Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pernah Terjerat Narkoba dan Terpuruk, Perjalanan Hidup Sheila Marcia

Sheila Marcia: "Tuhan nangkep gue di waktu yang tepat"

Natasha Cecilia Anandita

Aktris dan model Sheila Marcia kembali ramai diperbincangkan setelah podcast-nya bersama Deddy Corbuzier. Sheila Marcia sendiri dikenal saat membintangi film Ekskul (2006), Tentang Cinta (2007) dan Kereta Hantu Manggarai (2008).

Sheila juga dikenal dengan gayanya yang tomboy, tidak terlalu peduli dengan penampilan dan cuek. Namun kini, perlahan gayanya berubah menjadi lebih feminim, bahkan cara berbicaranya pun juga berubah. Saat ditanya Deddy apa yang membuatnya telah berubah, ia tidak tahu alasan jelasnya, tapi ia mengaku dirinya lebih bahagia sekarang.

Pernah lalui masa sulit, ini fakta-fakta perjalanan hidup Sheila Marcia.

Memulai karier dari finalis GADIS Sampul dan terjun ke seni peran

instagram.com/itssheilamj

Memiliki paras cantik, Sheila Marcia memulai kariernya sebagai finalis GADIS Sampul 2004 dan menjadi seorang model. Berselang dua tahun setelahnya, pada 2006, Sheila mulai terjun ke dunia akting.

Film pertamanya adalah Ekskul, yang ia bintangi bersama Ramon Yusuf Tungka (VJ Ramon) dan Metha Yunatria. Sheila kemudian membintangi film horor, Hantu Jeruk Purut (2006) yang kemudian melambungkan namanya.

Tak hanya di layar lebar, Sheila juga banyak membintangi sinetron layar kaca yang kembali melejitkan namanya dan beradu akting dengan artis-artis ternama lainnya. Kariernya di dunia hiburan termasuk membintangi berbagai acara TV, mulai dari talkshow hingga komedi.

Ia juga didapuk menjadi model video klip dari beberapa musisi ternama, seperti Padi dan Peterpan. Nama Sheila Marcia sempat surut karena sederet kontroversinya, namun ia tercatat masih berakting hingga tahun 2019 lalu.

Rambah dunia musik, Sheila Marcia rilis single

instagram.com/itssheilamj

Tak cukup hanya di seni peran, Sheila juga melebarkan sayapnya ke dunia musik. Ia merilis lagu pada tahun 2008 lalu yang berjudul "Damai Bersamamu" di bawah naungan label milik penyanyi dangdut Inul Daratista. Namun, single itu jeblok di pasaran karena ia tidak bisa melakukan promo yang disebabkan penahanannya atas kasus narkoba.

Setelah bebas dari tahanan, Sheila digandeng perusahaan rekaman Trinity Optima Production dan merilis single "Malaikat Kecilku" pada Agustus 2010, ciptaan drummer grup band ST 12 Pepep. Lagu tersebut ia dedikasikan untuk putrinya, Leticia Charlotte Agraciana.

Tersandung kontroversi dan penahanan akibat kasus narkoba

instagram.com/itssheilamj

Saat berada di puncak karier, Sheila harus terlibat kontroversi. Pada hari Kamis, 7 Agustus 2008, Sheila tertangkap tangan sedang berpesta narkoba di apartemen Golden Sky Pluit bersama 4 orang lainnya dan langsung diamankan di Mapolsek Penjaringan.

Sheila dinyatakan bebas dari penjara hari Jumat, 6 Maret 2009 silam. Senin 7 September 2009, Sheila kembali ditangkap untuk menuntaskan masa tahanannya dalam kondisi hamil 2 bulan. Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada 10 Februari 2010, Sheila menghirup udara kebebasan setelah menjalani sisa masa tahanannya dengan perut yang sudah membuncit, saat itu kehamilannya memasuki bulan ke-8.

Kala itu Sheila belum menikah dan sosok ayah dari anaknya masih dirahasiakan. Sheila melahirkan anak pertamanya pada 24 Februari 2010 di RS Harapan Bunda, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Anak pertamanya ini berjenis kelamin perempuan yang diberi nama Leticia Charlotte Agraciana Joseph.

Pada tanggal 9 April 2010, barulah diketahui ayah biologis Leticia Charlotte Agraciana Joseph diungkapkan, yakni Erdian Aji Prihartanto (Anji "Drive").

