Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Giliran iKON, Ini Deretan Idol yang Hengkang dari YG Entertainment

iKON susul Taeyang & Daesung BIGBANG keluar agensi

Nindi Widya Wati

Menuju pergantian tahun 2022, industri K-pop ternyata diwarnai dengan beberapa kabar mengejutkan para idol yang keluar dari agensi. Termasuk yang menjadi perbincangan hangat baru-baru ini, putus kontraknuya iKON, menyusul Taeyang dan Daesung BIGBANG yang secara resmi keluar dari YG Entertainment, pada Senin (26/12/2022). 

Melansir dari Koreaboo, keluarnya dua anggota BIGBANG tersebut karena mereka sudah tak memperpanjang kontrak dengan pihak agensi. Dari berita yang ada, Taeyang diketahui memutuskan pindah ke The Black Label, sedangkan Daesung akan mengawali karier terbarunya di industri hiburan. Adapun soal G-Dragon, YG Entertainment menjelaskan bahwa agensi masih dalam proses negosiasi kontrak. 

push.com.ph

Sementara itu, YG Entertainment telah mengumumkan bahwa keenam anggota iKON akan meninggalkan agensi. Pada 30 Desember 2022, YG Entertainment merilis pernyataan berikut yang mengumumkan kepergian iKON:

Halo, ini YG Entertainment.

Kami memberi tahu Anda bahwa setelah diskusi panjang dengan anggota iKON (Kim Jinhwan, Bobby, Song Yunhyeong, Goo Junhoe, Kim Donghyuk, dan Jung Chanwoo) tentang kegiatan mereka di masa depan, untuk menghormati pendapat satu sama lain, kami setuju untuk mengakhiri hubungan kami. kontrak eksklusif setelah berakhirnya masa kontrak mereka.

Keenam anggota iKON tentu saja akan melanjutkan aktivitas mereka sebagai grup "iKON" di masa mendatang, dan kami juga memberi tahu kalian bahwa mereka akan terus berkomunikasi dengan iKONIC [penggemar iKON] melalui akun media sosial resmi mereka, termasuk akun mereka. komunitas penggemar resmi Weverse, seperti sekarang.

Kami dengan tulus berterima kasih kepada iKON, yang telah bersama kami sebagai salah satu artis agensi kami hingga sekarang. Kami menantikan kegiatan masa depan mereka di berbagai bidang, dan kami akan mendukung mereka.

Selain itu, kami juga berterima kasih kepada iKONIC yang telah bersama kami dalam perjalanan iKON. Kami meminta Anda untuk terus memberikan minat dan dorongan yang tidak berubah kepada para anggota saat mereka bersiap untuk awal yang baru.

Sebenarnya, kalau berbicara idol yang memutuskan keluar dari agensi ini bukan jadi kali pertama, apalagi di bawah naungan perusahaan yang didirikan Yang Hyun-suk ini. Bahkan, sepanjang tahun 2022 saja sudah ada beberapa idol K-pop yang dikabarkan meninggalkan YG Entertainment, seperti Ye-dam dan Mashiho anggota TREASURE.

Lantas sebenarnya, siapa saja deretan idol yang tinggalkan YG Entertainment selama ini? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela.  

1. PSY

Dok. Internet

Park Jae-sang atau yang lebih dikenal sebagai PSY meninggalkan YG Entertainment setelah karier delapan tahun yang gemilang. Mak tak heran, kalau mencuatnya kabar tersebut sempat menghebohkan dunia K-pop dan menjadi berita terhangat pada Mei 2018. Penyanyi sekaligus produser rekaman yang terkenal karena lagu "Gangnam Style" ini sekarang mendirikan agensi sendiri bernama P NATION.

2. Epik High

Dok. Internet

Ada grup hip-hop Epik High secara resmi telah mengakhiri kontrak dengan YG Entertainment pada Oktober 2018. Grup yang terdiri dari Tablo, Mithra Jin dan DJ Tukutz ini dikenal karena menggabungkan berbagai genre musik dan kerap berkolaborasi dengan banyak musisi di setiap album mereka. Terhitung telah enam tahun bekerjasama, Epik High sempat merilis album Shoebox yang sangat menyita perhatian publik karena di lagu "Spoiler" menggandeng Jisoo BLACKPINK sebagai model video klip.

3. TOP BIGBANG

Dok. Internet

Choi Seung Hyun atau yang dikenal dengan nama panggung TOP Big Bang keluar dari agensi pada Februari 2022 karena tak memperpanjang kontraknya. Pihak YG Entertainment menjelaskan setelah 16 tahun bersama, rapper utama BIGBANG ini ingin memperluas karier individunya, TOP bisa saja menjajal sebagai aktor ataupun pengusaha. Meski begitu, penggemar tak perlu banyak khawatir, karena TOP tetap bisa bergabung dalam aktivitas Big Bang termasuk mengenai jadwal comeback.

4. Seungri BIGBANG

Dok. Internet

Kalau ini ada Seungri anggota BIGBANG yang memutuskan kontrak lebih dulu dengan YG Entertainment karena skandal Burning Sun yang semakin memanas. Seungri tak hanya keluar dari agensi namun juga grup. keputusan tersebut dipilih agar ia bisa fokus menjalani kasus hukum yang menyeret namanya. Laki-laki bernama lahir Lee Seung-hyun ini secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia K-pop sekaligus YG Entertainment pada 11 Maret 2019.

5. Taeyang BIGBANG

Dok. Internet

Penghujung 2022 ini diwarnai dengan kabar keluarnya Taeyang BIGBANG dari YG Entertainment. Agensi secara resmi mengumumkan bahwa penari utama BIGBANG ini akan memulai aktivitas di industri hiburan di bawah naungan The Black Label yang merupakan anak perusahan YG Entertainment. Ia bakal memulai langkah yang baru dan bekerja sama dengan produser kenamaan Teddy Park yang sukses menggarap beberapa lagu BLACKPINK.

