Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Film Terbaik Michael Gambon, Sang Dumbledore yang Meninggal Dunia

Dari kepala sekolah sihir sampai Presiden AS

Reyhan Putri

Aktor legendaris asal Inggris, Michael Gambon dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (28/09). Kabar ini disampaikan langsung oleh istri dan anaknya melalui Clair Dobbs selaku publisis dari Michael, bahwa sang aktor meninggal di rumah sakit saat tengah mendapatkan perawatan untuk pneumonia.

Selama kariernya menjadi aktor, Michael Gambon paling dikenal masyarakat dengan perannya sebagai kepala sekolah sihir Hogwarts, Profesor Albus Dumbledore di seri film Harry Potter. Namun, tentu banyak film lain yang dibintanginya yang juga tak kalah menarik untuk ditonton. Intip film terbaik dari Michal Gambon versi Popbela di bawah ini.

1. The King's Speech (2010)

imdb.com

Film ini menceritakan perjuangan Raja George VI yang gagap untuk menyembuhkan kondisinya dengan bantuan Lionel Louge, seorang terapis bicara. Michael Gambon berperan sebagai Raja George V, ayah dari Raja George VI. Melalui film ini, Michael Gambon meraih penghargaan Outstanding Ensemble Cast in a Motion Picture di Screen Actors Guild Award bersama pemeran lainnya.

2. Layer Cake (2004)

imdb.com

Meski tidak berperan sebagai pemeran utama, namun Michael Gambon mendapatkan peran antagonis sebagai seorang bos kriminal yang kaya raya. Di film ini, ia beradu akting  bersama aktor papan atas lainnya seperti Daniel Craig, Tom Hardy, serta Colm Meany.

3. Harry Potter Series (2004-2011)

imdb.com

Berkat film ini, Michael Gambon memiliki peran ikonik yang banyak dikenal masyarakat. Ia berperan sebagai Profesor Albus Dumbledore selaku kepala sekolah sihir Hogwarts mulai dari Harry Potter: The Prisoners of Azkaban, menggantikan Richard Harris yang lebih dulu berperan sebagai Albus Dumbledore di seri film pertamanya.

Melalui perannya tersebut, Michael Gambon pernah dinominasikan sebagai pemeran pembantu terbaik pada tahun 2010 di Irish Film and Television Awards. Selebihnya bersama pemeran film Harry Potter lainnya, ia sudah banyak memenangkan Best Ensamble Cast di berbagai acara penghargaan seperti People's Choice Awards dan Scream Awards.

4. Path to War (2002)

imdb.com

Path to War merupakan sebuah film biografi mengenai Lyndon B. Johnson, Presiden Amerika Serikat ke-36 yang terkenal dengan program kerjanya "Great Society" untuk mengatasi permasalahan sosial di Amerika Serikat. Film ini mengisahkan Presiden Lyndon menghadapi Perang Vietnam di masa jabatannya dengan pendekatan yang lebih damai.

Berkat perannya sebagai Presiden Lyndon, Michael Gambon dinominasikan sebagai Best Actor in a Mini-Series or a TV Movie dan Outstanding Lead Actor in a Miniseries or a Movie di Golden Globe Awards dan Primetime Emmy Awards.

5. The Singing Detective (1986)

imdb.com

Phillip E. Marlow, seorang novelis misteri membuat sebuah cerita mengenai The Singing Detective yang juga diberi nama yang sama dengan namanya sendiri. Cerita Phillip Marlow dibuat dari kilas balik cerita pribadi pengarangnya sendiri mengenai misteri ibunya yang bunuh diri. Michael Gambon berhasil meraih penghargaan Best Actor dari BAFTA Awards pada tahun 1987 berkat perannya di film ini sebagai Phillip Marlow.

6. Gosford Park (2001)

imdb.com

Berperan sebagai Sir William McCordle selaku pengusaha industrial kaya raya yang mengadakan sebuah pesta dikediamannya, Gosford Park bersama istri dan anaknya. Di pesta yang diadakannya tersebut sebuah misteri terjadi dan melibatkan seluruh tamu serta penghuni Gosford Park. Michael Gimbon menerima penghargaan Outstanding Ensemble Cast in a Motion Picture di Screen Actors Guild Awards dari film itu.

Industri perfilman kehilangan salah satu aktor terbaiknya, Michael Gambon yang telah banyak berperan di berbagai film. Adakah film yang diperankan oleh Michael Gambon yang sangat kamu sukai?

IDN Media Channels

Latest from Working Life