Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dari Idol Hingga Aktor, Ini Perjalanan Karier Choi Siwon

Bertemu SM Entertainment saat lagi nunggu teman

Natasha Cecilia Anandita

7 April menjadi hari ulang tahun bagi Choi Siwon atau yang dikenal juga sebagai Siwon Super Junior. Popularitasnya yang mendunia berkat grupnya, membuat Siwon dicintai oleh banyak orang dan kalangan. Ditambah dengan visual gagahnya, tak jarang banyak merek yang menggandengnya menjadi brand ambassador.

Dikenal ‘sultan’ sejak lahir, Siwon berhasil membuktikan bahwa dirinya berada sesukses saat ini bukan hanya karena latar belakangnya, tapi juga bakat dan talenta yang dimilikinya. Siwon juga dikenal sebagai orang yang dermawan dan peduli dengan sesama. Ia didapuk menjadi duta UNICEF Korea.

Berikut perjalanan karier Choi Siwon dari usianya 16 tahun saat trainee di SM hingga kini jadi entertainer sukses di usia 35 tahun.

Ditemukan SM saat menunggu temannya

twitter.com/Mitey_Czarlou

Pertemuan SM dan Siwon cukup unik walau tak terlalu istimewa karena banyak idol SM yang juga ditemukan dengan cara yang sama. Siwon ditemukan oleh agen pencari bakat SM Entertainment saat berusia 16 tahun, ketika dia menunggu temannya di SMA.

Kala itu, agen tersebut merekomendasikan Siwon untuk mengikuti audisi di perusahaan Starlight Casting System. Tanpa persetujuan orang tua alias tanpa bilang-bilang, Siwon mengikut audisi tersebut.

Ia pun lulus dan kemudian baru memberi tahu orang tua bahwa ia mengikuti audisi. Meskipun diizinkan menandatangani kontrak dengan SM Entertainment, tetapi orang tua Siwon tidak memberikan bantuan sama sekali padanya, karena mereka ingin Siwon bertanggung jawab sepenuhnya pada keputusan yang diambil.

Pindah ke asrama hingga muncul di musik video dan drama

pinterest.com

Setelah lulus audisi dan menandatangani kontrak. Siwon kemudian pindah ke asrama bersama rekan-rekan sesama trainee lainya. Di SM, ia mendapat pelatihan bernyanyi, akting, sekaligus menari.

Kemunculan pertamanya adalah di video musik solois Dana, "The Grace" pada tahun 2003. Setahun setelahnya atau pada 2004, Siwon muncul di drama pendek berjudul Precious Family. Kemudian melanjutkan karier aktingnya dengan berperan sebagai Kang Bong-man di Eighteen, Twenty-Nine (2005) drama KBS dan sebagai Park Sang-woo di Spring Waltz (2006).

Debut sebagai Super Junior

SM Entertainment

Tidak lama setelah kemunculan Siwon di Televisi, SM Entertainment memberi pernyataan resmi bahwa mereka akan mendebutkan boy band beranggotakan 12 orang bernama Super Junior 05, di mana Siwon menjadi salah satu anggotanya.

Beberapa bulan sebelum debut sebagai Super Junior 05, Siwon muncul secara resmi di media dengan rekan sesama anggota boy band, Han Geng, sebagai salah satu model di fashion show Bum Suk.

twitter.com/SJofficial

Siwon resmi debut dengan proyek grup 12-member yang akan dirotasi, Super Junior 05, pada 6 November 2005 di acara musik Popular Songs SBS. Mereka menampilkan single pertama, "Twins (Knock Out)". Album debut mereka SuperJunior05 (Twins) dirilis pada 5 Desember 2005 dan menempati peringkat #3 di tangga bulanan MIAK K-pop.

Bulan Maret 2006, setelah SM Entertainment merekrut member baru Kyuhyun, grup ini menghilangkan "05" dan resmi bernama Super Junior. Single pertama bentuk baru grup ini "U" dirilis 7 Juni 2006. Pada musim gugur 2007, Siwon bersama Super Junior merilis album kedua, Don't Don, yang berhasil menjadi album terlaris kedua setelah SG Wannabe pada tahun tersebut.

Pada bulan April 2008, Siwon dimasukkan ke dalam tujuh anggota sub-grup Super Junior-M, sebuah subgrup Mandopop dari Super Junior untuk industri musik China. Mereka memulai debutnya di Tiongkok pada Penghargaan Tangga Musik Tahunan ke-8, bersamaan dengan perilisan video musik pertama mereka, "U" pada 8 April 2008.

Hal ini diikuti dengan perilisan album studio debut berbahasa Mandarin, Me di provinsi-provinsi terpilih di Tiongkok pada 23 April dan 2 Mei di Taiwan. Single sukses mereka sebagai Super Junior adalah pada rilisan "Sorry, Sorry" di Maret 2009, yang membantu mereka mencapai kesuksesan global.

