Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Manfaat Positif Merantau Hingga Buka Jalan Karier

Tumbuhkan diri lebih baik di tanah rantau

Nindi Widya Wati

Pekerjaan yang baik dan ideal kiranya jadi dambaan banyak orang. Maka tak heran kalau beberapa orang rela merantau, bekerja yang berada di antar kota hingga antar negara. 

Walau penuh tantangan hingga culture shock, orang-orang yang berani merantau sebetulnya akan memperoleh beberapa manfaat positif. Bahkan, beberapa pengalaman merantau akan melatih diri seseorang saat terjun di dunia kerja ataupun masyarakat. Informasi mengenai manfaat positif merantau lebih lengkap dalam artikel berikut ini, Bela.

1. Potensi karier yang lebih baik lagi

Pexels.com

Patut diakui, kalau merantau berpotensi meningkatkan prospek karier yang jauh lebih baik. Meski, pada kenyataannya berjuang di tanah rantau tak semudah yang kita pikirkan. Biasanya, langkah awal kemudahan tersebut karena didukung keluarga, berani beradaptasi dengan baik, dan ada kemauan terus belajar.

2. Tingkatkan kemandirian diri

Pexels.com

Pergi merantau memang bukan perkara yang mudah, apalagi saat ternyata kamu harus menghadapi banyak tantangan dan kesulitan. Mengingat hal tersebut, tak jarang membuat para perantau tak kuat berjuang dan akhirnya kembali ke kampung halaman.

Berbeda cerita bagi kamu yang memutuskan untuk tetap berjuang di masa-masa sulit saat merantau. Karena dari segala tantangan dan kesulitan yang ada sebenarnya akan semakin menempa kemandirian diri. Serta, mengerti bahwa hanya diri kamu sendiri yang bertanggung jawab atas rasa senang ataupun kesedihan.

3. Kembangkan pengalaman dan profesionalitas

Pexels.com

Pengalaman kerap disebut sebagai guru terbaik juga sangat berlaku saat kamu jadi orang rantau. Lantaran, dari lingkungan atau orang-orang baru biasanya akan memberi banyak pengalaman dan pesan moral tersendiri. Berkat pengalaman bersosialisasi tersebut, menjadi cara untuk mengembangkan profesionalitas diri.

4. Bangun relasi yang luas

Pexels.com

Merantau membuat kamu akan bertemu dengan banyak orang baru, karakter dan latar orang yang berbeda-beda mungkin akan kamu temui di antara mereka. Meski demikian, jika kamu ada kemauan melatih diri untuk mengenal orang lain apalagi dalam dunia kerja. Maka, hal tersebut dapat memperluas relasimu hingga mempermudah prospek kariermu ke depannya.

5. Tumbuhkan kemampuan adaptasi yang baik

Pexels.com

Adaptasi dengan lingkungan baru, biasanya jadi hal cukup sulit bagi seseorang yang baru merantau. Terlebih, saat kamu benar-benar pergi ke tempat yang memiliki kultur, bahasa, hingga kebiasaan yang berbeda. Akan hal tersebut mungkin saja kamu bakal merasa tak cocok dengan warga lokal sekitar.

Namun, saat proses adaptasi perlahan dilakukan justru akan memberi banyak manfaat tersendiri. Hal yang paling terlihat adalah kamu akan menjadi pribadi yang lebih mudah menyesuaikan diri di mana pun. Sehingga, kamu tak kesulitan kalau bekerja di tempat baru atau dengan orang yang berbeda.

Demikianlah, beberapa manfaat positif yang bisa kamu dapat ketika jadi perantau. Perlu diingat, hal terpenting adalah menguatkan komitmen agar kamu ada kemauan beradaptasi dengan lingkungan secara lebih baik. Jadi, apakah berminat merantau untuk bekerja?

IDN Media Channels

Latest from Working Life