Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Undang Rihanna di Pernikahan Sang Anak, Ini Profil Mukesh Ambani

Miliarder India yang pimpin Reliance Industries Limited

Nindi Widya Wati

Mukesh Ambani ramai menjadi sorotan publik, usai diketahui mengundang penyanyi Rihanna di pernikahan sang anak, dengan bayaran mencapai Rp78 Miliar. Berhembusnya berita tersebut makin heboh dibicarakan, saat salah satu orang terkaya di India ini turut mengundang tamu kelas dunia, seperti Mark Zuckerberg hingga Bill Gates. 

Warganet sontak dibuat penasaran dengan Mukesh Ambani, yang disebut-sebut punya banyak gurita bisinis dan kekayaan bernilai fantastis. Bahkan, ia menempati posisi ke-10 dalam daftar orang terkaya dunia menurut Forbes, dengan harta kekayaan US$115 Miliar.

Lantas, seperti apa sosok Mukesh Ambani? Yuk, simak informasinya berikut ini, Bela! 

Mukesh Ambani berasal dari Yaman

Dok. India News

Kalau membahas Mukesh Ambani, ia sosok kelahiran Yaman, pada 19 April 1957. Laki-laki yang sedari kecil akrab disapa Ambani ini, memiliki tiga saudara, yaitu Anil Ambani, Nina Kothari dan Deepti Salgaocar. 

Pada tahun 1958, Ambani dan keluarga pindah dari Yaman ke Mumbai, India. Keputusan tersebut diambil melihat kondisi Yaman yang tak kondusif kala itu, karena memanasnya isu politik. Keluarga ini memulai hidup di Mumbai dengan tinggal di sebuah rumah petak.

Barulah, pada tahun 1966, Ayah Ambani mendirikan Reliance Commercial Corporation bersama Dhirubai untuk membuat perusahaan energi dan material India. Bisnis yang berjalan berkat uang sewa satu kamar ini, berkembang menjadi Reliance Industries Limited (RIL) yang sekarang dipimpin oleh Mukesh Ambani sebagai ketua sekaligus direktur pelaksana. 

Pendidikan yang ditempuh Mukesh Ambani

Dok. India News

Ambani memiliki rekam jejak pendidikan sebagai sarjana Teknik Kimia dari Universitas Mumbai. Kemudian, ia mengejar gelar master di bidang administrasi bisnis dari Universitas Stanford. Namun, ia keluar dari program tersebut pada tahun 1981 untuk bergabung dengan bisnis keluarga. 

Ia cukup lihai dalam mendiversifikasi perusahaan, merambah ke berbagai bidang, termasuk komunikasi, infrastruktur, petrokimia, penyulingan minyak bumi, serat poliester, serta produksi gas dan minyak. Kesuksesan tersebut, membuat Ambani pada tahun 2004 dinobatkan sebagai salah satu pemimpin bisnis paling dihormati di dunia oleh perusahaan jasa profesional PricewaterhouseCoopers. 

Karier Mukesh Ambani makin gemilang

Dok. Idea News

Meninggalnya Dhirubhai pada tahun 2002, membuat Ambani dan saudaranya, Anil, mengambil alih kepemimpinan bersama di perusahaan Reliance. Namun, perselisihan kakak beradik atas kendali mendorong ibu mereka, Kokilaben Ambani, untuk membagi aset Reliance melalui perjanjian nonkompetisi.

Dari keputusan yang ada, Ambani mengambil kendali atas unit gas, minyak, dan petrokimia sebagai RIL di bawah payung Reliance. Ambani telah berjasa menciptakan kilang minyak bumi baru yang terbesar di dunia, serta mempelopori pembangunan beberapa fasilitas manufaktur canggih yang meningkatkan kemampuan produksi RIL secara signifikan. 

Mukesh Ambani ditunjuk sebagai ketua WEF

Dok. Hero

Makin tersohornya nama Ambani sebagai konglomerat sukses, membuat ia ditunjuk sebagai ketua bersama India Economic Summit di World Economic Forum (WEF), pada tahun 2006. Organisasi internasional ini terdiri dari beberapa pemimpin bisnis, politisi, pembuat kebijakan, cendekiawan, filantropis, anggota serikat pekerja, dan perwakilan organisasi non-pemerintah terkemuka di dunia. 

Lewat organisasi WEF, menggelar pertemuan setiap tahun untuk membahas perdagangan global, pembangunan ekonomi, keprihatinan politik, dan isu-isu sosial yang penting. Kinerja apik yang ditunjukkan Ambani, membuat ia terpilih menjadi anggota Dewan Yayasan WEF, pada tahun 2010.

Mukesh Ambani tersohor sebagai konglomerat India

Dok. Telegraph India

Gurita bisnis Mukesh Ambani semakin menggeliat, saat ia membangun Jio Platforms pada tahun 2010. Anak perusahaan RIL ini, dibangun untuk telekomunikasi dan e-commerce. Pada tahun 2016, merek Jio menawarkan jaringan nasional pertama untuk layanan broadband 4G.

Kesuksesan bisnis ini, membuat Ambani sebagai Triliuner Rupee pertama di India pada tahun 2007. Berangkat dari kabar tersebut, surat kabar The Economic Times dan kantor berita Press Trust of India, menobatkan Ambani sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai Rp1.834 Triliun. 

Mukesh Ambani gelar meriah acara pernikahan sang anak

Dok. The Print

Ambani memiliki tiga anak yang semuanya memegang jabatan direksi di Reliance Industries. Anak bungsunya, Anant Ambani, yang berusia 28 tahun mengelola bisnis energi Reliance Industries dan menjabat direksi di Reliance Foundation.

Pesta pranikah Anant Ambani menjadi sorotan dunia, karena digelar secara besar-besaran dari 1 hingga 3 Maret 2024 di Jamnagar, Gujarat. Pernikahannya sendiri baru akan digelar pada Juli nanti.

Keluarga Ambani memang terkenal sangat serius menggarap pesta pernikahan. Bahkan, pernikahan ini mengundang tamu spesial. Selain ada Rihanna yang konon dibayar Rp78 Miliar, hadir pula pesulap asal AS, David Blaine, yang mengisi acara tersebut.

Acara pranikah Anant dihadiri Bill Gates (Pendiri Microsoft), Mark Zuckerberg (Pendiri Meta), hingga Bob Iger (CEO Disney) yang baru mengumumkan merger aset dengan Reliance senilai US$8,5 Miliar. Selain itu, hadir pula tokoh terkenal India lainnya sepert miliarder Gautam Adani dan Kumar Mangalam Birla. Serta, bintang Bollywood seperti Shah Rukh Khan dan Salman Khan.

Itulah profil tentang Mukesh Ambani yang tersohor sebagai miliarder India. Adakah informasi lain yang kamu tahu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life