Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

New Video Podcast Spotify, Gandeng Awkarin Hingga Komedian Mak Beti

Perluas video podcast Spotify Indonesia

Nindi Widya Wati

Spotify makin manjakan pendegar, Bela! Lantaran, sejak resmi merilis fitur Spotify Original Video pada Juli 2022, kini platform dengan layanan penyiaran musik dan siniar ini mengumumkan peluncuran tiga buah Spotify Original Video Podcast.

Perilisan new video podcast Spotify tersebut berjudul AMAN AJA Podcast yang menggandeng selebgram Awkarin, Cerita Mak Beti yang dibawakan komedian Mak Beti, dan Podkes Abu-Abu oleh grup vokal Putih Abu Abu.

Tiga video podcast yang baru diluncurkan per 8 September 2022 ini, rupanya akan menambah siaran video podcast yang nantinya dapat menjadi pilihan konten bagi pendengar Spotify di Indonesia.

Penasaran? Bagaimana pengemasan line up terbaru dari siaran video podcast Spotify? Simak dalam artikel berikut, yuk, Bela! 

Kurasi konten video podcast Spotify

Dok. POPBELA.COM

Dalam pembuatan ketiga Spotify Original Video Podcast ini telah dikuratori dan direncanakan secara cermat lewat kolaborasi antara para pembuat konten dan Spotify. 

Hal tersebut guna menghadirkan konten terbaik Spotify, maka melalui acara AMAN AJA Podcast, Cerita Mak Beti, dan Podkes Abu Abu–pendengar dapat menonton dan mendengarkan ragam topik penting tetapi juga tetap menghibur. Seperti podcast yang menghadirkan tentang cerita kedewasaan, hubungan percintaan, serta potret realitas kehidupan sehari-hari masyarakat pinggiran kota. 

Memperkenalkan Video Podcast di Indonesia tahun ini merupakan langkah yang sangat menyemangatkan kami, terlebih lagi dengan diperkenalkannya tiga Spotify Original terbaru bersama para kreator yang bertalenta ini. Hal ini sungguh menunjukkan wujud komitmen kami untuk membangun ekosistem podcast di Indonesia, dan secara bersamaan, memperluas deretan konten Spotify untuk dinikmati pendengar kami,” pungkas Carl Zuzarte, Head of Studios, Southeast Asia, pada Kamis (8/09/2022).

Semua penjajakan dalam hal baru

Dok. Spotify Indonesia

Sebagai fitur yang menjadi pengembangan dalam platform Spotify, tentunya video podcast ini jadi hal baru yang dapat dinikmati para pendengar Spotify di seluruh dunia. Begitu pula dengan Awkarin, Mak Beti, dan Putih Abu-Abu sebagai kreator yang merasakan pengalaman pertama terjun ke dalam dunia podcasting secara utuh. 

Maka, berkarya lewat Spotify dan membuat konten audio jadi pengalaman baru bagi Putih Abu-Abu. Grup vokal asal Cianjur yang digawangi Cheryl, Karin, Reikhansa, Taya, Intan, dan Alma ini pun mengaku serius dalam karya kolaborasi bersama Spotify, sebab dalam penggarapan podcast ternyata cukup challenging daripada yang terlihat. 

Dok. Spotify Indonesia

Melihat proses produksi acara podcast terbilang cukup mengesankan, namun berkat dukungan Spotify kami berkesempatan belajar tentang pembuatan konten yang end-to-end dari kreator lain dan lewat fitur terbaru platform Spotify,“ pungkas Karin, salah satu personil Putih Abu-Abu. 

Bahkan untuk menyapa para pendengar lewat Spotify, Podkes Abu-Abu juga sudah merilis video thriller dan episode perdananya, Bela. 

Eksplor ide kreatif Mak Beti lewat Spotify

Dok. Spotify Indonesia

Senada dengan Putih Abu-Abu, Arif Muhammad komedian dibalik tokoh Mak Beti, juga mengungkapkan rasa antusias dan kegembiraannya yang terlibat dalam proyek Spotify Indonesia. 

Sudah sejak lama saya ingin juga mengeksplorasi format audio-first untuk pembuatan konten, saya akan membawa karakter jenaka Mak Beti agar bisa tetap dekat dengan penyuka karya saya,“ ujar pria di balik karakter terkenal Mak Beti ini. 

