Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rumah Sakit Angker di Indonesia, Ada yang Masih Beroperasi

Paling horor rumah sakit peninggalan Jepang

Nindi Widya Wati

Rumah sakit di Indonesia sedari lama tersohor memiliki cerita seram. Bahkan kerap kali para petugas medis ataupun pasien yang melihat sederet penampakan, mendengar suara jeritan, hingga kejadian aneh yang terasa di luar nalar. 

Bangunan rumah sakit angker tersebut bukan hanya terletak di kota kecil, namun beberapa di antaranya berada di kota-kota besar. Bahkan, kota Jakarta ataupun Bandung memiliki beberapa rumah sakit yang cukup kental dengan aura mistis. 

Lantas, bagaimana dengan keberadaan rumah sakit angker lainnya di Indonesia? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela.

1. Rumah Sakit Mardi Waluyo

Dok. GMaps

Cerita angker rumah sakit kali ini berangkat dari Rumah Sakit Mardi Waluyo di Blitar, kisah para penghuninya terkenal sering mengganggu orang-orang yang berada di kawasan tersebut. Para pasien yang pernah dirawat mengaku, sering mendengar tangisan perempuan sekitar pukul 12 malam. Makin menyeramkan, karena rumah sakit ini konon pernah dijadikan kedok malpraktik yang mengorbankan banyak nyawa.

2. Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo

Dok. GMaps

Masih aktif beroperasi, namun siapa sangka Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo menyimpan banyak kisah horor. Bahkan, cerita horor mahasiswa bernama Raka saat berada rumah sakit ini jadi salah satu urban legend paling populer di Jakarta. Raka yang sempat mendengar suara bisikan nyaring hingga melihat secara langsung sepenggal kepala perempuan berambut panjang yang berguling mengejarnya.

3. Rumah Sakit Gambiran II

Dok. GMaps

Saat awal pembangunan Rumah Sakit Gambiran II direncanakan bakal jadi RS terbesar di Kota Kediri. Namun tak disangka, selama pembangunan RS mengalami kendala kasus korupsi. Akibatnya, proses pembangunan rumah sakit dibiarkan mangkrak, hingga tak terawat. Dari beberapa kesaksian yang ada, di sekitar bangunan Rumah Sakit Gambiran II kerap muncul penampakan dan suara aneh yang tak diketahui dari mana asalnya. 

4. Rumah Sakit Immanuel

Dok. GMaps

Kalau ini rumah sakit yang sudah berdiri sejak tahun 1900 di Bandung dan terkenal membuat bulu kuduk merinding. Rumah sakit ini angker karena banyak suara isak tangis wanita dan suara keranda yang didorong di malam hari. Bahkan atas hal tersebut, pernah secara langsung didengar oleh beberapa pasien dan masyarakat sekitar.

5. Bandung Medical Centre

Dok. GMaps

Cerita rumah sakit horor masih berada di Kota Bandung, tepatnya di rumah sakit yang sudah beroperasi sejak zaman Belanda. Kisah yang paling terkenal di Bandung Medical Centre adalah sosok suster yang kerap menampakkan diri di lantai satu dalam keadaan baju sangat lusuh.

6. Rumah Sakit Darmo

Dok. GMaps

Kalau menyebut Rumah Sakit Darmo, warga Surabaya pasti langsung teringat dengan cerita horornya. Rumah sakit ini didirikan sejak zaman penjajahan Jepang yang dipenuhi kisah mistis. Mulai dari suara jeritan dan isak tangis, sosok suster dengan kaki tidak menapak tanah, dan yang paling legendaris adalah penampakan sosok kuntilanak di bangsal anak.

7. RSUD R Sosodoro Djatikusumo

Dok. GMaps

Bergeser ke wilayah Bojonegoro, juga ada RSUD R Sosodoro Djatikusumo yang sempat menghebohkan masyarakat dengan penampakan laki-laki tua di lorong ruang Asoka. Serta yang paling mencekam adalah kisah sopir yang mengantarkan penumpang ke RSUD, padahal rumah sakit tersebut sudah terhitung lama tak berpenghuni.

Itulah, tujuh rumah sakit angker di Indonesia yang ternyata sedari lama menyimpan cerita horor. Pernahkah kamu berkunjung ke sana? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life