Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ulang Tahun, Ini Tato Jungkook BTS & Makna di Baliknya

Tato Jungkook semakin penuh satu lengan

Natasha Cecilia Anandita

Tato bukan menjadi hal asing dan tabu lagi di kalangan Idol K-pop. Beberapa dari mereka terlihat menggambar tato di bagian tubuhnya. Baik untuk kegiatan promosi album atau single terbaru, atau memang ingin berkreasi dengan seni menggambar di tubuh. Salah satu Idol yang terlihat memiliki tato adalah anggota BTS.

Jungkook, sang golden Maknae BTS ini memang dikenal memiliki selusin tato di tubuhnya. Setelah beberapa waktu lalu menambah beberapa tato baru yang terlukis dari bahu kanannya ke jari-jarinya, kini ia terlihat telah menambah lagi beberapa tato, termasuk tato persahabatan BTS, menyegarkan kembali tatonya dan memberi warna. 

twitter.com/jjkmuggle

Artis tato bernama Polyc membagikan ceritanya di akun Instagram miliknya tentang bagaimana ia bisa bekerja sama dengan Jungkook untuk menghias dan menyegarkan kembali tato sang idol. Ia juga menambahkan tato namanya di lengan Jungkook.

Tato Jungkook memiliki maknanya sendiri, dan penggemar pun tertarik serta penasaran dengan gambar dan makna dari tato-tato tersebut. Mereka akhirnya berhasil mengumpulkan foto-foto tato ini dan meneliti artinya. Berikut ada lima tato Jungkook beserta maknanya melansir dari Koreaboo, serta beberapa tato terbaru yang disegarkan oleh Jungkook. 

Tato Jungkook dan makna di baliknya

1. Harimau

twitter.com/btsbaragi_jk
twitter.com/btsbaragi_jk

Jungkook diketahui memiliki seekor harimau, tapi bukan harimau asli, ya,  melainkan tato harimau. Tato tersebut berada di lengannya, lebih tepatnya di bawah lekukan siku. Gambar harimau ini ternyata adalah harimau istimewa yang memiliki ikatan khusus dengan budaya Korea.

Tato harimau tersebut berbentuk seperti semenanjung Korea. Korea sendiri pernah menjadi rumah bagi populasi harimau yang besar dan dikenal sebagai “Negeri Harimau.” Dalam budaya Korea, harimau dipuja dan menjadi hewan kesayangan yang memainkan peran penting dalam mitologi dan seni Korea.

2. Kunci treble

twitter.com/jeonsbabie

Jungkook menambahkan treble clef di sebelah tato “rather be dead than cool” dan “may hay while the sun shines”. Tato berbentuk kunci G ini adalah simbol musik yang biasa terlihat pada garis paranada dan digambarkan dalam seni.

Pada piano, misalnya, kunci treble menandai nada yang lebih tinggi, mulai dari E. Jungkook sendiri memiliki rentang vokal yang fleksibel, ia sering menyanyikan nada-nada tinggi untuk lagu-lagu BTS. Kunci treble Jungkook muncul berlawanan dengan tato lainnya, mikrofon. Keduanya menjadi perpaduan sempurna.

3. Awan badai

twitter.com/peachcrushJK

Tato berikutnya adalah gambar awan hitam tebal atau dapat dikatakan awan badai. Tato awan badai dengan petir ini bisa dimaknai untuk mewakili beberapa hal, seperti kesulitan, perubahan tak terduga, atau kekuatan.

Tapi bisa saja gambar tersebut memang pilihan murni Jungkook sebagai estetika di lengannya. Usut punya usut, Jungkook pernah menyebutkan minatnya pada awan selama siaran langsung dan menggambarnya dalam karya seninya.

4. Jam

twitter.com/peachcrushJK

Jungkook diyakini telah menambahkan tato jam ke lengannya setelah lagu solonya "My Time" dirilis pada tahun 2020. Jam itu mungkin mewakili lagu solonya dan sesuai dengan tema tersebut. Dalam "My Time", Jungkook bernyanyi tentang tumbuh dalam sorotan dan mencoba menemukan waktunya.

5. XCVII

twitter.com/peachcrushJK
koreaboo.com

Selama tahun 2021 dalam konser Muster Sowoozoo, penggemar melihat beberapa tato Jungkook yang sebelumnya tidak terlihat, termasuk seekor kerbau yang digambarkan dengan "XCVII".  Kerbau sendiri melambangkan tahun kelahiran Jungkook, "Tahun Kerbau", sedangkan "XCVII" adalah tahun 1997 dalam angka Romawi. Rekan '97 liner Jungkook lainnya, seperti BamBam dan Yugyeom GOT7 juga memiliki tato "XCVII".

twitter.com/jjkkth

6. Tato persahabatan "7"

instagram.com/polyc_sj

Setelah sepakat akan membuat tato persahabatan di antara para member BTS, kini giliran Jungkook yang memperlihatkan tato persahabatan mereka. Berbentuk angka “7”, Jungkook memilih bagian leher dekat bagian bawah belakang telinganya untuk menampilkan tato persahabatan tersebut.

Berikan warna dan cover-up tato lamanya

Beberapa tato Jungkook yang terlihat baru dan berbeda, di antaranya ada tato “Bullet Proof”, mikrofon dan bunga yang kini diberi warna. Tato awannya juga disegarkan kembali dan diberi shadow. Pada tato “Winners Never Quit” , tulisan tersebut diberi warna biru, merah, dan oranye. Tato jam juga semakin cantik dan klasik dengan warna gold.

Tato bergambar topeng juga diberi warna sehingga terlihat semakin hidup. Tato tulisan “Rather be dead than cool" dan "Make hay while the sun shines” diberi shadow warna merah dan biru yang serasi dengan tato mikrofon serta “Bullet Proof”-nya.

Tapi sepertinya, tato harimau di lengan Jungkook di bawah tato awan juga diubah dengan tato matahari. Tato tiga garis hitam juga telah berubah menjadi seekor ular hitam. Kamu bisa melihat beberapa penyegaran dan tato baru Jungkook di unggahan Polyc yang terlampir berikut. 

Setelah lihat tato baru Jungkook, bagaimana pendapatmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life