Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Coworking Space di Yogyakarta, Bikin Betah Kerja!

Yuk, cari suasana baru biar semakin semangat kerja

Romi Subhan

Semenjak pandemi berakhir, kebiasaan bekerja secara remote justru semakin menjamur. Bahkan banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan ini demi efisiensi waktu dan biaya. Karena alasan ini pula, keberadaan coworking space semakin banyak dicari sebagai salah satu solusi lokasi bekerja yang nyaman.

Coworking space kini banyak memberikan faslilitas yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan ruang para pekerja remote. Mulai dari ruang kerja yang nyaman, keberadaan ruang meeting, hingga makanan yang disajikan membuat para pekerja remote merasa terbantu. 

Untuk kamu yang berada di Yogyakarta, berikut ini POPBELA punya sepuluh rekomendasi coworking space yang bisa kamu sewa. Dimana saja, ya?

1. Relasi Coworking Space

Rekomendasi pertama yang bisa kamu kunjungi saat ingin bekerja di Yogyakarta adalah Relasi Coworking Space. Tempat bekerja dengan dua lantai ini memiliki beberapa ruang yang bisa kamu gunakan, baik itu indoor ataupun outdoor. Buka mulai dari pukul 9.00-23.00 WIB, kamu juga bisa memilih area bekerja sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jika lapar, kamu tak perlu khawatir, Bela. Sebab, di lantai 1 dari Relasi Coworking Space terdapat coffee shop yang juga menyediakan makanan berat dengan harga mulai dari Rp30 ribuan.

Alamat: Jl. Pogung Baru, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

2. Artech Space Coworking

Satu hal yang membuat Artech Space Coworking menjadi rekomendasi tempat bekerja yang nyaman adalah lokasinya yang sangat strategis. Terletak di dekat Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), tempat ini tidak hanya memberikan akses yang mudah, tetapi juga membangun suasana kerja yang penuh semangat dan kolaboratif.

Artech Space Coworking juga memperhatikan kebutuhan kamu dengan memberikan camilan gratis. Dengan pilihan yang begitu beragam dan layanan yang ramah, Artech Space Coworking bukan hanya sekadar tempat kerja, tapi juga menjadi lokasi yang seru untuk membangun relasi.

Alamat: Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

3. Ekologi Desk & Coffee

Bosan dengan hiruk pikuk suasana perkotaan yang ramai? Kamu bisa memilih Ekologi Desk & Coffee sebagai tempat bekerja yang asyik. Ekologi Desk & Coffee menggabungkan kenyamanan dan suasana alam yang menyegarkan karena tempat ini dikelilingi pepohonan yang memberikan sensasi sejuk, menciptakan lingkungan kerja yang ideal bahkan di tengah hari yang panas.

Untuk penggunaan ruangnya, Ekologi Desk & Coffee memberikan dua opsi untuk kamu. Yakni, penggunaan area umum di lantai satu atau keanggotaan coworking space eksklusif di lantai dua. Meski kamu bukan member coworking space di sini, kamu tetap dapat menikmati fasilitas lengkap, termasuk akses internet super cepat, meja kerja yang nyaman, colokan listrik, serta musala. 

Selain itu, untuk kebutuhan perut, kedai kopi Ekologi menyajikan beragam minuman mulai dari kopi, teh, hingga cokelat dengan harga terjangkau, mulai dari Rp15 ribu sampai Rp41 ribu.

Alamat: Jalan Gambir 4, Karang Gayam CT VIII No.139, Karang Gayam, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

4. Sinergi Co-Working Space

Sinergi coworking space Jogja menawarkan wilayah bangunan yang sangat luas dengan beragam tata letak ruangan yang unik, menjadikannya sebagai pilihan ideal bagi para profesional yang mencari tempat kerja yang fleksibel dan nyaman di Yogyakarta. Salah satu keunggulan utama Sinergi adalah adanya ruang kerja bersama di bagian depan yang bisa digunakan tanpa biaya, hanya dengan memesan makanan atau minuman di tempat yang sudah tersedia tanpa minimum pembelian. Jadi lebih nyaman tanpa membebani kantong, bukan?

Namun, untuk kamu yang membutuhkan privasi lebih, Sinergi menyediakan ruang privat dengan berbagai pilihan harga yang terjangkau, mulai dari Rp175.000 per hari hingga Rp1.300.000 per bulan. Selain itu, terdapat juga fasilitas ruang meeting yang dapat disewa dengan berbagai ukuran dan durasi, dimulai dari Rp100.000 untuk kapasitas maksimal 8 orang dengan durasi pemakaian ruangan selama 3 jam.

