Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

DPR IAN Rilis Album & Film Pendek, Ceritakan Perjuangan Lawan Bipolar

IIAN mengedit, menulis dan sutradarai sendiri

Natasha Cecilia Anandita

Musisi, sutradara, dan videografer dari kolektif multimedia independen yang inovatif Dream Perfect Regime (DPR), DPR IAN akhirnya merilis album perdananya yang telah ditunggu-tunggu, Moodswings In To Order pada Jumat (29/7/2022).

Album ini melanjutkan kisah karakter "Mito" dari EP IAN sebelumnya, dan membingkai ulang kisah IAN menjadi cerita perjuangan seorang superhero untuk menggambarkan pertempurannya melawan kondisi bipolar disorder.

Album ini juga dirilis bersamaan dengan film pendek yang ditulis, disutradarai, dibintangi dan edit sendiri oleh IAN! Berikut beberapa fakta menarik seputar album dan film pendeknya.

Kisah lanjutan karakter “Mito”

twitter.com/DPRIAN_

Album ini adalah kisah lanjutan dari karakter "Mito", yang pertama kali ditampilkan pada EP perdana IAN di 2021, Moodswings In This Order. Membingkai ulang kisah IAN menjadi sebuah cerita perjuangan seorang superhero, untuk menggambarkan pertempuran IAN melawan kondisi bipolar disorder.

Mito adalah versi supernatural dari diri DPR IAN yang dirancang untuk membangkitkan transformasi yang ia alami ketika berada "dalam keadaan terpuruk" dan mengalami depresi.

Tampilkan multi-genre

twitter.com/DPRIAN_

Ditulis dan diproduksi oleh IAN dan DPR CREAM dengan arahan kreatif oleh DPR REM, album multi-genre Moodswings In To Order menampilkan elemen pop, rock, R&B, dan musik elektronik. Banyak lagunya yang ia tulis saat episode maniaknya sebagai seorang bipolar.

"Ada lagu-lagu yang dimaksudkan untuk meningkatkan aspek sinematik dari karya tersebut, dan kemudian ada lagu-lagu seperti 'Avalon' yang dapat kamu nikmati pada Jumat malam, sambil berpesta bersama teman-temanmu. Aku hidup untuk momen-momen seperti itu," kata IAN.

youtube.com/Dream Perfect Regime

Moodswings In To Order berisikan 12 lagu, yang terdiri dari:

  1. "Seraph"
  2. "1 Shot"
  3. "Mood"
  4. "Miss Understood"
  5. "Avalon"
  6. "Merry Go"
  7. "Ribbon"
  8. "Winterfall"
  9. "Calico"
  10. "Mr. Insanity"
  11. "Ballroom Extravaganza"
  12. "Sometimes I’m"

Ada film pendeknya yang ditulis, sutradarai dan IAN edit sendiri

Album tersebut dirilis bersamaan dengan film pendek yang IAN kerjakan sendiri. Film pendek tersebut akan terbagi menjadi beberapa part mengikuti albumnya. Part 1 “Official Miito Movie” telah dirilis pada Jumat kemarin.

Dalam film yang diunggah di kanal YouTube DPR IAN, memiliki durasi 7 menit 44 detik dan di dalamnya termasuk highlight dari lagu “Seraph”, “1 Shot”, “Mood”, dan “Ribbon”. Talenta artistiknya ia tumpahkan di film pendek tersebut yang benar-benar menggambarkan ciri khasnya.

twitter.com/DPRIAN_

Kisah 'MIITO' dibuka dengan lagu intro "Seraph", ketika Mito memberikan monolog terdistorsi: "Dan saat Anda meletakkan rahmat Anda pada saya / Langit mulai memutih / Dan bintang-bintang mulai berjatuhan."

“Ceritanya jauh lebih luas. Anda lihat asal-usul Mito yang dulunya malaikat agung, kemudian berubah menjadi, saya kira, dia adalah iblis,” jelas DPR IAN. "Tapi itu karena cinta murni, dan pengkhianatan dari cinta itu," tambahnya.

twitter.com/DPRIAN_

Dalam film barunya yang gelap dan sedikit depresif, sang musisi bertarung, bernyanyi, dan menari melalui perjalanan Mito. Ia merinci setiap momen setelah kejatuhannya yang alkitabiah dari kasih karunia. Baginya, keseluruhan albumnya adalah sebuah karya bukan hanya tittle track-nya saja.

Dari situlah muncul gagasan untuk membuat albumnya ini menjadi film pendek seperti musikal. Ia melangkah menjadi pendongeng, yang menyampaikan ceritanya dengan akting dan tarian, dengan harapan untuk menerjemahkan ceritanya.

“Saya menari, saya berakting, dan saya tampil karena saya ingin menceritakan kisah saya dengan lebih baik. Itu sebabnya. Bukan karena saya ingin menjadi aktor, bukan karena saya ingin menjadi penari yang baik. Saya ingin menjadi ahli dalam hal itu, sehingga lebih meningkatkan cerita yang saya ceritakan,” tutur IAN.

Akan laakukan tur dunia

Bersama rekan satu labelnya DPR LIVE, IAN juga sedang bersiap untuk memulai DPR Regime World Tour yang dimulai pada 8 September 2022 mendatang di Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat dan akan mengunjungi 19 kota Amerika Utara lainnya— termasuk Los Angeles, Chicago, Toronto, New York, dan Atlanta. Mereka akan melanjutkan ke Amerika Selatan, Eropa, dan Inggris. Jadwal tur untuk wilayah Australia, Selandia Baru, dan Asia yang akan segera diumumkan.

Itulah fakta-fakta menarik seputar album terbaru DPR IAN, Moodswings In To Order yang baru dirilis, yang menceritakan perjuangannya melawan gangguan bipolar.

IDN Media Channels

Latest from Working Life