Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Viral Lagi karena Sang Istri Melahirkan, ini Profil Vincent Raditya

Pilot dan Youtuber yang pernah dibatalkan izin terbangnya

Natasha Cecilia Anandita

Kapten Vincent lagi-lagi menjadi perbincangan hangat oleh warganet. Kali ini bukan karena kontennya atau dugaan bahwa dirinya merupakan afiliator Binary Option, seperti Doni Salmanan dan Indra Kenz, melainkan masalah rumah tangganya.

Pasalnya, belum genap satu minggu mengumumkan pernikahannya, sang istri Fanny Margaretha, sudah melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Avelina Raditya. Sontak hal ini memancing komentar warganet di media sosial Vincent.

Kapten Vincent pun banyak mendapat serangan warganet di kolom komentar Instagramnya, tapi tak sedikit juga yang baru mengenalnya dan penasaran dengan sosoknya. Kapten Vincent sendiri merupakan pilot sekaligus naravlog YouTube. Ia sering membagikan konten seputar aviasi untuk memberi edukasi bagi masyarakat.

Berikut profil Kapten Vincent pilot dan Youtuber. Simak, yuk!

Pilot dan Youtuber berusia 37 tahun

instagram.com/vincentraditya

Vincent Raditya atau biasa disebut dan dikenal sebagai Kapten Vincent, lahir pada 7 November 1984. Ia adalah seorang pilot dan naravlog YouTube asal Indonesia. Ia memulai kariernya sebagai pilot maskapai penerbangan dengan rating Airbus A320 sejak 2010.

Ia gemar merekam seputar dunia penerbangan melalui vlog di akun YouTube-nya. Kehidupan rumah tangganya kerap menjadi perbincangan dan viral. Di tahun 2017 ia diketahui bercerai dengan istrinya yang sudah memberikannya dua anak. Di tahun yang sama pula, ia akhirnya menikah dengan Novita Condro dan bersamanya memiliki dua anak.

Beberapa waktu lalu, ia juga sempat mengunggah sindiran berupa foto di Instagramnya mengenai keretakan di rumah tangganya dikarenakan kehadiran pihak ketiga. Namanya pun menjadi perbincangan hangat. Namun, kini sudah memberikan klarifikasinya.

Memulai karier sebagai pilot

instagram.com/vincentraditya

Kapten Vincent memulai kariernya sebagai seorang pilot dengan rating Airbus A320. Ia pernah berkarier pada maskapai penerbangan Batavia Air (2010-2012), Citilink (2012-2014), dan Batik Air (2014-2020).

Jadi YouTuber sejak 2012

instagram.com/vincentraditya

Kapten Vincent mulai mengunggah konten seputar penerbangan sejak 10 tahun lalu atau sekitar tahun 2012. Ia kerap menggungah konten kehidupannya sebagai pilot, informasi seputar aviasi atau penerbangan.

Ia mulai viral pada 2018, saat ia sempat melakukan siaran di Tower Pemandu Lalu Lintas Udara di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu, pagi hari tepat sebelum Gempa bumi dan tsunami Sulawesi, 28 September 2018.

instagram.com/vincentraditya

Lalu pada 29 Oktober 2018, saat terjadi kecelakaan Lion Air Penerbangan 610, ia juga turut membongkar kondisi maintenance atau pemeliharaan pesawat di Lion Grup, karena banyak mendapat pertanyaan terkait keamanan terbang dengan maskapai Lion Air. Beberapa rekannya mengontaknya karena kejadian tersebut, serta mengubah tiket Lion Air ke tiket Batik Air.

Kanalnya pun mulai populer, dan videonya semakin banyak ditonton. Kariernya sebagai naravlog YouTube juga semakin meroket di samping karier pilotnya. Banyak orang menggemari konten seputar penerbangan karena pembawaan dari Kapten Vincent maupun karena parasnya yang menawan. Kapten Vincent juga sering berkolaborasi dengan Youtuber otomotif.

Sempat dicabut izin terbangnya

instagram.com/vincentraditya

Semakin sukses, pada 10 Maret 2019, Kapten Vincent membuat video yang menyatakan bahwa dirinya membeli pesawat Cessna 172 dari hasil YouTube, saat jumlah subscriber mencapai 1,2 juta.

Pada 13 April 2019, ia mengunggah video YouTube dengan pesulap master Limbad. Ditujukan untuk mengedukasi tentang manuver zero gravity, namun ia malah kehilangan izin terbangnya. Pasalnya, video tersebut menuai pro dan kontra.

Dalam videonya, Kapten Vincent mencoba master Limbad untuk buka suara setelah dijahili dengan manuver zero gravity pada pesawat Cessna 172. Ia mendapat kecaman dari warganet, karena telah merusak reputasi master Limbad. Kemenhub juga menyatakan bahwa dirinya terbukti melakukan kesalahan. 

instagram.com/vincentraditya

Ada tiga bukti pelanggaran yang dilakukan Kapten Vincent Raditya, sehingga Kemenhub membatalkan izin terbangnya terkait pesawat single engine.

1. Capt Vincent Raditya pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY dengan membawa penumpang yang duduk di samping Pilot (Hot Seat), tidak menggunakan shoulder harness sesuai ketentuan dalam CASR 91.105 dan CASR 91.107.

2. Capt Vincent Raditya memberikan kendali terbang pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY kepada orang yang tidak berwenang. Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan dalam CASR 91.109.

3. Capt Vincent Raditya pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY dengan sengaja melakukan exercise G Force (zero gravity) kepada penumpang umum.

Meski begitu, pembatalan izin ini tidak terkait pada kariernya yang saat itu masih menjadi pilot di Batik Air, karena jenis pesawat yang berbeda.

Kekayaan miliaran, Kapten Vincent juga punya kapal pribadi

Tak hanya memiliki pesawat pribadi, Kapten Vincent juga memiliki kapal sendiri. Ia tentu juga mampu mengendarainya seperti pada konten kolaborasi Kapten Vincent dengan Ria Ricis. Tak sedikit video mengendarai kapal ferry miliknya yang ia bagikan di YouTube.

Saat ditanya berapa harga kapal miliknya, Vincent seolah enggan untuk memberitahukannya, namun ia memberi perkiraan harganya mencapai Rp1 miliar, begitu juga dengan pesawat pribadi miliknya yang mungkin mencapai miliaran rupiah.

Hobi menyanyi

Selain mahir dalam perkapalan dan penerbangan, Kapten Vincent juga gemar menyanyi dan memiliki suara yang bagus. Ia kerap membagikan cover lagu di YouTube. Bahkan Kapten Vincent sendiri memiliki sebuah single bertajuk “Mengapa Harus Jumpa”, yang dirilis pada tahun 2018 dan bisa kamu dengarkan di Spotify.

Pamer mobil mewah hasil trading

instagram.com/vincentraditya

Melalui akun Instagramnya, Kapten Vincent juga sering membagikan foto dirinya bersama mobil-mobil mewahnya dengan caption yang memotivasi maupun lainnya. Hal itu membawa banyak spekulasi dan dugaan bahwa ia juga ikut mempromosikan aplikasi trading ilegal bernama Oxtrade.

Vincent bahkan pernah menyebutkan bahwa mobil mewah miliknya adalah hasil dari trading. "Halo guys good morning, hari ini kita akan melakukan aktivitas yang cukup padat, kita akan naik mobil ini yang hasilnya kita dapatkan dari Oxtrade," ucap Vincent.

Itulah profil dari Kapten Vincent pilot dan Youtuber yang diduga menjadi afiliator Binary Option. Ada hal lain yang kamu tahu juga mengenai Kapten Vincent, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life