Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jadi Tren, ini Deretan Selebritas yang Bikin Koin Kripto dan NFT

Artis hingga pejabat rilis token dan NFT, bisa dipilih nih!

Niken Ari Prayitno

Investasi melalui non-fungible token (NFT) dan aset kripto belakangan ini makin banyak dibicarakan masyarakat. Investasi kripto dikenal lebih dahulu ketimbang NFT dan keduanya sama-sama menggunakan blockchain sebagai sarananya. 

Perkembangan kripto sebagai investasi sangat pesat, hingga bukan lagi sebatas token atau koin konvensional yang dikenal sebelumnya seperti Bitcoin atau Ether. NFT menjadi pilihan investasi berikutnya yang jadi hype.

Salah satu penyebab jenis investasi ini kian dilirik adalah fenomena kesuksesan seorang pemuda bernama Sultan Gustaf Al Ghozali. Pria yang dikenal sebagai Ghozali Everyday itu meraup cuan hingga miliaran rupiah dalam waktu singkat lewat NFT.

Banyak orang akhirnya mengunggah berbagai gambar mereka ke marketplace NFT demi bisa mendapatkan keuntungan yang besar seperti Ghozali. Artis dan publik figur tak mau ketinggalan berkecimpung di investasi yang ngetren ini. Mereka merilis token atau koin kripto dan menjual NFT mereka sendiri. 

Siapa saja tokoh terkenal yang terjun di blockchain melalui NFT dan aset kripto?

1. Denny JA

IDNTimes.com/Indiana Malia

Denny JA mungkin adalah publik figur pertama yang meluncurkan karya NFT-nya. Ia tercatat menjual lukisan dirinya berjudul "A Portrait of Denny JA 40 Years in the World of Ideas" pada 16 April 2021 melalui platform OpenSea.

Bukan cuma gambar digital, lukisan yang menyerupai wajahnya tersebut diketahui dibuat berdasarkan 102 sampul buku karya Denny, yang telah ditulisnya selama 40 tahun berkarya dan dilukis oleh Galam Zulkifli. Hanya selang enam hari, lukisan tersebut ditawar dan terjual dengan harga 27,5 ETH atau sekitar Rp1 miliar.

2. Luna Maya

Instagram.com/lunamaya

Luna Maya merupakan salah satu artis yang pertama terjun di dunia blockchain. Ia menggandeng kreator NFT asal Jepang, Tokau dan meluncurkan karya digital hanya 10 item pada Juni 2021. Luna Mata menjual karyanya melalui platform NFT populer seperti Bakery Swap dan Binance.

3. Syahrini

Instagram.com/Princessyahrini

Syahrini meluncurkan NFT-nya pada 14 Desember 2021 lalu melalui Binance. Syahrini memiliki sekitar 17.800 unit NFT dan dijual dengan harga 20 Binance USD (BUSD) atau sekitar Rp286 ribu.

Hebohnya, baru satu hari dipasarkan, karya NFT Syahrini diketahui langsung laris manis dan habis terjual dalam waktu kurang dari 10 jam.

4. Anang Hermansyah

Instagram.com/ananghijau

Anang meluncurkan tokennya bernama ASIX. Melalui token ini, Anang mengajak para pengguna memainkan beragam game berteknologi blockhainGame yang bisa dimainkan merupakan game dengan tema tradisional khas Indonesia, seperti congklak dan layangan.

Sebagian pihak meyakini kalau marketplace NFT milik Anang Hermansyah ini nantinya bisa jadi yang terbesar di Asia.

Sayangnya token ASIX belum mengantongi izin Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan, sehingga dilarang diperdagangkan di Indonesia. Anang mengatakan memang token ASIX baru diperdagangkan di platform transaksi kripto asing yang bernama Pancake Swap.

"ASIX saat ini tersedia di Pancake Swap, bukan di exchanger Indonesia. Jadi, ASIX hanya bisa diakses dan dibeli dari Wallet Crypto (Pancake Swap)," tulis Anang melalui akun Instagram-nya @ananghijau.

5. Ridwan Kamil

Dok. IDNTimes.com

Gubernur Jawa Barat ini juga diketahui menjual lukisan milik salah satu seniman yang biasa berkarya di Jalan Braga, Bandung. Lukisan tersebut akhirnya dijual dengan harga 0,09 ETH atau sekitar Rp4,2 juta.

Eks Walikota Bandung ini mengaku akan membuat akun di salah satu platform NFT, yakni OpenSea untuk membantu menjual berbagai macam karya seniman lainnya yang ada di Kota Bandung secara kolektif untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

6. Wirda Mansur

Instagram.com/wirda_mansur

Putri dari Ustaz Yusuf Mansur ini menjadi yang teranyar yang masuk dalam dunia blockchain.

Pengumaman dirinya akan membuat koin kripto sendiri diungkap dalam unggahan di Instagram pribadinya @Wirda_Mansur. Dalam unggahan berupa video singkat di feed Instagram, ia memperlihatkan logo koin crypto yang akan ia luncurkan pada 14 Februari 2022.

"Mohon doanya buat token @icoin.id InsyaAllah TO THE MOON. Jangan ampe kelewat, tuh nanti, hehe," tulis Wirda.

Wirda menjelaskan, sejak dini millennials harus akrab dengan kecanggihan teknologi. Sebab, jika masih takut untuk memulai dengan dunia digital akan tertinggal.

"Di Februari 2022 ini InsyaAllah gue akan launch token Crypto baru. I-COIN," ujar Wirda.

7. Bumilangit

IDNTimes.com/Jihaan Risviani Tabriiz

PT Bumilangit Digital Mediatama (BLDX), perusahaan patungan milik PT Digital Mediatama Maxima Tbk dan PT Bumilangit Entertainment pada Selasa, 12 Desember 2021 meluncurkan karya seni digital berbasis teknologi blockchain atau NFT perdana dengan karakter Gundala dan Sri Asih.

Hanya dalam waktu kurang dari satu jam setelah diluncurkan, NFT dengan karakter Gundala batch pertama sebanyak 46 unit langsung terjual habis diserbu para kolektor. NFT Bumilangit menampilkan desain karakter Gundala dan Sri Asih versi komik legendaris Indonesia dan dihadirkan dalam bentuk video, gif, atau image, dengan berbagai pose superhero yang menarik.

Setiap image dari NFT Bumilangit akan menjadi hak milik untuk setiap pembeli dengan autentifikasi menggunakan teknologi blockchain. Hal tersebut menjadikan NFT Bumilangit sebagai barang koleksi digital dan masyarakat yang sudah memiliki aset kripto berupa Etherium dapat segera membelinya di www.bumilangitdigital.com/nft.

Direktur Utama BLDX Budiasto Kusuma menambahkan, NFT Bumilangit yang diterbitkan tersedia sebanyak 356 unit untuk karakter Gundala dan 381 unit untuk karakter Sri Asih.

Sementara peluncurannya dilakukan secara bertahap yakni setiap dua minggu dengan 100-150 unit NFT. Adapun untuk batch pertama yang diluncurkan hari ini adalah 46 unit karakter Gundala dan 55 unit karakter Sri Asih. 

Bagaimana, Bela? Melihat deretan artis yang terjun ke dunia NFT ini, apakah kamu tertarik untuk ikutan juga?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul: "Deretan Selebritas yang Bikin Koin Kripto dan NFT, Luna Maya Pertama?" ditulis oleh Helmi Shemi

IDN Media Channels

Latest from Working Life