Alamat: Jalan Cendrawasih Nomor 32B, Demangan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

5. Infini Space

Jangan mengira bahwa semua coworking space harus memiliki desain modern atau industrial yang kaku. Jika kamu menginginkan suasana yang lebih hangat, tenang, dan alami, Infini Space adalah pilihan yang tepat. Di sini, kamu diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar, meskipun fasilitas dapur dan beragam pilihan teh serta kopi juga telah tersedia bagi para pengunjung.

Kelebihan lain dari coworking space ini adalah mereka menyediakan ruang meeting yang bisa kamu sewa dengan harga mulai dari Rp200 ribuan saja. Selain itu, jika kamu membutuhkan Zoom untuk meeting online atau konferensi, Infini Space juga menyediakan fasilitas Zoom Pro dengan harga mulai dari Rp50 ribuan. Memudahkan pekerja remote seperti kita, ya, Bela!

Alamat: Jalan Kabupaten KM 1,2 Nomor 127, Nusupan, Trihanggo, Gamping, Sleman

6. Antologi Collaborative Space

Antologi Collaborative Space disebut-sebut sebagai coworking space pertama yang hadir di Yogyakarta. Bangunannya bergaya industrial modern membuat siapa saja betah berlama-lama bekerja di sini.

Tempat ini memiliki dua lantai dengan fasilitas lengkap, termasuk meja kerja, sofa, wifi, toilet, musala, dan ruang pertemuan. Untuk rapat penting, kamu dapat menyewa ruang pertemuan dengan biaya Rp20 ribu per hari. Untuk akses sehari-hari, tersedia pilihan keanggotaan fleksibel seharga Rp500 ribu per bulan.

7. Omah Mapan

Omah Mapan menghadirkan nuansa yang sesuai dengan namanya, memberikan suasana rumah yang nyaman dan estetis. Tak sekadar coworking space, tempat ini juga berfungsi sebagai cafe dan homestay. Seperti coworking space lainnya, di Omah Mapan, kamu dapat menikmati fasilitas lengkap seperti colokan, wifi, serta beragam komik dan novel yang dapat dipinjam di tempat tersebut.

Untuk kamu yang membutuhkan ruang lebih besar untuk meeting, kamu bisa menyewa ruang privat di Omah Mapan. Mulai dari Rp400 ribuan untuk 8 jam dan dapat menampung 12 orang, kamu sudah bisa melakukan pertemuan tertutup. 

Alamat: Jalan Prof. DR. Soepomo Sh Nomor 55, Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta

8. Crônica Creative Workspace & Eatery

Crônica Creative Workspace & Eatery menawarkan berbagai jenis ruangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Ada ruang pertemuan untuk 5-6 orang, 10-12 orang, serta ruang privat dan ruang telepon. Untuk perokok, tersedia ruangan khusus yang nyaman untuk bekerja.

Crônica Creative Workspace & Eatery nggak cuma untuk bekerja. Tempat ini punya banyak kegiatan yang bisa kamu ikuti dengan membayar mulai dari Rp200 ribuan saja. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan di sini adalah beragam workshop. Misalnya, workshop membuat terarium, hingga DIY traveling note. Jadi, nggak cuma kerja aja, nih, di sini.

Alamat: Jalan AM Sangaji Nomor 62, Cokrodiningratan, Kota Yogyakarta

9. Kolektif Collaboraction Space

Berlokasi di utara Jogja, Kolektif Collaboraction Space menyajikan lingkungan kerja yang nyaman dalam bangunan bergaya industrial. Tempat ini menawarkan ruang kantor dengan kapasitas hingga 15 orang serta ruang pertemuan yang dapat menampung hingga 50 orang.

Selain itu, Kolektif Collaboraction Space juga menawarkan menu yang beragam dan lengkap dengan harga mulai Rp25 ribuan aja. Di sini, kamu bisa menikmati kopi, mie ayam, nasi uduk, bahkan gyoza.

Satu hal yang menjadi kelebihan dari Kolektif Collaboraction Space adalah desainnya yang Instagramable banget. Kamu yang memiliki kebutuhan untuk membuat konten, lokasi ini juga pas dijadikan lokasi ngonten.

Alamat: Jl. Watugede No.58, Wonorejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman

10. Ruang Kerja Coffee & Collaboration

Ruang Kerja Coffee & Collaboration adalah alternatif coworking space lain di Jogja yang sangat populer yang menawarkan vibes berbeda. Keunikan dari tempat ini adalah adanya pilihan ruang kerja baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan yang dua-duanya super estetik.

Selain itu, terdapat kedai kopi di sana yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga mulai dari Rp25 ribuan. Bahkan, kalau kamu rindu dengan menu di sini, kamu bisa memesannya di aplikasi layanan antar online.

Alamat: Jalan Prof. Dr. Sardjito Kav. E Yogyakarta

Itulah tadi deretan rekomendasi coworking space di Yogyakarta yang bisa jadi alternatif tempatmu bekerja. Mau coba kerja di mana dulu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life