Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Dihabiskan Semua, ini 5 Tips Manfaatkan Uang THR untuk Tabungan

Sisihkan sebagian untuk mengembangkan aset milikmu

Niken Ari Prayitno

Ramadan telah memasuki minggu ketiga dan tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Itu artinya sebagian besar masyarakat Indonesia telah menerima Tunjangan Hari Raya alias THR, kamu mungkin jadi salah satunya.

Menurut peraturan Kementerian Ketenagakerjaan, THR wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan. Jika tidak cermat, THR akan habis begitu saja, mengingat kebutuhan menjelang Lebaran sangatlah banyak. Mulai dari membagikan THR kepada orang tua, adik-adik, keponakan, membelikan baju baru, gemas dengan pernak-pernik hiasan Lebaran, hingga untuk memasak berbagai macam hidangan khas Lebaran yang lezat. 

THR memang sejatinya diberikan oleh pemberi kerja untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pekerjanya dalam menyambut hari Lebaran. Tapi, jangan sampai THR kamu hanya lewat begitu saja. Tidak ada salahnya, jika kita mengelola sebagian dari uang THR yang kita dapatkan untuk tabungan masa depan.

Supaya nggak habis begitu saja, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan uang THR dengan bijak, khususnya sebagai tabungan di masa depan. Simak, yuk!

1. Niatkan tekad untuk menabung

Unsplash.com/Simon Mumenthaler

Tips pertama agar THR kamu nggak habis begitu saja adalah sisihkan untuk ditabung. Ingat, ketika mendapat THR langsung kamu sisihkan dan bukan menunggu sisanya untuk ditabung.

Selain akan sangat berguna untuk masa depan, menabung juga dapat mencegah kamu untuk berperilaku konsumtif dengan membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Mulai menabung sekecil apapun, sangat berarti untuk dapat membentuk kebiasaan baik di masa depan.

2. Alokasikan sebagian untuk dana darurat

Unsplash.com/Konstantin Evdokimov

Sesuai dengan namanya, dana darurat berfungsi sebagai sumber dana yang dapat kamu gunakan untuk hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, seperti saat terkena PHK, munculnya pandemi, kebutuhan mendadak, atau membetulkan kendaraan yang tiba-tiba saja mogok.

Dana darurat merupakan salah satu bagian dalam perencanaan keuangan yang wajib dimiliki. Sebab, dengan memiliki dana darurat yang memadai dapat mencegah kamu memiliki hutang, menutupi biaya mendesak, bahkan dapat menjadi dana untuk masa depan.

3. Sisihkan untuk memenuhi kebutuhan asuransi

Unsplash.com/Vlad Deep

Asuransi sangat penting untuk dimiliki di saat ini. Memiliki asuransi dapat dikategorikan sebagai menabung. Sebab, asuransi dapat berguna untuk keadaan-keadaan mendesak di luar ekspektasi dan tidak diinginkan, seperti saat kecelakaan, kematian, dan kondisi kesehatan yang memburuk. Kerugian-kerugian atas kejadian tersebut dapat diminimalkan dengan asuransi yang sudah kamu miliki.

4. Menyiapkan dana pensiun sedikit demi sedikit

Unsplash.com/Esther Ann

Tabungan pensiun dapat menjadi jaminan di hari tua saat usia kita sudah tidak produktif lagi. Hal tersebut dilakukan agar di masa tua, kita masih dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menggunakan uang THR untuk dialokasikan ke dana pensiun merupakan suatu hal yang bijak. Sebab, jika membutuhkan dana pensiun yang besar dan mampu memenuhi kebutuhan kita di masa tua nanti, perlu dicicil mulai dari sekarang, bukan?

5. Perluas portofolio investasi

Unsplash.com/Firmbee Com

Dengan mengalokasikan THR untuk berinvestasi, kamu dapat memiliki masa depan yang aman dan tenang. Saat ini sudah banyak instrumen investasi yang memudahkan kamu untuk mulai berinvestasi. Mulai dari emas, saham, reksadana, sampai kripto. Belakangan kripto menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dan menjadi salah satu dari lima instrumen investasi terpopuler bersama dengan emas. 

Berada dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, berinvestasi menggunakan THR merupakan langkah yang bijak untuk dilakukan. Jadi, uang THR-mu tidak habis begitu saja, bukan?

IDN Media Channels

Latest from Working Life