Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Profesi yang Paling Banyak Dibutuhkan di Tahun 2022

Adakah profesi impianmu?

Niken Ari Prayitno

Tahun baru menjadi kesempatan baru untuk kamu mengembangkan karier. Bahkan, ini juga menjadi saat yang tepat untuk menekuni bidang pekerjaan baru yang mungkin saja bisa membawamu untuk mewujudkan impian lebih cepat.

Melansir dari CareerFitter.com, ada 10 profesi yang diprediksi paling banyak dibutuhkan di tahun 2022. Lapangan pekerjaan dari profesi ini dibutuhkan karena begitu banyaknya permintaan di masyarakat sebagai dampak dari pertumbuhan kembali ekonomi dan industri yang sempat terhenti karena pandemi. 

Apa saja 10 profesi yang paling banyak dicari tahun 2022 tersebut?

1. Perawat dan tenaga kesehatan pribadi (homecarer)

Unsplash.com/CDC

Di urutan pertama profesi yang banyak dicari di tahun 2022 adalah perawat dan tenaga kesehatan pribadi atau yang disebut juga homecarer. Pasca pandemi, banyak orang mulai memperhatikan kesehatan mereka, serta semakin sadar untuk mulai memeriksakan diri ke tenaga profesional secara rutin.

Namun, mereka lebih nyaman untuk memeriksakan di rumah dibandingkan harus datang ke rumah sakit dengan alasan kesehatan dan keselamatan. Terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Maka dari itu, permintaan terhadap tenaga homecarer di tahun 2022 akan melonjak.

2. Perawat

Unsplash.com/Hush Naidoo

Bukan lagi kejutan ketika melihat profesi perawat masuk ke dalam daftar teratas yang akan paling banyak dicari tahun 2022. Sebab, profesi ini begitu banyak dibutuhkan mengingat pandemi belum juga usai dan kesadaran akan pentingnya kesehatan semakin meningkat.

Selama dua tahun terakhir, dunia telah kehilangan banyak tenaga perawat. Hal ini dikarenakan mereka menjadi garda terdepan untuk melawan pandemi. Tak berlebihan jika mereka juga disebut sebagai pahlawan karena jasa mereka telah menyelamatkan lebih banyak nyawa.

3. Software developer

Unsplash.com/This is Engineering Raeng

Semakin berkembangnya teknologi, terutama di zaman serba digital ini, maka semakin banyak pula tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengembangkannya. Software developer atau yang disebut dengan pengembang perangkat lunak menjadi salah satu profesi yang akan banyak dibutuhkan di tahun 2022.

Mulai dari pengembang untuk menjaga perangkat lunak bebas dari kekutu (bug), hingga yang mampu membuat perangkat baru demi mempermudah hidup di masa modern ini. Meski kamu membutuhkan gelar minimal diploma untuk melamar pekerjaan ini, namun tak sedikit perusahaan yang menerima tenaga pengembang yang hanya memiliki sertifikat dari pendidikan informal.

4. Analis riset pasar

Unsplash.com/Myriam Jessier

Fluktuasi ekonomi dan perdagangan selama dua tahun terakhir benar-benar tidak dapat diprediksi. Pandemi telah menghantam segala sektor, sehingga pertumbuhan dan pergerakannya sama sekali sulit diprediksi.

Di tahun 2022 mendatang, profesi analis riset pasar begitu banyak dibutuhkan. Sebab, banyak perusahaan lebih hati-hati melangkah sebelum mengambil keputusan. Tentunya, tak ada yang ingin merugi atau setidaknya menekan kerugian di masa yang sulit ini.

