Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Figur Publik Ternama Ini Punya Wasiat Aneh Sebelum Meninggal

Ada yang ingin dimakamkan di luar angkasa

Natasha Cecilia Anandita

Beberapa orang meninggalkan pesan atau wasiat sebelum akhir hidupnya. Mereka biasanya akan membagikan warisan, menitipkan sanak keluarga, meminta maaf, mengatakan kata-kata haru, bahkan meminta sesuatu.

Hal itu mungkin umum dan biasa saja, tapi akan menjadi tidak biasa saat yang mereka inginkan adalah sesuatu yang aneh. Hampir mirip dengan artis yang ingin dijamu dengan hal-hal aneh sebelum manggung, 10 figur publik ternama di dunia ini juga memiliki wasiat yang aneh. Bedanya, permintaan ini adalah permintaan terakhir mereka sebelum wafat.

Dari menetapkan pakaian apa yang harus dikenakan di hari kematiannya hingga ingin dimakamkan di luar angkasa, berikut 10 figur publik dunia dengan wasiat yang aneh.

1. Napoleon Bonaparte ingin rambutnya dibagikan ke temannya untuk kenang-kenangan

wikipedia.com

Nama Napoleon Bonaparte, pasti sudah ramah di telingamu karena dipelajari dari SD hingga SMA. Tokoh perwira militer dan politisi besar Prancis abad ke-19 ini ternyata memiliki wasiat yang aneh sebelum kematiannya.

Ia memerintahkan untuk rambut kepalanya dicukur habis setelah ia mati, kemudian rambutnya dibagikan di antara teman-teman dekatnya sebagai kenang-kenangan. Aduh, kok, serem?

2. Charles Dickens tulis gaya pakaian yang harus dikenakan orang saat ke pemakamannya

theguardian.com

Charles Dickens dikenal sebagai tokoh dunia dalam bidang kesasatraan, dia merupakan seorang novelis dan penulis naskah terkenal. Sastrawan satu ini memberi wasiat rumit dan aneh menjelang kematiannya.

Ia merinci pakaian yang harus dipakai oleh orang-orang yang akan datang ke upacara pemakamannya. Ia juga meminta mereka memakai scarf, pita hitam, jubah, atau headband, saat menghadiri pemakamannya.

3. Gen Roddenberry ingin dimakamkan di luar angkasa

britannica.com

Lebih ajaib lagi, tokoh pencipta Star Trek yang meninggal pada tahun 1991 ini ingin memiliki pemakaman di laur angkasa. Permintaan Gene Roddenberry itu akhirnya baru terwujud pada tahun 1997, ketika jenazahnya diluncurkan ke luar angkasa. Jenazah istrinya juga diluncurkan ke luar angkasa pada tahun 2009 lalu.

4. Dusty Springfield punya permintaan terakhir untuk kucingnya

amazon.co.uk

Penyanyi Dusty Springfield memiliki wasiat aneh terkait dengan bayi kucingnya. Ia memberi pesan untuk memberi makan bayi kucingnya, Nicholas. Ia juga meminta kucingnya disimpan di rumah pohon dalam ruangan dan dihibur di malam hari. Selain itu, tempat tidur kucing harus dilapisi dengan sarung bantal dan baju tidur Dusty.

5. Fred Baur ingin dikubur dengan kaleng Pringles, salah satu karyanya

wikipedia.com

Tokoh lainnya yang punya permintaan terakhir yang aneh adalah Fred Baur. Pada permintaan terakhirnya itu, ia dengan meminta keluarganya untuk menguburkan kaleng Pringles bersama dengan jasadnya. Fred Baur sendiri adalah tokoh yang mematenkan kemasan Pringles, sehingga mungkin permintaan terakhirnya adalah bukti kebanggaannya terhadap karyanya.

6. Ed Headrick ingin abunya dicetak menjadi frisbee edisi terbatas

pdga.com

Jika Fred Baur mematenkan kemasan Pringles, Ed Headrick adalah tokoh penemu Frisbee. Permintaan tokoh satu ini adalah ia ingin abunya dicetak menjadi frisbee edisi terbatas. Frisbee sendiri adalah permainan dengan cakram terbang.

Cakram terbang dari abu Ed Headrick tersebut akhirnya terbuat dan diberikan kepada teman dan keluarga, dan beberapa lainnya dijual. Hasil penjualan tersebut digunakan untuk mendanai "Steady" Ed Memorial Disc Golf Museum at the PDGA International Disc Golf Center di Columbia County, Georgia.

7. Harry Houdini ingin istrinya mengadakan pemanggilan arwah untuk berkomunikasi dengannya

naviri.org

Tokoh illusionis ini, menjelang kematiannya memiliki permintaan wasiat yang cukup horor, nih. Di atas ranjang kematiannya, Houdini meminta sang istri untuk mengadakan pemanggilan arwah setiap tahun untuk berkomunikasi dengannya. Pasangan tersebut kemudian membuat kode rahasia yang dipakai untuk memastikan bahwa arwah yang dipanggil memang Houdini.

8. Jeremy Bentham ingin jasadnya diisi jerami dan dipajang

wikipedia.com

Jeremy Bentham adalah tokoh pengacara dan filsuf Inggris semasa hidupnya. Menjelang kematiannya, Bentham berpesan untuk terakhir kalinya, yaitu untuk mengisi jasadnya dengan jerami dan dipajang di University College London.

Sahabat Bentham, yang seorang dokter, memenuhi permintaan terakhirnya yang aneh itu, dengan membedah tubuhnya hingga memajangnya. Sekarang tubuh Bentham tersebut ada dalam etalase baru di Pusat Mahasiswa University College London setelah dipindah pada tahun 2020 kemarin.

9. Marilyn Monroe wariskan semua hartanya pada sang pelatih aktingnya

wikipedia.com

Aktris, model, dan penyanyi cantik Marilyn Monroe tentu menjadi artis kaya di zamannya. Pada wasiatnya, ia mewariskan semua hartanya kepada pelatih aktingnya, Lee Stasberg. Marilyn sendiri memang dikabarkan memiliki rasa hormat yang sangat tinggi untuk sang pelatih aktingnya itu.

10. Benjamin Franklin ingin berlian pemberiannya tidak dijadikan perhiasan

wikipedia.com

Tokoh terakhir dengan wasiat yang aneh adalah Benjamin Franklin. Salah satu founding father Amerika Serikat yang juga berprofesi sebagai diplomat dan musisi tersebut, terkenal telah mewariskan 408 berlian kepada putrinya. Pesan terakhirnya yang ia sampaikan kepada putrinya adalah, dia tidak akan menjadikan berlian itu perhiasan. Lalu, disimpan saja dong, ya?

Jika kamu ingin mengeluarkan wasiat yang aneh seperti 10 figur publik dunia di atas, kamu mau punya permintaan terakhir apa?

IDN Media Channels

Latest from Working Life