Album ini menandai kesuksesan mereka, berhasil menjuarai tangga lagu di acara musik SBS, MBC, KBS, Mnet sekaligus meraih penjualan album tertinggi di Korea dan meraih penghargaan tertinggi di bidang musik Korea Selatan, Disk Album Daesang di Golden Disk Award 2009.

Masuk ke layar lebar

smentertainment.com

Pernah mencicipi akting di layar kaca dan aktif berkarier di bidang musik, pada 2006 ia juga merambah ke dunia layar lebar atau perfilman. Ia terlibat di sebuah film Hong Kong kolosal, berjudul A Battle of Wits sebagai Pangeran Liang Shi, bersama Andy Lau.

Dia mempromosikan film tersebut di Tiongkok pada November 2006. Siwon mendapat sambutan positif untuk penampilannya tersebut, bahkan menerima pujian dari Andy Lau, yang menyatakan Siwon adalah aktor luar biasa dan membuat contoh yang baik untuk aktor Hong Kong.

Tahun 2007, Siwon bersama member Super Junior membintangi sebuah film komedi/misteri SMA, Attack on the Pin-Up Boys yang dirilis 26 Juli. Dia berperan sebagai Ketua OSIS yang diktator dan kejam yang menjadi salah satu korban yang sangat mungkin untuk diserang oleh penyerang misterius.

Hingga kini, Siwon tercatat sudah membintangi 6 judul film yang didominasi dengan film Hong Kong, Tiongkok. Selama kariernya itu, Siwon beradu akting dengan aktor Tiongkok terkenal lainnya selain Andy Lau, termasuk Jackie Chan dan Adrien Brody dalam Dragon Blade (2015) dan bersama Eddie Peng di To the Fore (2015).

Aktif di drama hingga sekarang

pinterest.com

Sebulan setelah membintangi Attack on the Pin-Up Boys, Siwon bermain di drama Legend of Hyang Dan sebagai Lee Mong-ryong. Lalu berlanjut ke bulan Januari 2010, Siwon membintangi drama SBS Oh! My Lady.

Karier aktingnya masih terus berjalan, selagi dia juga berkuliah dan aktif bersama Super Junior. Hingga tahun ini, tercatat ia sudah membintangi 17 judul drama. Beberapa yang cukup terkenal adalah She Was Pretty (2015) yang beradu akting dengan Park Seo Joon, Revolutionary Love (2017), dan My Fellow Citizens (2019).

Beberapa web series juga turut dibintangi, seperti series Work Later, Drink Now yang sudah mencapai dua musim. Kini, ia dikabarkan akan bermain di web series dari platform KT Seen dengan judul Love to Die.

Selama karier aktingnya, ia masuk dalam beberapa nominasi penghargaan dan berhasil membawa pulang penghargaan, seperti pada SBS Drama Awards kategori New Star Award pada 2010 dan Asia Artist Award 2019 dalam kategori AAA Best Icon (Actor).

Jadi bintang video musik

Dia juga membintangi musik video rekan sesama label-nya, seperti Girls' Generation's "Hoot", dan bersama rekan se-grupnya, Han Geng dalam duet Zhang Liyin dan Xiah TVXQ (Sekarang Junsu JYJ), "Timeless" dan lagu Zhang Liyin "I Will". Juga pada single "Motorcycle" dari Donghae & Eunhyuk.

Mendapat tawaran model iklan dan katalog

Pria penyuka makanan pedas ini, muncul di berbagai katalog dan iklan. Pada 3 Maret 2010 di menjadi model di fashion show André Kim. Dia muncul diberbagai majalah top seperti, Cosmopolitan, Elle, High Cut, dan Men's Health, dan menjadi model untuk merek ternama seperti Armani, Lacoste, Gucci, Evisu, dan Burberry.

Siwon turut muncul di katalog merek asal Korea, Spao bersama SNSD dan member Super Junior lainnya, dan produk ponsel pintar SK Telesys "Reaction", juga produk Acer. Dia juga model utama untuk Mamonde, merek kosmertik bersama Kwon Yuri Girls' Generation.

Siwon adalah perwakilan atau duta dari Audi Korea sejak tahun 2014. Pada tahun 2015, dirinya dipilih oleh merek pembuat jam tangan mewah, Piaget sebagai model Asia termuda mereka.

Pada tahun 2016, ia terdaftar di majalah Forbes “30 Under 30 Asia” yang digambarkan sebagai "salah satu penyanyi dan aktor Korea Selatan yang paling dicari". Kini ia juga menjadi duta UNICEF Korea bahkan menjadi brand ambassador dari beberapa merek di Tanah Air, seperti bumbu masak dan mi instan.

Itulah perjalanan karier Choi Siwon atau Siwon Super Junior yang hari ini berulang tahun ke-35. Sukses selalu untuk Siwon!

IDN Media Channels

Latest from Working Life