Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Aktor Bollywood Terkaya 2021, Shah Rukh Khan Tempati Posisi Pertama

Ashkay Kumar mulai bersinar dan memanjat peringkat

Natasha Cecilia Anandita

India memiliki dunia hiburannya sendiri yang tak kalah populer dan sukses. Jika di Amerika ada Hollywood, maka India punya Bollywood. Para aktor dan aktrisnya pun memiliki talenta yang juga luar biasa serta kekayaan yang fantastis.

Selama bertahun-tahun, banyak aktor Bollywood telah masuk dalam daftar Aktor Bergaji Tertinggi di Dunia dalam majalah Forbes. Pada tahun 2017, Shah Rukh Khan, Salman Khan dan Akshay Kumar berada di peringkat masing-masing sebagai nomor 8, 9 dan 10.

Sementara itu, aktor Akshay Kumar naik ke posisi keenam pada tahun 2020 dengan pendapatan tahunan US$48,5 juta, mengalahkan raksasa Hollywood seperti Lin-Manuel Miranda, Will Smith dan Jackie Chan.

Berikut ini adalah 10 aktor Bollywood terkaya yang dikutip dari South China Morning Post.

1. Shah Rukh Khan – US$750 juta

instagram.com/iamsrk

Di posisi atau peringkat pertama ada Shah Rukh Khan. Melansir India.com, Shah Rukh Khan memungut bayaran sekitar US$13 juta untuk film terbarunya, Pathan yang diproduksi oleh Yash Raj Films. Dengan lebih dari 108 judul film, aktor berusia 55 tahun ini telah mengumpulkan kekayaan bersih sekitar US$750 juta.

Tapi, pundi-pundi kekayaannya itu tak hanya berasal dari akting saja. Shah Rukh Khan diketahui memiliki perusahaan produksi sejak tahun 2003, Red Chillies Entertainment, yang telah menghasilkan sejumlah hits box office.

Dia juga memiliki tim kriket Liga Premier India, Kolkata Knight Riders, dengan sesama aktor Juhi Chawla, serta menikmati kesepakatan merek yang menguntungkan dengan Hyundai, LG, Pariwisata Dubai, Reliance Jio Ambani dan BigBasket Grup Tata.

2. Amitabh Bachchan – US$400 juta

Twitter.COM/SrBachchan

Aktor legendaris India ini memulai karirnya di tahun 70-an dan telah membintangi banyak film sukses, termasuk film hits, Piku (2015), Pink (2016) dan Thugs of Hindustan (2018). Aktor kawakan ini juga pernah tampil dalam film Hollywood, The Great Gatsby (2013).

Selain film, aktor berusia 79 tahun itu juga memiliki beragam bisnis. Pada 2013, ia membeli 10 persen saham Just Dial dan memiliki 3,4 persen saham di perusahaan komputasi awan Stampede Capital.

Menurut Makaan, ia juga memiliki lima bungalow mewah dan dua flat di kawasan Juhu di Mumbai, India, serta lahan pertanian senilai US$1,5 juta.

3. Salman Khan – US$260 juta

instagram.com/beingsalmankhan

Aktor Salman Khan mengubah citra dirinya dari aktor romcom menjadi bintang aksi dengan film-film seperti Wanted (2009) dan Dabangg (2010). Menurut Celebrity Net Worth, Salman Khan menghasilkan US$40 juta antara 2017 dan 2018. Bintang ini juga memiliki perusahaan produksinya sendiri bernama Salman Khan Films dengan pendapatan operasional yang dilaporkan sekitar US$400 juta.

Aktor berusia 55 tahun ini bahkan tampil sebagai pembawa acara TV untuk 10 Ka Dum dan Bigg Boss serta pernah menjabat sebagai brand ambassador untuk Pepsi, Suzuki, dan Emami Healthy.

4. Akshay Kumar – US$250 juta

instagram.com/akshaykumar

Di posisi ke empat ada Akshay Kumar yang menjadi satu-satunya bintang India dalam daftar Selebriti dengan Bayaran Tertinggi Dunia 2020 versi Forbes. Tahun lalu dia bahkan menjadi berita utama karena memasang tarif US$15 juta untuk film milik Aanand L. Rai mendatang, menjadikannya sebagai aktor dengan bayaran tertinggi di India saat ini.

