Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Member Xdinary Heroes, "Baby Rockstars" dari JYP Entertainment

Bakat dan musiknya sukses curi perhatian

Zikra Mulia Irawati

Putri Ayu Ting Ting, Bilqis Khumairah Razak, sukses mencuri perhatian karena kemampuan bernyanyinya. Baru-baru ini, warganet Twitter terpukau berkat videonya menembangkan "Strawberry Cake". Lagu terbaru milik grup band baru asal Korea Selatan, Xdinary Heroes, tersebut dikenal memiliki nada tinggi yang sulit.

Tak sedikit netizen yang akhirnya penasaran dengan grup ini. Band bentukan JYP Entertainment di bawah sub-label Studio J–sama dengan DAY6–ini baru resmi diperkenalkan pada publik pada 6 Desember 2021. Mereka debut dengan mengusung musik rock-emo dalam single "Happy Death Day".

Xdinary Heroes memiliki enam member, yaitu Gunil, Jungsu, Gaon, O.de, Jun Han, dan Jooyeon. Pada EP terakhir mereka, Hello, world!, seluruh member terlibat dalam penciptaannya, lho! Apakah kamu juga ingin mengenal mereka lebih jauh? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

1. Gunil - drummer, leader

instagram.com/xdinaryheroes_official

Nama asli: Koo Gun Il (구건일)
Tempat & tanggal lahir: Seoul, 24 Juli 1998
MBTI: ENFJ
Golongan darah: B
Idola: Muse

Gunil tertarik mempelajari drum sejak berusia 15 tahun. Ia menonton penampilan seorang kakak gereja dan menganggapnya keren. Gunil lalu mulai serius mempelajarinya pada usia 18 tahun dan bersekolah di Berklee College of Music.

Gunil menghabiskan masa remajanya di Boston. Kegiatan lain yang dilakukannya adalah menjadi anggota band project kampusnya, Today's Menu, dan mengunggah video di channel YouTube keunilkoo. Ia bahkan melakukan audisi dengan membawakan lagu "Spain" milik Chick Corea di kota ini, saat DAY6 melakukan konser tur dunia.

Oleh karena itu, Gunil menjadi member Xdinary Heroes dengan bahasa Inggris paling lancar. Selain menabuh drum, ia juga dikenal dengan keahlian trik stik drum dan bakat komedi yang alami.

2. Jungsu - keyboardist, main vocalist

instagram.com/xdinaryheroes_official

Nama asli: Kim Jung Su (김정수)
Tempat & tanggal lahir: Ilsan, 26 Juni 2001
MBTI: ISFP
Golongan darah: A

Jungsu sudah bermimpi menjadi pianis dan penyanyi sejak masih kecil. Keinginannya kian kuat usai menonton drama Dream High yang dibintangi oleh sederet artis JYP Entertainment kala itu, seperti Suzy Miss A, Taecyeon 2PM, Wooyoung 2PM, bahkan sang produser Park Jin Young (JYP).

Jungsu menjadi artis JYP Entertainment setelah lolos audisi terbuka. Ia menyanyikan enam lagu dan melakukan freestyle dance. Setelah sempat dilatih untuk menjadi tim dance bersama O.de, manajemen akhirnya memutuskan Jungsu untuk debut dalam sebuah grup band.

3. Gaon - rhythm guitarist, rapper, vocalist

instagram.com/xdinaryheroes_official

Nama asli: Kwak Ji Seok (곽지석)
Tempat & tanggal lahir: Guri, Gyeonggi, 14 Januari 2002
MBTI: ENTP
Golongan darah: O
Idola: Green Day, Eric Clapton

Semasa sekolah, Gaon juga merupakan seorang gitaris band. Namun, cita-citanya saat itu adalah IoT (Internet of Things) Developer. Ia memperoleh juara dalam kontes sains yang diselenggarakan sekolahnya. Gaon bahkan pernah mengembangkan teknologi pertanian modern dan menghasilkan kubis berkualitas tinggi.

Gaon sudah diincar untuk mengikuti audisi sejak duduk di bangku SMP. Namun, ia menolaknya karena masih tak percaya diri dengan kemampuan bermain gitar yang hanya dijadikannya hobi itu. Tawaran kembali datang dua tahun kemudian. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, ia akhirnya menyanggupi dan lolos. Hal yang membuatnya lebih terkejut adalah fakta bahwa ia akan dijadikan satu band dengan Gunil, yang video YouTube-nya kerap ia tonton. Takdir begitu ajaib, ya, Bela?

4. O.de - synthesizer, rapper, vocalist

instagram.com/xdinaryheroes_official

Nama asli: Oh Seung Min (오승민)
Tempat & tanggal lahir: Gyeonggi, 11 Juni 2002
MBTI: ESFJ
Golongan darah: A

Sama seperti Jungsu, O.de dilatih untuk menjadi tim dance. Semasa sekolahnya pun, ia merupakan atlet ski yang harus berhenti karena cedera lututnya. Ia kemudian bercita-cita menjadi seorang model.

Namun, manajemen memutuskan bahwa dirinya akan debut dalam sebuah grup band. Ia yang tak memiliki dasar bermain instrumen awalnya membenci hal tersebut. Meski mengalami berbagai kesulitan, ia kembali termotivasi setelah menonton penampilan seniornya, DAY6. O.de kemudian menyadari bahwa ada pesona tersendiri saat menjadi anggota band.

5. Jun Han - electric guitarist

instagram.com/xdinaryheroes_official

Nama asli: Han Hyeong Jun (한형준)
Tempat & tanggal lahir: Ulsan, 18 Agustus 2002
MBTI: INTJ
Golongan darah: O

Jun Han mempelajari gitar di sebuah akademi musik. Lewat akademi itulah ia mendapatkan kesempatan mengikuti audisi. Meski hanya melakukan persiapan selama sepekan, ia berhasil lolos dan menjadi trainee di bawah JYP Entertainment.

Jun Han memiliki kepribadian yang tertutup dan lebih suka menyendiri. Namun, tekadnya untuk meraih mimpi lebih besar daripada ketakutannya. Ia perlahan mencoba bergaul dengan rekan-rekan band-nya. Ia pun mengaku tak lagi takut berdiri di depan kamera seperti sebelumnya.

6. Jooyeon - bassist, main vocalist, maknae, visual

instagram.com/xdinaryheroes_official

Nama asli: Lee Joo Yeon (이주연)
Tempat & tanggal lahir: Ansan, 12 September 2002
MBTI: ENFP
Golongan darah: O
Idola: Imagine Dragons, 5SOS

Saat awal debut, Jooyeon menghebohkan netizen Twitter Indonesia karena ketampanannya. Sebelum debut, ia pernah mengikuti sebuah program yang menampilkan kemampuan vokalnya.

Meski dikenal bertalenta saat memainkan bass-nya, anggota termuda (maknae) ini baru mempelajari instrumen tersebut usai lolos audisi. Ia juga mempelajari alat musik lain, seperti gitar dan keyboard.

Mimpi Jooyeon adalah menjadi seorang vokalis yang bersinar di Korea Selatan. Hal itu perlahan terbukti dengan bagian vokalnya yang sebagian besar berupa nada tinggi yang sulit. Ia pun masih harus mengontrol permainan bass-nya agar lagu berjalan dengan baik.

Anggota mana yang langsung menjadi bias kamu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life