Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Sifat yang Harus Kamu Miliki untuk Jadi Karyawan Terbaik

Ini caranya untuk jadi karyawan jempolan!

Rosita Meinita

Menjadi karyawan yang sempurna memang sulit, tetapi menjadi karyawan terbaik di dalam perusahaan, bisa saja kamu raih. Jika ingin menjadi karyawan terbaik, coba miliki keterampilan interpersonal terlebih dahuku.

Selain dapat menjalankan jobdesk yang diberikan oleh atasan, kamu juga harus tanggap akan permasalahan yang bisa muncul kapan saja. Inilah yang akan menjadikan kamu sebagai karyawan yang penuh inisiatif dan inovatif.

Selain itu, inilah beberapa sifat yang harus kamu miliki sebagai karyawan jika ingin mencapai kesuksesan.

1. Aura positif

freepik.com/ m.vichakorn

Atur mood kamu, Bela! Akan banyak masalah yang kamu hadapi dalam hidup di luar pekerjaan kantor. Hal ini mungkin mempengaruhi mood-mu di dalam kantor. Akan tetapi, menjaga aura positif akan membuatmu semakin profesional.

Aura positif ini juga akan menular kepada rekan kerjamu. Selain itu, kamu juga lebih merasa nyaman dengan apa yang kamu lakukan di kantor.

2. Integritas

freepik.com/ pressfoto

Melakukan yang terbaik di dalam perusahaan adalah kewajibanmu sebagai karyawan. Selain itu, integritas juga salah satu cara membangun kepercayaan dan rasa hormat terhadap rekan kerja maupun perusahaan. Hal ini termasuk datang tepat waktu dan bekerja dengan manajemen waktu yang baik. Ketepatan waktu juga berpengaruh terhadap kepentingan dan pekerjaan rekan kerja yang lain. So, be considerate! 

3. Kemampuan beradaptasi

freepik.com/ freepik

Mudah beradaptasi di lingkungan baru mungkin nggak semudah yang dipikirkan. Akan tetapi, memberi waktu untuk diri sendiri memahami ritme pekerjaan di perusahaan akan membuat kamu semakin terbantu.

Kemauanmu beradaptasi, juga menunjukkan bahwa kamu dapat menerima ide dan konsep baru di dalam pekerjaan. Rekan kerja juga bisa membuat pekerjaanmu semakin ringan karena adanya kerja sama tim.

4. Tangguh

freepik.com/ senivpetro

Ada beberapa ketahanan karyawan dalam bekerja. Mereka yang suka mengeluh ataupun mereka yang dengan tangguh menerima challenge dari perusahaan. Mungkin nggak semua akan sesuai dengan keinginanmu, akan tetapi hal tersebut tidak bisa mengubahmu menjadi karyawan yang lemah.

Kamu bisa lebih belajar lagi dan mencapai target yang diberikan oleh atasan.

5. Rasa ingin tahu

freepik.com/ user11472009

Rasa ingin tahu adalah sifat terpenting dari karyawan. Atasanmu tidak akan selalu ada waktu memberikan masukan atau arahan. Kamu bisa mencari tahu sendiri dari beberapa sumber ataupun eksplorasi berbagai metode penyelesaian.

Inisiatifmu benar-benar diperlukan pada dunia kerja. Nggak harus semua diperintahkan terlebih dahulu baru dikerjakan ya, Bela.

6. Kemampuan berkomunikasi

freepik.com/ pressfoto

Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dapat membawamu ke posisi yang baik juga. Bagaimana informasi yang kamu dapatkan bisa kamu serap dan kamu sampaikan lagi terhadap klien maupun rekan kerjamu sangatlah penting diperlukan.

Nggak hanya itu, atasanmu juga akan melirik kemampuan ini karena dianggap dapat menjadi representasi di dalam perusahaan.

IDN Media Channels

Latest from Working Life