Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Perusahaan yang Akhiri Kerja Sama dengan Kanye West

Buntut dari kontroversi anti-semit di media sosial

Zikra Mulia Irawati

Kanye West atau Ye menerima getah dari kontroversi anti-semit yang dilakukan belakangan ini. Ia tak lagi menjadi salah satu selebriti miliarder, karena sejumlah perusahaan memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengannya. Majalah Vogue bahkan tak berencana bekerja sama lebih lanjut dengannya.

Lantas, perusahaan apa sajakah yang memutus hubungan kerja sama dengan rapper Amerika Serikat ini? Yuk, simak daftarnya!

1. Adidas

businessoffashion.com

Perusahaan terbaru yang memutus hubungan kerja sama dengan Kanye West adalah Adidas. Merek raksasa asal Jerman ini beralasan tak mampu menoleransi gerakan anti-semit yang dilakukan sang rapper.

"Adidas tidak menoleransi gerakan anti-semitis dan bentuk ujaran kebencian lainnya. Komentar dan aksi terbaru Ye tak bisa diterima, penuh kebencian dan berbahaya, dan ia melanggar nilai perusahaan tentang keberagaman dan inklusi, saling menghormati, dan keadilan," kata perwakilan Adidas.

Adidas akan menghentikan produksi barang-barang du bawah nama Yeezy, merek milik Kanye. Sebelumnya kolaborasi keduanya sempat dijuluki sebagai yang terbaik dalam industri ini. Dengan pemutusan kontrak tersebut, kerugian yang dialami ditaksir mencapai US$246 juta.

2. Gap

businessinsider.com

Selain Adidas, Yeezy juga bekerja sama dengan Gap. Dengan adanya kontroversi ini, pihak Gap memutuskan untuk menghentikan kontrak dan menonaktifkan situs web yeezygap.com.

"Gerakan anti-semit, rasisme, dan kebencian dalam bentuk apa pun tak dapat diterima dan tak bisa ditoleransi dalam penerapannya dengan nilai-nilai (perusahaan) kami," kata pihak Gap.

Jauh sebelum penghentian kerja sama ini, Kanye memang sempat punya keinginan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Gap maupun Adidas. Ia mau mereknya berdiri secara independen.

"Inilah waktuku untuk berdiri sendiri. Tak ada lagi perusahaan-perusahaan yang berdiri di antara aku dan audiens," katanya kepada Bloomberg beberapa waktu lalu.

3. Balenciaga

paragon.com.sg

Balenciaga dilaporkan telah mengakhiri kerja sama dengan Kanye, termasuk Yeezy Gap Engineered by Balenciaga. Perusahaan fashion ini diam-diam telah menghapus konten sang rapper dari situsnya.

"Balenciaga sudah tak punya hubungan atau rencana apa pun untuk proyek mendatang yang terkait dengan artis ini," kata mereka.

4. CAA

reuters.com

Agensi bakat Creative Artists Agency (CAA) selama ini menaungi kegiatan konser tur Kanye. Namun, ia belum melakukan tur apa pun usai meneken kontrak pada 2016 lalu. Sejumlah media pun melaporkan bahwa CAA telah mendepak mantan suami Kim Kardashian ini.

5. MRC

MRC Entertainment pun tak mau ketinggalan memutus kerja sama dengan rapper penuh kontroversi ini. Mereka bahkan akan menyimpan saja dokumenter tentang Kanye West yang baru-baru ini rampung digarap.

6. JPMorgan Chase

businessinsider.com

Selama ini, uang penghasilan Yeezy disimpan di dalam sebuah rekening JPMorgan Chase. Dampak dari komentar rasismenya, pihak bank mengeluarkan peringatan agar Yeezy membereskan keuangan mereka dan pindah ke bank lain hingga 21 November. Jika tidak, rekening brand fashion tersebut akan ditutup.

Hanya karena ucapan tak bertanggung jawab di media sosial, Kanye West jadi rugi bandar dalam sekejap. Akun Instagram dan Twitter miliknya pun akhirnya sampai dibekukan.

Semoga tidak ada public figure lain yang melakukan hal serupa, ya, ke depannya. Bagaimana tanggapan kamu untuk masalah ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life