andalan

wellmadeclothes.com

Lemon jadi salah satu bahan pembersih alami yang efektif menghilangkan noda, termasuk noda darah sekalipun. Lemon memiliki zat hidrogen peroksida yang dapat membantu menyamarkan noda. Caranya cukup dengan menggosokkan bagian yang terkena noda dengan lemon dan garam.

4. Coba pakai baking soda untuk hilangkan noda darah yang membandel

pinterest.com

Jika noda darah sudah terlalu lama didiamkan dan jadi membandel, andalkan baking soda. Campurkan sedikit bubuk baking soda dengan air hingga bertekstur seperti pasta. Banyaknya bubuk bergantung pada noda darah itu sendiri. Kemudian oleskan campuran tersebut di bagian yang terkena noda dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

5. Lanjutkan proses pencucian seperti biasa dengan detergen anti noda

freepik.com

Setelah mencoba trik di atas, kamu bisa melanjutkan proses pencucian seperti biasa. Pastikan untuk menggunakan detergen anti noda yang mampu menghilangkan noda dengan lebih efektif. Lakukan proses pencucian selama beberapa kali hingga noda darah bersih maksimal.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends