Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Prospek Kerja untuk Para Fresh Graduate Jurusan Manajemen

Ternyata nggak melulu menghitung uang, lho!

Reyhan Putri

Sebagai bagian dari rumpun ekonomi, jurusan manajemen acap kali langsung dikaitkan dengan semua pekerjaan yang berhubungan dengan uang dan angka. Namun, prospek kerja jurusan manajemen sebenarnya sangat luas dan tidak hanya terpaku pada dunia kerja bidang ekonomi.

Bahkan saking luasnya prospek kerja untuk para lulusan dari jurusan manajemen, jurusan ini juga sering dijuluki jurusan paling "aman". Kira-kira apa saja prospek kerja yang tersedia bagi pada fresh graduate jurusan manajemen? Berikut Popbela rangkum beberapa karier yang bisa jadi pertimbangan para mahasiswa jurusan manajemen dari berbagai sumber.

1. Konsultan bisnis

unsplash.com/@homajob

Sesuai namanya, pekerjaan seorang konsultan bisnis memberikan pengetahuan dan penilaian seputar industri dan pasar yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis kliennya serta membantu pengusaha bergerak dalam mengambil keputusan bisnis. Jasa konsultan bisnis sangat dibutuhkan dan hampir seluruh perusahaan pasti memiliki konsultan sendiri maupun membayar konsultan dari luar. 

2. Akuntan

unsplash.com/@towfiqu999999

Meski dengan latar belakang jurusan manajemen, bukan artinya hanya mereka yang memiliki latar belakang akuntansi yang bisa menjadi akuntan. Akuntan berkutat dengan angka-angka dan jumlah uang yang tak banyak, selain itu juga memastikan perputaran keuangan bisnis berjalan baik. Dibutuhkan ketelitian tinggi untuk menjadi seorang akuntan yang baik.

Gaji yang dihasilkan seorang akuntan juga sangat baik. Rata-rata gaji yang dihasilkan prospek kerja ini mulai dari Rp3,675,000 hingga Rp9,000,000.

3. Manajer SDM

unsplash.com/@akeyodia

Prospek pekerjaan satu ini tidak langsung berhubungan dengan angka maupun keuangan, namun berhubungan langsung dengan kandidat orang-orang yang akan mengurus kedua hal tersebut.

Manajer sumber daya manusia mengelola dan mengembangkan strategi rekrutmen, memastikan karyawan dalam sebuah perusahaan sejahtera, serta mengelola tunjangan karyawan. Gaji yang dihasilkan seorang manajer SDM juga sangat menjanjikan. Rata-rata gaji yang dihasilkan prospek kerja ini hingga mencapai Rp8,000,000 hingga Rp15,000,000.

4. Staf keuangan

unsplash.com/@uxindo

Manajer keuangan bertanggung jawab untuk mengawasi operasional keuangan suatu perusahaan, memantau alur masuk dan keluar uang bisnis, serta merencanakan investasi perusahaan. Kamu juga akan bertanggung jawab untuk menyusun laporan keuangan perusahaan. Tergantung pengalamanmu di bidang pekerjaan ini, namun gaji rata-rata staf keuangan berkisar di Rp4,500,000 hingga Rp10,000,000.

5. Analis keuangan

unsplash.com/@austindistel

Berbeda dengan staf keuangan, analis keuangan lebih bertanggung jawab untuk memberikan rekomendasi, penilaian, serta analisis terkait kondisi keuangan kliennya. Meski berbeda, namun akuntan, staf keuangan, dan analis keuangan akan bekerjasama untuk menyusun laporan keuangan dengan hasil yang stabil. Gaji rata-rata perbulan untuk prospek kerja ini berkisar dari Rp8,000,000 hingga Rp11,000,000.

6. Account executive

unsplash.com/@uxindo

Hampir mirip seperti seorang konsultan dan analis, account executive akan banyak bertemu dengan klien dengan maksud mempelajari pola, memprediksi, serta mengetahui tujuan mereka agar perusahaan bisa merealisasikan keinginan mereka dalam berbisnis.

Tak hanya itu, prospek kerja ini juga akan membantu klien untuk menumbuhkan klien-klien baru bagi perusahaan. Di Indonesia sendiri gaji rata-rata account executive berkisar Rp5,000,000 hingga Rp6,000,000.

7. Market researcher

unsplash.com/@margabagus

Sebagai seorang market researcher, kamu akan banyak berkutat dalam menganalisis, membuat prediksi, serta mengumpulkan informasi terkait pasar untuk kepentingan penjualan produk suatu perusahaan. Dengan informasi yang dikumpulkan, market researcher dapat memberikan rekomendasi penjualan seperti apa yang lebih cocok dilakukan untuk produk tertentu.

Sekarang, tidak perlu bingung lagi untuk mulai meniti karier dengan latar belakang jurusan manajemen, bukan?

IDN Media Channels

Latest from Working Life