Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Lengkap KIM Member VVUP, Ada Idol K-Pop Asal Indonesia Lagi!

Segera debut 13 Maret mendatang dengan lagu "Doo Doom Chit"

Zikra Mulia Irawati

KIM merupakan orang Indonesia yang akan segera debut sebagai idol K-pop. Sosok bernama asli Kimberley Fransa Salim ini bakal jadi member girl group VVUP bersama Hyunny, Paan, dan satu member lain yang belum diumumkan namanya.

Grup di bawah naungan EgoENT tersebut direncanakan debut pada 13 Maret 2024 dengan lagu berjudul "Doo Doom Chit". Sembari menunggu hari itu tiba, kita kenalan dulu dengan KIM, yuk!

1. Berasal dari Jakarta

instagram.com/22_vvup_22

KIM memiliki nama asli Kimberley Fransa Salim. Ia lahir di Jakarta, 3 Juni 2006. Dengan demikian, ia akan debut di usia 17 tahun. 

KIM diketahui memiliki kanal YouTube pribadi bernama Kimberley Sings. Di sana ia melakukan cover lagu milik keshi, Frank Ocean, hingga The Internet. Kendati baru mengunggah tiga video, penontonnya sudah mencapai puluhan ribu. Kolom komentar pun banjir dengan pujian.

Sebelumnya, KIM juga aktif di Instagram @kimberley_sings dan TikTok @kimber.l3y. Akan tetapi, kedua akun tersebut sudah tidak aktif dan sempat membuat penggemarnya (biasa disebut Kimberlova) bertanya-tanya. Rasa penasaran tersebut akhirnya terjawab saat kabar debut KIM di Korea muncul.

2. Pernah ikut 2 ajang pencarian bakat

KIM mengungkap bahwa musik adalah caranya untuk mengekspresikan diri. Ia diketahui sudah suka menyanyi sejak masih kecil. Oleh karena itu, ia mendaftar sebagai kontestan The Voice Kids Indonesia 2 saat berusia 11 tahun.

Di bawah arahan Coach Bebi Romeo, ia berhasil melaju hingga babak grand final dan keluar sebagai runner-up. Pencipta lagu "Bunga Terakhir" tersebut sudah yakin dengan potensi yang dimiliki oleh KIM sejak awal. Ia menyebut bahwa suara perempuan ini cocok untuk genre yang beragam.

Lima tahun berselang, KIM kembali menjajal berkompetisi di The Indonesian Next Big Star 2022. Ia berkesempatan menunjukkan bakatnya di depan Jay dan DK iKON yang menjadi juri di acara ini. Lagi-lagi, ia membuat semua juri terpukau karena kemampuan bernyanyi, nge-rap, dan menari yang imbang. 

Meski kembali menjadi runner-up, bakat cemerlang KIM diakui lebih luas. Maia Estianty sebagai salah satu juri menyebut, penyanyi muda ini punya kesempatan meraih kesuksesan di kemudian hari asal menemukan lagu yang serasi dengan warna vokalnya yang unik dan berkarakter.

3. Sudah punya album sendiri

Setelah The Voice Kids Indonesia 2 usai, KIM memang sempat bergabung dengan NSG Music Recordings yang dibentuk oleh Nutyas Surya Gumilang. Beberapa cover lagu yang dilakukan olehnya mampu menggaet jutaan penonton. Pujian pun datang dari penikmat musik di berbagai negara.

Hingga pada 2020, KIM mulai merilis single orisinal miliknya bertajuk "Valentines" dan "Cute Little Savage". Album perdana miliknya, Cute Little Savage, Vol. 1, diluncurkan pada tahun berikutnya. Ada total 11 lagu yang melibatkan Nutyas Surya Gumilang dan Willy Winarko sebagai produser. Ini dia tracklist-nya:

  1. "Cute Little Savage"
  2. "Whoa!"
  3. "Take Control"
  4. "ALL MY GIRLS"
  5. "Care 4 U"
  6. "sad boi"
  7. "Valentines"
  8. "wHen iM WitH yOu"
  9. "stay with me"
  10. "Best Part of Me"
  11. "Shine (Remix)"

Beberapa lagu di atas juga memiliki video musik yang sempat hilang dari peredaran. Namun, video tersebut kembali diunggah oleh kanal Nada Swara Gembira pada 23 Desember 2023 lalu.

4. Punya prestasi akademik yang cemerlang

YouTube/The Indonesian Next Big Star

Dua kali jadi runner-up di kontes bernyanyi, prestasi akademik KIM ternyata tak bisa dianggap remeh. Ia yang menyukai pelajaran matematika, menantang diri untuk ikut di sejumlah olimpiade, seperti Singapore Mathematical Olympiad, American Mathematics Olympiad, dan Singapore and Asian Schools Math Olympiad. Hasilnya, ia sempat membawa pulang medali perunggu.

Selain penyanyi, KIM juga punya cita-cita untuk jadi menteri, lho. Ia sempat mengungkap bahwa impiannya adalah berkuliah di jurusan Hubungan Internasional. Ia ingin suatu saat nanti dirinya bisa menjadi seorang menteri yang pandai bernyanyi.

5. Bersiap debut bersama VVUP

instagram.com/22_vvup_22

Namun, impian jadi menteri tersebut tampaknya harus ditunda dulu, nih. KIM saat ini tengah bersiap mewujudkan cita-citanya menjadi penyanyi berskala internasional di Korea Selatan. Ia akan menjadi bagian dari grup VVUP bersama tiga member lain.

Ia akan menyusul Dita Karang SECRET NUMBERS dan Zayyan XODIAC yang kini juga tengah aktif berpromosi sebagai idol K-pop asal Indonesia. Kendati tidak berada di bawah naungan agensi besar, debut KIM tetap membuat netizen Indonesia antusias. 

Yuk, kita dukung debut KIM bersama VVUP dengan lagu "Doo Doom Chit" pada 13 Maret nanti, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life