Pernah tersandung narkoba dan pergaulan bebas, Sheila Marcia: ā€œGue busuk.ā€

instagram.com/itssheilamj

Dalam podcast bersama Deddy Corbuzier, Sheila mengaku bahwa dirinya dulu sangatlah buruk. Ia bercerita bahwa pernah mengalami masa sulit, di-bully waktu SD dan tidak ada yang mau berteman dengannya, masalah keluarga, hingga akhirnya mencari pelarian.

Sayangnya, pelariannya membawanya kepada hal-hal duniawi yang merugikan. Dahulu dirinya pun berpenampilan seadanya dan tampak sangat cuek. Ia juga mengaku pernah mengonsumsi narkoba seperti yang telah terungkap dengan kasus penahanannya. Merokok, bertato, pergaulan bebas, dan hal lainnya yang menurutnya busuk telah ia jalani.

Namun, ia merasa bahwa hal tersebut hanyalah kenikmatan sesaat dan pasti akan ada masalah setelahnya. Ia juga pernah menikah dengan Kiki Mirano pada 2011 lalu tapi gagal membina rumah tangganya dan berujung pada perpisahan di tahun 2015.

Kini berubah dan makin feminin

instagram.com/itssheilamj

Melalui pasang surut, up and down, yang ia lalui, kini dirinya terlihat semakin berubah dan feminin, cara bicaranya pun semakin dewasa. Deddy Corbuzier menyadari hal itu dan bertanya kepada Sheila mengapa dirinya bisa berubah seperti ini.

Sheila sendiri tidak tahu pasti jawabannya, tapi yang ia yakini dirinya saat ini lebih bahagia dan merasa disayang. Ia juga mengatakan bahwa dirinya sudah lelah dengan semua hal duniawi yang tidak memberinya kebahagiaan.

Sheila mengatakan bahwa perubahannya ini, adalah dirinya yang asli sebelum masa-masa sakit hatinya yang membawanya terjerumus hal-hal tak baik. Ia mengatakan bahwa karena kasih Tuhan yang nyata padanya yang membuatnya bisa berubah menjadi lebih baik sekarang.

“Tapi ternyata, after all these years, up and down, gue ngerasa kasih Tuhan buat gue itu nyata banget. Kalau emang gue busuk, kenapa Tuhan masih, apalagi ketika terakhir kali gue kecelakaan, ya, Tuhan masih selamatin gue,” ujar Sheila.

youtube.com/DeddyCorbuzier

Ia bersaksi bahwa dirinya ditangkap oleh Tuhan tepat pada waktunya. Jika tidak, mungkin ia tidak akan berada di sana pada hari itu. Ia juga bercerita bahwa dirinya pernah kecelakaan besar dan tersandung berbagai hal tidak baik, tapi Tuhan masih memberinya kesempatan dan menyelamatkannya. Oleh sebab itu, ia pun sekarang lebih dekat pada Tuhan dan enggan untuk kembali ke hal-hal dunia.

“Tuhan selalu nangkep gue pada on the right time, kalau lebih lama lagi, mungkin gue akan semakin kecanduan.” 

Meski mengatakan tidak amat religius, dengan langsung anti pada hal-hal dunia, tapi ia berusaha untuk mengontrol dirinya sendiri agar tidak jatuh pada lubang yang sama, dan lebih memilih Tuhan sebagai tempat ia berlari.

"Karena gue menemukan kesenangan yang lain. Gue nggak jadi religius, tapi ini yang gue rasain. Ketika gue menjalankan apa yang Tuhan mau, ternyata hidup gue lebih enak. Daripada gue lawan terus. Alkohol gue mabuk, tapi habis itu apa? Bahkan gue menyakiti orang yang gue sayang dengan ucapan. Itu kan bodoh," tutur Sheila Marcia.

Aktif di YouTube dan Instagram

instagram.com/itssheilamj

Sheila Marcia diketahui telah menikah lagi bersama dengan Dimas Akira pada 2020 lalu. Ia kini dikarunia 4 orang anak. Meski masih jarang tampil di layar kaca atau layar lebar, Sheila aktif di media sosial.

Ia mendapat banyak endorse di akun Instagramnya dan mengelola akun YouTube yang membagikan kesehariannya bersama keluarga kecilnya dan podcast bersama suaminya dengan nama Sheila Marcia & AwesomeFam. Pada 15 Oktober lalu, ia juga membagikan bahwa dirinya ‘debut perform’ lagi setelah sekian lama.

Itulah perjalanan hidup Sheila Marcia dari model gadis sampul, aktris hingga terjerat sederet kontroversi. Semoga Sheila bisa lebih bahagia dengan pilihan hidupnya saat ini, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life