Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain Soleh, Ini 13 Potret Kucing yang Memiliki Pekerjaan

Pegawai paling gemas di Direktorat Pajak

Nindi Widya Wati

Baru-baru ini warganet dibuat gemas dan begitu kagum dengan kemunculan sosok kucing bernama Soleh. Lantaran, kucing ini secara resmi ditunjuk sebagai pegawai di kantor Direktorat Pajak. Soleh dengan lanyard barunya sebagai Penyuluh Ahli Meow bahkan diketahui sudah memiliki ruang kerja sendiri, Bela. 

Melihat betapa viralnya Soleh, sebenarnya sejak abad ke-15 di beberapa negara juga ada kucing yang secara resmi memiliki pekerjaan tetap. Bahkan berapa di antaranya, ada yang sampai memiliki seragam khusus untuk bertugas dan digaji dengan nilai yang fantastis.

Penasaran? Kira-kira bagaimana kinerja dari kucing-kucing ini? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela!

1. Kota Liege di Belgia pada 1876 sepakat jika kucing bisa menjadi hewan pengantar surat, dengan cara meletakkan surtanya di leher. Rekor tercepat pengantaran surat adalah lima jam.

Dok. Internet

2. Inggris sejak abad ke-15 terkenal memiliki kucing sebagai pekerja. Salah satunya kucing bernama Larry yang menjabat Chief Mouser (kepala penangkap tikus) di 10 Downing Street, kantor perdana menteri Inggris.

Dok. Internet

3. Prancis pernah menerbangkan astronot berupa kucing ke luar angkasa pada 18 Oktober 1963. Kucing ini bernama Felicette yang terbang menggunakan Veronique AG1, ia diterbangkan sampai 161 kilometer dan kembali selamat ke bumi.

Dok. Internet

4. Pada zaman peperangan, kucing bernama Pooli terkenal sebagai awak kapal yang bertugas membasmi tikus, saking terkenalnya ia sampai mendapat beberapa penghargaan.

Dok. Internet

5. Pada 1960 CIA pernah memiliki program bernama Project Acoustic Kitty, di mana kucing dilatih sebagai informan agar bisa memata-matai pemerintahan Soviet.

Dok. Internet

6. Pada 1996, ada kucing bernama Ketzel yang tersohor sebagai komposer musik, dengan karyanya bertajuk "Piece for Piano: Four Paws", hingga menyabet Paris New Music Review. Cerita ini berawal saat Rabbi Moshe Cotel (pemilik) mencatat notasi-notasi yang dibuat kucingnya ketika berjalan di atas keyboard.

Dok. Internet

7. Kota Talkeetna di Alaska punya kucing yang ditunjuk sebagai wali kota bernama Stubbs, kucing ini menjabat sejak 1998 namun meninggal karena tua pada 2017. Meski perannya lebih ke arah simbolik ketimbang fungsional, tetapi sampai sekarang belum ada yang bisa menggantikan Stubbs.

Dok. Internet

8. Kantor bea cukai di Rusia pernah menunjuk kucing bernama Rusik sebagai pegawai. Rusik memiliki tugas untuk mendeteksi barang selundupan, salah satunya ia berhasil mencium keberadaan caviar Caspian Sea yang diseludupkan.

Dok. Internet

9. Masih kucing dari Rusia tepatnya di kota Novorossiysk, ada kucing bernama Kuzya yang bekerja di perpustakaan anak-anak sebagai asisten perpustakaan. Ia secara resmi mendapat paspor pekerja, seragam berupa dasi kupu-kupu, dan bayaran berupa 30 kaleng Whiskas dalam sebulan.

Dok. Internet

10. Beberapa kucing jago akting sampai jadi aktor di film terkenal dunia, sebut saja Ted Nude-Gent yang memerankan Mr. Bigglesworth di film Austin Powers: International Man of Mystery dan Crackerjack. Ada pula Pumpkin sebagai Crookshanks di Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Bahkan, ada penghargaan untuk mereka bernama Picture Animal Top Star of the Year Awards (PATSY).

Dok. Internet

11. Stasiun Kishi di Jepang memiliki kucing sebagai kepala stasiun, bahkan berkat kelucuan kucing ini sampai berhasil menyelamatkan stasiun dari kebangkrutan.

Dok. Internet

12. Tak hanya memiliki banyak mainan yang lucu, Bandai Toys Britania juga punya kucing imut bernama Millie. Ia dipercaya sebagai penjaga keamanan dengan gaji berupa perawatan kucing spesial.

Dok. Internet

13. Kucing juga berkesempatan jadi politikus, lihat saja saat Tuxedo Stan sempat mencalonkan diri sebagai wali kota di Kanada, hingga dapat dukungan dari host populer Ellen Degeneres.

Dok. Internet

Itulah, 13 kucing yang memiliki pekerjaan sampai menyabet penghargaan bergengsi. Jadi, sudah siap bersaing dengan kucing untuk mendapat pekerjaan, Bela? Jangan sampai kalah saing, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life