Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tindakan Percuma Dalam Hidup yang Harus Dihindari

Perlu berpikir rasional dalam tiap tindakan

Nindi Widya Wati

Hidup memang di kelilingi banyak hal, termasuk sesuatu yang penting ataupun nggak seharusnya ada. Agar hidup berkualitas baik, maka kita harus mengetahui betul tentang apa-apa saja yang berarti. Termasuk, tahu soal betapa pentingnya diri ini dalam mengambil sebuah tindakan. 

Menyeimbangkan antara perasaan dan logika agar bisa memandang sesuatu dengan lebih rasional itu perlu. Lantaran, terkadang kita terlalu fokus memperhatikan hal percuma yang sebenarnya nggak akan mendatangkan bahagia. Lantas, apa saja sesuatu yang percuma dalam hidup dan seharusnya kita hindari? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela! 

1. Mencintai orang yang tidak mencintaimu

Pexels.com

Tiada yang lebih sakit dari mencintai seseorang tanpa ada feedback. Terlebih, kalau kamu rela mengorbankan materi, waktu dan tenaga untuk memprioritaskan dirinya, namun dia tidak membalasmu dengan cara yang sama.

Perlu diingat, cinta juga tetap butuh logika, agar kamu bisa masih dapat rasional dalam melihat dan menyikapi suatu keadaan. Lebih baik kalau menyayangi dirimu sendiri dan temukan orang-orang yang lebih bisa menghargai keberadaanmu.

2. Mudah baper dan berprasangka buruk

Pexels.com

Menjadi seseorang yang mudah baper kiranya bakal menyulitkanmu di banyak hal. Salah satunya, kamu akan membatasi diri dalam pergaulan hanya karena nggak ingin hatimu terluka. Bakal lebih buruk, kalau sifat tersebut membawamu larut dalam pemikiran-pemikiran negatif terhadap orang lain. 

Bila adanya sifat tersebut terus berlanjut, bisa saja mengganggu keharmonisan hubunganmu dengan orang-orang disekitarmu. Sebab orang bisa merasa nggak nyaman, karena harus berteman dengan seorang yang gampang baper dan mudah menaruh curiga.

3. Sering menjadikan omongan orang lain sebagai landasan hidup

Pexels.com

Selama kamu melakukan sesuatu masih di lajur yang benar, sebenarnya kamu tak perlu takut terhadap pandangan orang lain. Karena, dalam hidup ini kamu berhak menentukan segala keputusan yang terbaik bagimu. Bila hidup berpatokan dengan keputusan orang lain, kamu tidak menjadi diri sendiri. 

4. Sudahi berkumpul dengan orang-orang yang nggak satu frekuensi

Pexels.com

Lingkaran pergaulan memang jadi salah satu hal cukup penting. Namun, apa jadinya kalau orang-orang di sekitarmu hanya membuat kamu tak menjadi diri sendiri? Kalau terus dijalani, maka hanya akan melelahkan dirimu.

Meski di luar kamu terlihat ceria dan antusias, tapi di dalam hati kamu sebaliknya. Akan lebih menyenangkan kalau kamu berkumpul dengan orang-orang yang satu frekuensi denganmu, baik dari pemikiran ataupun gaya hidup. Buang jauh semua rasa gengsi yang masih mengakar pada dirimu. 

5. Kerap bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Pexels.com

Tiap orang punya alur cerita kehidupan yang berbeda-beda, serta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka, kalau terus membandingkan diri dengan orang lain berarti kamu nggak bersyukur dan selalu merasa rendah diri. Makin disayangkan, bila pemikiran tersebut akan membuat kamu mudah iri hati dan menjadi nggak bahagia.

6. Berlebihan menyukai sesuatu sampai terjebak fanatisme buta

Pexels.com

Kalau kamu gemar mengidolakan artis atau seseorang, perlu diingat agar jangan sampai berlebihan hingga terjebak dalam fanatisme buta. Lantaran, kamu harus tetap memiliki pemikiran rasional dalam memandang sesuatu. 

Apalagi, kalau kamu sampai berani bertengkar dengan siapa saja yang berani mengusik idolamu, baik itu didunia nyata atau pun didunia maya. Sikap mudah baper dan amarah pada sesuatu yang sebenarnya gak ada sangkut pautnya dengan dirimu sendiri, nantinya hanya akan merugikan dirimu sendiri, guys.

7. Larut memikirkan sesuatu yang nggak penting

Pexels.com

Ketimbang memikirkan sesuatu yang tidak memberi pengaruh dalam hidup, akan lebih baik kalau kamu lebih fokus terhadap diri sendiri. Karena, sebenarnya dalam hidup ini yang jadi prioritas utama adalah dirimu sendiri. Kamu bisa mengenal diri sendiri, merawat diri sebaik mungkin, dan hindari banyak menghindari diri dengan orang lain.

Demikianlah, beberapa tindakan percuma dalam hidup yang sebaiknya harus kita hindari. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life