5. Teknisi turbin tenaga angin

Unsplash.com/Thomas Reaubourg

Energi terbarukan yang lebih bersih dan ramah lingkungan masih terus dicari untuk dikembangkan menggantikan energi berbahan dasar fosil yang kian menipis. Salah satu jenis energi terbarukan yang banyak digunakan adalah pembangkit listrik tenaga angin yang sudah banyak diterapkan di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Supaya pemanfaatan energi terbarukan ini semakin maksimal, dibutuhkan tenaga kerja profesional untuk mengurusnya. Teknisi turbin tenaga angin menjadi profesi yang banyak dicari di tahun 2022 nanti. Di Indonesia sendiri, teknisi turbin tenaga angin menjadi peluang yang besar untuk berkarier karena jumlahnya belum banyak.

6. Pemasang fotovoltaik tenaga surya

Unsplash.com/Bill Mead

Masih dari bidang energi terbarukan, matahari menjadi salah satu sumber energi yang banyak digunakan. Bahkan, karena alat-alatnya yang cukup terjangkau, siapapun bisa memanfaatkan energi ini mulai dari skala rumah tangga.

Masalahnya, tidak semua orang bisa memasang fotovoltaik tenaga surya atau panel surya dengan baik dan benar. Dibutuhkan tenaga profesional untuk memasangnya agar energi surya dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Di Indonesia pun tenaga pemasang fotovoltaik tenaga surya masih cukup sedikit. Dibutuhkan banyak tenaga profesional ini di tahun 2022 agar penggunaannya bisa semakin masif.

7. Koki

Unsplash.com/Mealpro

Pertumbuhan ekonomi, khususnya dari bidang kuliner dan pariwisata, diperkirakan akan mulai bangkit kembali di tahun 2022. Hal ini disebabkan karena gerbang perbatasan antara negara sudah mulai dibuka, izin bepergian yang mulai dilonggarkan, hingga dibukanya pusat-pusat perbelanjaan.

Menghadapi tahun yang penuh tantangan ini, setiap restoran dan hotel berlomba menyajikan yang terbaik untuk pelanggan mereka. Koki-koki terbaik pun dibutuhkan untuk memenuhi peluang tersebut.

8. Instruktur kebugaran

Unsplash.com/Sven Mieke

Pasca pandemi, kesadaran akan kesehatan masih terus meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang mulai rutin melakukan medical check up, hingga berolahraga.

Berbicara soal olahraga, memang banyak orang lebih memiliki melakukannya sendiri. Misalnya, dengan jogging atau mengikuti instruksi melalui YouTube. Namun, tak sedikit pula yang memilih untuk berlatih bersama instruktur kebugaran agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan secara maksimal.

Di tahun 2022 mendatang, seiring dengan dibukanya kembali pusat-pusat olahraga, kebutuhan akan tenaga instruktur kebugaran juga meningkat.

9. Agensi dan manajemen artis

Unsplash.com/Oleg Ivanov

Bisa dibilang dengan adanya media sosial, orang-orang jadi mudah terkenal. Mereka hanya perlu mengunggah konten di media sosial dan begitu orang-orang menyukainya, ia akan dengan mudah mendapatkan banyak followers.

Keuntungan dari banyaknya followers adalah adanya pemasukan dari iklan yang datang. Jika pemasukan ini sudah begitu banyak, mereka membutuhkan agensi atau manajer pribadi untuk mengaturnya. 

Di tahun 2022, agensi dan manajer artis banyak dibutuhkan. Hal ini seiring dengan begitu banyaknya bintang baru yang akan muncul.

10. Makeup artist

Unsplash.com/Raphael Lovaski

Profesi yang paling banyak dicari di tahun 2022 selanjutnya adalah makeup artist. Menurut prediksi, profesi ini sejalan dengan begitu banyaknya figur publik baru yang akan bermunculan di tahun depan. Sehingga, kebutuhan akan jasa perias juga meningkat.

Untuk menjadi seorang makeup artist kamu bisa memanfaatkan sekolah formal. Atau, kamu bisa mengikuti kursus berlisensi agar jasa riasmu terpercaya dan kredibel.

Itulah tadi daftar profesi yang banyak dibutuhkan di tahun 2022 mendatang. Apakah ada profesi impianmu?

IDN Media Channels

Latest from Working Life