Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Gratis dan Efektif Tambah Followers Instagram

Terapkan cara tanpa ribet untuk tambah followers Instagram

Nindi Widya Wati

Pertumbuhan pengguna Instagram meroket setiap tahun. Bahkan, Instagram sekarang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Hal ini menjadikan Instagram sebagai media sosial yang paling diminati, terutama sebagai tempat untuk mempromosikan sesuatu. 

Namun, menjadi pengguna Instagram yang kontennya bisa dilirik banyak orang tak cukup hanya mengunggah foto dan video. Maka agar akun Instagram memiliki daya tarik, faktor banyak pengikut di Instagram menjadi tujuan banyak orang. 

Lantas, bagaimana cara menambahkan pengikut Instagram dengan mudah? Berikut adalah 9 cara untuk mendapatkan lebih banyak pengikut di Instagram. 

1. Mulai follow Instagram artis dan selebgram

Instagram / raffinagita1717

Carilah akun Instagram artis atau selebgram yang followers-nya banyak dan cepat bertambah. Jika sudah menemukannya, buka tab followers mereka. Para akun yang baru mengikuti selebriti tersebut berada pada posisi atas. 

Ikutilah setidaknya 1015 akun dengan jeda sekitar 10 menitan untuk lanjut mengikuti akun lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari banned akibat penambahan follower yang tidak wajar. Jika tidak ingin menambah jumlah pengikut, kamu dapat berhenti mengikuti akun ini dalam beberapa hari. 

2. Jangan lupa follow dan unfollow

dailyedge.ie

Hampir sama dengan poin pertama. Setelah menemukan dan mengikuti beberapa akun dengan banyak pengikut, langkah selanjutnya adalah berhenti mengikuti dan kemudian mengikuti akun lain beberapa kali. Ini dapat diterapkan secara langsung ke beberapa pengguna atau satu pengguna.

Perhatikan, bahwa kamu dapat menggunakan tips ini namun memberi jeda 1-2 menit. Sebab jika spam follow dan unfollow akun lain, Instagram kamu berisiko terblokir. 

3. Jangan buat akun Instagram private

techzillo.com

Cara sepele namun biasanya tidak diperhatikan pengguna Instagram jika ingin menaikkan angka followers. Yakni justru mengunci Instagram, sehingga unggahan foto atau video yang diunggah tidak dapat terlihat oleh akun lain.  

Selain itu, jika akun Instagram dikunci maka orang yang akan menjadi pengikut baru harus menunggu. Maka, lebih baik mengatur Instagram menjadi mode publik, agar postingan terbaru berpotensi mendapat like dan komentar lebih banyak. Dengan begitu, membuat akun Instagram kamu lebih mudah dijelajahi dan orang lain akan mengikuti akunmu.

4. Rajin mengunggah konten yang menarik di waktu yang tepat

Instagram / rkive

Cara ini paling aman namun terbilang tricky. Alasannya, dibutuhkan kreativitas, kerja keras dan banyak berpikir. Karena untuk membuat sebuah konten yang menarik, kamu harus memikirkan betul-betul konsep pada laman Instagram-mu

Perlu diingat, jika ingin menambah followers harus sabar dan selalu ingin belajar membuat konten yang baik setiap harinya. Catatan lain, saat mengunggah harus tahu waktu yang tepat. Jika mengunggah pada weekdays, pilihlah sekitar pukul sepuluh pagi sampai sebelas siang. Sedangkan jika mengunggah pada weekend, atur waktu dari jam sembilan pagi sampai lima sore agar kontenmu dapat menjangkau banyak akun. 

5. Mencantumkan tagar atau hashtag

karnoff

Penggunaan hashtag atau tagar menjadi hal yang sangat penting jika kamu serius ingin memperbanyak followers. Dengan menggunakan hashtag membuat orang lain mudah menemukan fotomu karena sistem kerja hashtag adalah mengelompokkan foto berdasarkan hashtag yang sama.

Namun, jangan sembarangan menggunakan hashtag. Terlebih dahulu harus mempelajari hashtag apa yang sesuai dengan foto yang akan diunggah. Penggunaan 11 hingga 30 hashtag dalam satu foto akan lebih memancing interaksi pengguna lain di Instagram. Setelah itu, kamu bisa melihat perkembangan yang terjadi pada unggahan kontenmu.   

6. Siapkan foto dan gunakan filter terbaik

POPBELA.COM

Sebagai media sosial yang mengedepankan tampilan visual, maka mengunggah foto dengan kualitas premium adalah sebuah kewajiban yang patut dilakukan. Hal ini memang tidak mudah, harus sering berlatih untuk bisa menemukan angle terbaik dari suatu objek.

Selanjutnya, edit foto tersebut menggunakan filter pilihan. Filter yang digemari oleh banyak orang adalah temperatur berwarna hangat dan kontras. Sebab, akan mempunyai peluang 21 persen lebih banyak dilihat dan 45 persen banyak diberi komentar dan like.

7. Pandai dalam penulisan caption

Pexels.com

Sama halnya dengan hashtag, bagaimana kita menulis caption adalah sebuah kunci bagaimana menarik simpati orang lain. Salah satu cara untuk memikat perhatian khalayak melalui caption salah satunya dengan menambahkan titik-titik dan jarak sehingga orang merasa penasaran untuk melihat caption yang lengkap.

Cara lainnya, kamu bisa sertakan pertanyaan di akhir captionmu sehingga mengundang orang untuk mengisi kolom komentar sebagai bentuk respons terhadap postinganmu. Perlu diingat, saat menulis caption jangan sampai typo, ya, baca kembali dan cek ejaannya sebelum menekan tombol post.

8. Jangan mengunggah konten berbau SARA

Pexels

Jika ingin meningkatkan jumlah pengikut Instagram, hindari mengunggah konten berbau SARA. Alasannya, rata-rata para pengguna Instagram tidak menyukai postingan yang akan menimbulkan kebencian di antara umat beragam, suku maupun ras.

Jadi, jangan sekali-kali mencoba membuat konten seperti ini. Bukan pengikutmu yang bertambah, bisa jadi malah turun drastis.

9. Ikuti akun Instagram serupa

Pernah gak menemukan sebuah akun Instagram yang mirip dengan milikmu? Jika jawabannya iya, tidak perlu menghindarinya. Justru lebih baik ikut menjadi followers mereka. Setelah mengikuti akun tersebut berikanlah like dan komen untuk tiga foto terbaru yang baru saja diunggah.

Dengan meninggalkan like dan komen menunjukkan adanya ketertarikan terhadap akun dan postingan tersebut. Jika kalian melakukan ini kepada lebih dari satu akun, kalian memiliki peluang besar untuk menambah followers

Itulah 9 cara mudah menambah followers Instagram. Cara-cara tersebut sangat ekonomis karena tidak mengeluarkan uang sepeserpun, tidak menggunakan aplikasi tertentu, aman, dan tidak memerlukan setelan aplikasi lainnya.

Kunci agar angka followers Instagram bertambah adalah coba lakukan tips dan tentunya harus mau telaten ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life