Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Konten Lebih Keren, Ini 15 Aplikasi Edit Video yang Harus Kamu Tahu

Apa saja, ya?

Romi Subhan

Di masa pandemi ini, banyak orang berlomba membuat konten untuk media sosial masing-masing. Mudahnya mengakses internet dan banyaknya kegiatan secara virtual, membuat aplikasi edit video pc ini dibutuhkan. 

Kamu baru saja mulai membuat konten sendiri dan ingin mengeditnya? Simak 15 aplikasi edit video pc terbaik ini yang bisa kamu gunakan untuk membuat kontenmu jadi semakin keren. Apa saja?

1. Pinnacle Studio

pinnalcesys.com

Aplikasi pertama ada Pinnacle Studio, aplikasi edit video pc terbaik yang ditujukan untuk pemula. Jadi, untuk kamu yang baru mulai belajar untuk edit video bisa menggunakan aplikasi ini. Selain mudah dan ditujukan untuk pemula, aplikasi ini juga murah. Pinnacle Studio memiliki fitur yang lengkap dan sederhana yang mudah untuk kamu pelajari.

2. Corel Video Studio

hightechglitz.com

Corel Video Studio mungkin familiar dengan kamu. Aplikasi edit video pc ini juga sangat mudah untuk kamu gunakan dan cocok bagi pemula. Tampilannya juga sederhana dan mudah dimengerti. Walau cukup sederhana, fitur yang terdapat pada aplikasi edit video ini cukuplah canggih. Ada fitur celarer audio, score filter, screen capturer dan masih banyak fitur canggih lainnya yang bisa kamu gunakan.

3. Adobe Premiere Pro

burgercamera.com

Salah satu aplikasi edit video pc yang bisa dikatakan cukup kompleks. Adobe Premiere Pro memang sangat sering digunakan oleh para professional untuk mengedit video. Dari mulai yang resolusi standar, hingga yang mencapai 4K. Dengan fitur yang sangat lengkap, tentu spesifikasi yang dibutuhkan juga cukup tinggi. Oleh karena itu pastikan spesifikasi komputer atau laptop kamu sudah mumpuni sebelum mengunduh aplikasi ini.

4. Windows Movie Maker 10

malavida.com

Sesuai namanya, aplikasi edit video pc ini diperuntukkan untuk pengguna Windows. Nah, Windows Movie Maker 10 juga mudah digunakan dan memang diperuntukkan bagi pemula. Walaupun untuk pemula,  fitur-fitur yang ada juga cukup untuk menunjang pengeditan video hingga menghasilkan konten dengan kualitas terbaik.

5. VirtualDub

videohelp.com

aplikasi edit video pc yang ringan dan gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten adalah VirtualDub. Aplikasi edit video ini juga sangat sederhana dan mudah digunakan. Selain dari mengedit video, aplikasi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk merekam layar komputer atau laptop kamu.

6. Sony Vegas Pro

easydigital.pro

Sesuai namanya aplikasi edit video pc ini ini ditujukan bagi kamu yang sudah ahli dalam mengedit video. Fitur pada aplikasi ini terbilang kompleks. Walau ditujukan untuk para ahli, namun tampilan yang ada pada aplikasi ini cukup mudah dimengerti. Penggunaan aplikasi ini juga terbilang cukup mudah karena saat kamu drag video, kolom akan otomatis terbagi dua. Yakni, untuk video dan suara. Sehingga, kamu bisa mengedit gambar dan suara secara terpisah untuk kemudian disatukan kembali menjadi video yang utuh. Namun aplikasi ini tidak gratis, kamu perlu membeli lisensi untuk menggunakannya.

7. VSDC Free Video Editor

videosoftdev.com

Dari namanya diketahui bahwa aplikasi edit video pc terbaik ini gratis. Walau gratis, fiturnya juga cukup lengkap. Mungkin dari tampilannya saja yang terlihat cukup rumit. Namun, setelah terbiasa kamu bisa menggunakan fitur yang lengkap secara gratis.

8. HitFilm Express

fxhome.com

Aplikasi edit video pc terbaik ini merupakan aplikasi edit video gratis yang terbaik. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk edit video dan VFX. Sangat cocok untuk pemula, Youtubers dan pelajar. 

Memang aplikasi ini bisa kamu gunakan gratis. Namun, untuk fitur yang lebih canggih dan lengkap kamu bisa meng-upgrade-nya. Aplikasi ini juga tidak terlalu membutuhkan gawai dengan spesifikasi tinggi, kok!

9. AVS Video Editor

avs4you.com

AVS Video Editor termasuk aplikasi edit video pc terbaik yang cukup ringan. Aplikasi ini dilengkapi pula dengan video cache, yaitu fitur untuk mengedit video yang memiliki resolusi tinggi. AVS Video Editor juga memiliki 300 transisi yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video kamu.

10. Kate’s Video Toolkit

download.cnet.com

Untuk aplikasi edit video pc terbaik yang memiliki format lengkap kamu bisa gunakan Kate’s Video Toolkit. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengubah video dalam format apa pun dengan mudah. Selain itu, Kate’s Video Toolkit juga dilengkapi fitur transisi yang lengkap.

11. Avidemux

Wikipedia.org

Untuk kamu yang masih terbatas dari segi budget untuk memulai karier sebagai kreator konten, aplikasi Avidemux ini bisa jadi pilihan. Sebab, Avidemux dapat kamu akses secara gratis.

Meskipun gratis, namun semua fitur dasarnya bisa kamu gunakan, lho. Mulai dari untuk memotong video, menambahkan lagu, sampai menggunakan filter agar video kamu semakin menarik.

12. Camtasia

Freshvanroot.com

Camtasia menjadi rekomendasi aplikasi edit video di pc yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten video. Aplikasi satu ini bisa kamu pasang di pc berbasis Windows atau MAC. Camtasia bisa menghasilkan video berkualitas tinggi sesuai dengan kebutuhanmu.

13. CineFX Jahshaka

Jahshaka.com

Jika pc kamu masih berbasis Linux, Windows, XP, 7, 8 dan Vista, CineFX Jahshaka masih sangat kompatibel untuk kamu gunakan. Bahkan, aplikasi tersebut bisa kamu gunakan untuk mengedit video dalam format MP3, MPEG, OGG, MOV dan WAP. Aplikasi gratis ini hanya maksimal untuk fitur dasarnya saja. Aplikasi ini masih belum sempurna jika kamu menginginkan editing video yang lebih profesional.

14. Cyberlink PowerDirector

Nesabamedia.com

Kamu yang kurang lihai mengedit video, Cyberlink PowerDirector bisa menjadi solusi untuk membuat konten video. Sebab, fitur Express Projects sangat memungkinkan kamu untuk menyelesaikan proses editing dengan mudah dan cepat. Bahkan, aplikasi ini tidak membutuhkan banyak ruang untuk diterapkan di pc kamu.

15. DaVinci Resolve

Blackmagicdesign.com

Selanjutnya, adalah aplikasi DaVinci Resolve yang menjadi aplikassi edit video yang tidak monoton. Aplikasi ini cukup direkomendasikan karena memiliki banyak fitur menarik. Seperti audio mixing, multicam editing dan motion graphic. Cukup lengkap untuk membuat konten video, bukan?

Itulah tadi 15 aplikasi edit video pc terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik kontenmu. Aplikasi mana, nih, yang ingin kamu miliki? Ingat, ya, jangan asal unduh saja. Sesuaikan aplikasi dengan spesifikasi gawai yang kamu punya agar aplikasi bisa berjalan optimal.

IDN Media Channels

Latest from Working Life