Dok. Spotify Indonesia

Menurutnya bekerja dan bereksplorasi bersama Spotify untuk podcast Cerita Mak Beti ini sungguh menyenangkan. Apalagi, pihak Spotify juga membantu Mak Beti mengungkap ide dan pemikiran kreatif mengembangkan karakter dan alur cerita asli yang ia miliki.

Lewat tokoh Mak Beti dalam podcast Cerita Mak Beti, nantinya akan menceritakan realitas kehidupan masyarakat pinggiran kota di Indonesia. Menghadirkan pula 9 tokoh lokal Medan yang akan menghiasi video podcast Spotify, lho, Bela!

Sisi lain cerita Awkarin lewat Spotify

Dok. Spotify Indonesia

Sementara, bagi selebgram Awkarin atau bernama asli Karin Novilda, pengaturan set produksi sangat luar biasa dan mampu mewujudkan kepribadiannya serta inti acara podcastnya secara utuh. Melalui AMAN AJA Podcast, Awkarin ingin pendengar dan pembicara tamu memiliki ruang yang aman untuk menceritakan kisah mereka. 

Cerita-cerita tentang gue yang selama ini orang-orang ketahui selalu diceritakan oleh orang lain. Lewat AMAN AJA, gue pengin membuat platform di mana setiap cerita yang diceritakan itu sejujur mungkin dan apa adanya,“ pungkas Awkarin.

Dok. Spotify Indonesia

Jika kamu sudah sempat memutar video podcast perdana dari AMAN AJA, maka di sana akan melihat pula dua wajah spesial yang menjadi saksi hidup Awkarin, Bela. 

Ia pun berharap setiap cerita akan memberikan nilai pelajaran hidup dan pengingat bagi sesama. Rasa senang sekaligus bangga saat ia bisa berbagi pengalaman hidupnya lewat Spotify. Terlebih, jika melihat platform Spotify bisa menjadi ruang untuk mengembangkan ide dan bakat dari para kreator Indonesia. 

Podcaster suguhkan hal berbeda

Dok. Spotify Indonesia

Bagi kamu yang ingin melihat hal berbeda dari Spotify yang berkolaborasi dengan ketiga konten kreator dapat langsung menikmati ruang podcast terbarunya. Apalagi makin spesial, video podcast dari Cerita Mak Beti dan Podkes Abu-Abu akan merilis dua episode per minggu dengan penampilan tamu spesial sekali setiap bulannya. 

Perilisan tiga acara podcast tersebut sebagai tanda siapnya format terbaru Video Podcast dari Spotify. Inovasi yang terus dikembangkan oleh Spotify memungkinkan para pendengar terhubung lebih dekat dengan podcast yang mereka dengarkan.

Fitur terbaru Q&A dari Spotify

Dok. Spotify Indonesia

Selain itu, para podcaster juga dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan pendengar melalui fitur Q&A dan Polls di Video Podcast mereka. Fitur yang memungkinkan kreator untuk mengajukan pertanyaan berbasis teks. Nantinya, pertanyaan akan muncul ke tampilan pendengar di aplikasi Spotify yang dapat menciptakan koneksi langsung pada platform antara pendengar dan kreator.

Nikmati juga acara podcaster Indonesia

Dok. Spotify Indonesia

Pengalaman unik coba diberikan Spotify, saat pengguna bisa menikmati “video background-play” yakni berganti dari menyaksikan Video Podcast secara aktif (dengan video yang tampil dalam layar penuh) ke mendengarkan secara pasif (dengan mode video tampil di belakang layar utama ponsel) - tanpa gangguan, semuanya secara gratis. 

Selain bisa mendengarkan tiga Spotify Original Video Podcast terbaru, pengguna Spotify juga dapat menonton dan mendengarkan acara dari podcaster lainnya. Seperti podcast Spotify original dan exclusive PODKESMAS, Rintik Sedu, Do You See What I See, Teman Tidur, Kita dan Waktu, BKR Brothers, RAPOT, The Friday Podcast (MAKNA Talks), Suara Puan, Mendoan, dan masih banyak lagi. 

Nah, kalau kamu sudah sempat memutar video podcast Spotify yang mana nih, Bela?   

IDN Media Channels

Latest from Working Life