6. Daesung BIGBANG

Dok. Internet

Sudah sempat dikhawatirkan penggemar, ternyata selang beberapa jam kemudian YG Entertainment juga mengumumkan kalau Daesung hengkang dari agensi per 26 Desember 2022. Keputusan tersebut muncul karena Daesung diketahui tak memperpanjang kontraknya. Meski begitu perwakilan pihak YG menyebutkan, bahwa lead vokal BIGBANG ini masih menjadi anggota dalam grup. 

7. Bang Ye-dam TREASURE

Dok. Internet

Bang Ye-dam resmi keluar dari grup TREASURE sekaligus dari agensi yang membesarkan namanya. Ia telah memutus kontrak eksklusif dengan YG Entertainment selaku agensi yang menaunginya pada 8 November 2022. Vokal utama dari grup yang sebenarnya beranggotakan 13 orang ini, memilih hengkang untuk fokus mengejar impiannya menjadi seorang produser.

8. Mashiho TREASURE

Dok. Internet

Tak hanya Bang Ye-dam, dalam waktu bersamaan YG Entertainment juga menyampaikan kalau Mashiho tak akan lagi melanjutkan karier bermusiknya di TREASURE. Setelah diskusi panjang bersama agensi, salah satu penari utama grup TREASURE ini keluar karena membutuhkan pemulihan yang memadai untuk kondisi kesehatannya. Meski begitu, Mashiho akan terus menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan TREASURE dan saling mendukung kegiatan masing-masing.

9. Yoo Byung-jae

Dok. Internet

Melihat skandal Burning Sun yang ternyata makin menyeret nama agensi, membuat komedian sekaligus penulis skenario Yoo Byung-jae meninggalkan YG sebelum kontraknya selesai. Yoo mulai dilirik YG Entertainment saat tampil dalam serial televisi pertamanya bertajuk The Superman Age pada tahun 2015. Pihak YG menyebut Yoo tak hanya sebagai aktor berbakat, namun ia dilengkapi kecerdasan sebagai penulis yang penuh ide kreatif.

10. B.I iKON

Dok. Internet

B.I yang dikenal sebagai leader iKON dilaporkan melakukan upaya pembelian LSD dan marijuana secara ilegal pada tahun 2016. Atas skandal tersebut, penyanyi sekaligus produser lagu ini akhirnya mengumumkan permintaan maaf pada penggemar dan menyatakan pengunduran diri dari iKON serta YG Entertainment pada awal Juni 2019. Kim Han-bin pertama kali di depan publik sebagai rapper di lagu "Indian Boy" milik MC Mong pada tahun 2009, barulah ia bergabung sebagai trainee YG Entertainment pada Januari 2011.

11. ONE

Dok. Internet

Penyanyi dan rapper solo ONE mengumumkan bahwa ia telah berpisah jalan dengan YG pada Juli 2019, dan mendirikan agensi tunggalnya sendiri. Musisi bernama asli Jung Jae-won ini sebenarnya memulai debut pada tahun 2015 sebagai anggota duo hip-hop 1Punch bersama dengan Kim Samuel, namun ONE kemudian pindah dari D-Business Entertainment ke YG Entertainment.

12. CL 2NE1

Dok. Internet

Setelah pembubaran 2NE1 pada 2016, Lee Chae-rin atau yang lebih dikenal sebagai CL diketahui tak memperpanjang kontraknya dengan YG Entertainment pada November 2019. Penyanyi sekaligus rapper dengan ganre K-pop dan hip-hop ini sekarang menjalani karier bermusik di label Verry Cherry SuneV. Kesuksesan CL bahkan sempat membawanya tampil di salah satu ajang festival musik besar di Indonesia pada September lalu.

13. LeeHi

Dok. Internet

Karier LeeHi bermula saat ia menjadi juara kedua dalam ajang K-pop Star Season (2012) melawan Park Ji Min, ia langsung dikontrak oleh CEO YG Entertainment, Yang Hyun-suk. Namun pada Desember 2019, penyanyi yang terkenal karena lagu "ONLY" ini mengumumkan bahwa YG bukan lagi agensi yang menaunginya. Hingga akhirnya, tak lama kemudian ia merilis album baru dengan label AOMG.

14. Go Joon-hee

Dok. Internet

Sepanjang tahun 2019, selain ditinggalkan musisi andalannya, beberapa aktor dan aktris dari divisi YG Stage juga memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka. Seperti sosok Go Joon-hee yang hanya mempertahankan kontrak selama dua tahun pada 2017-2019. Aktris yang sempat bermain di serial Untouchable ini, sekarang berada di bawah naungan C-Jes Entertainment. 

15. Oh Sang-jin

Dok. Internet

Ada pula sosok aktor sekaligus pembawa acara Oh Sang-jin yang memutuskan kontrak dengan YG Entertainment. Oh tercatat bergabung pada Februari 2017 dan meninggalkan YG Entertainment pada April 2019. Presenter yang sempat menyabet MBC Entertainment Awards ini akhirnya menandatangani kontrak dengan agensi baru IOK Company dan bertahan sampai kini.

16. Kim Hee-jung

Dok. Internet

Masih di tahun yang sama, aktris Kim Hee-jung yang mulai bergabung pada YG Entertainment pada Mei 2016 juga memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak. Sosok yang terkenal karena perannya sebagai permaisuri Gwanghae dalam film sejarah tahun The King's Face ini, sekarang menjadi bagian dari Sublime Artist Agency.

Itulah, deretan idol K-pop yang keluar dari YG Entertainment, adakah nama idol favoritmu? Tulis lewat kolom komentar, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life