Namun, Forbes merinci bahwa sebagian besar uangnya sebenarnya berasal dari endorse berbagai brand mulai dari multivitamin hingga pembersih toilet. Akshay Kumar juga punya jet pribadi, lho, Bela, karena diketahui hanya sedikit aktor India yang memiliki jet pribadi.

5. Aamir Khan – US$205 juta

AFP

Dijuluki "Tuan Perfeksionis", Aamir Khan mengubah arah Bollywood dengan social commentary films. Pengertian Social commentary film sendiri adalah film yang baik secara implisit atau eksplisit, mengungkapkan pendapat tentang masyarakat.

Film 2016-nya yang berjudul Dangal, menghasilkan US$340 juta di box office di seluruh dunia dan menempati peringkat sebagai film India terlaris sepanjang masa. Ini diikuti oleh PK (2014) dan Secret Superstar (2017) yang jika keduanya digabungkan, menghasilkan laba US$300 juta.

Republic World melaporkan bahwa Aamir Khan sendiri sangat pemilih untuk mengambil endorse untuk suatu brand. Aamir Khan mengenakan biaya sebesar US$1,5 juta per endorse. Dia baru-baru ini muncul dalam kampanye Ban CEAT.

6. Kamal Haasan – US$100 juta

instagram.com/ikamalhaasan

Superstar Tamil telah berakting dan memproduksi film-film hit, seperti Biwi No 1, Chachi 420, Hey Ram, Mumbai Xpress dan Ramji Londonwaley. Pada tahun 2017, ia menjadi tuan rumah program Bigg Boss Tamil, di mana musim pertama menjadi acara yang paling banyak ditonton di negara bagian Tamil Nadu, India Selatan. Haasan dilaporkan dibayar US$2 juta untuk acara tersebut.

7. Shahid Kapoor – US$70 juta

instagram.com/shahidkapoor

Setelah tampil memukau dengan film hit 2019-nya, Kabir Singh, Shahid Kapoor dilaporkan menaikkan gajinya menjadi US$4,6 juta per film. Aktor berusia 40 tahun ini juga memiliki dua rumah mewah di daerah Andheri dan Juhu, di mana yang terakhir bernilai lebih dari US$4 juta, menurut GQ India.

Memiliki hampir 31 juta pengikut di Instagram, Kapoor juga menghasilkan banyak uang dari endorse beberapa brand, seperti jam tangan Brut, Reebok dan Tommy Hilfiger. Pada tahun 2016, ia meluncurkan brand fashion-nya sendiri bernama Skult yang sekarang tersedia di banyak toko e-commerce populer di India.

8. Hrithik Roshan – US$43-48 juta

instagram.com/hrithikroshan

Hrithik Roshan memang salah satu aktor Bollywood populer yang disangka akan hadir di peringkat yang lebih tinggi. Tapi pada kenyataannya, ia berada di posisi ke 8. Meski sukses dalam karier aktingnya, Hritik Roshan memiliki sifat selektif dalam memilih film yang akan dibintanginya.

Ia bahkan tidak mendaftar untuk film baru sepanjang 2018. Namun, itu tidak mengurangi kekayaannya. Selain dari akting hingga endorsement, Roshan juga mendapatkan penghasilan besar dari brand pakaian miliknya, HRX dengan nilai US$26 juta, seperti yang dilaporkan Economic Times India.

Baru-baru ini, ia dikatakan dibayar US$10 juta untuk perannya sebagai Ram dalam film Ramayana mendatang, Nitesh Tiwari, beradu akting dengan Ranbir Kapoor.

9. Ranbir Kapoor – US$42 juta

instagram.com/ranbir_kapoooor

Hindustan Times melaporkan salah satu bintang Bollywood yang paling dicari, Ranbir Kapoor, mematok tarif endorse per hari sebesar US$800 ribu. Selain itu, ia juga merupakan endorser dari Asian Paints, Pepsi dan Panasonic hingga Renault dan Flipkart. Dapat dikatakan, setidaknya ia menjadi brand ambassador dari 10 merek pada waktu tertentu.

Pria berusia 39 tahun ini juga menghabiskan banyak uang untuk sepatu olahraga, jam tangan mahal (Tag Heuer Grand Prix) dan supercar (Audi A8 dan Mercedes-Benz G63 AMG). Ranbir Kapoor juga mendapatkan bayaran sebesar US$10 juta yang sama dengan Roshan di film Ramayana mendatang, di mana ia akan memerankan Raavan. Itulah sebabnya ia masuk dalam posisi ke 9 dalam daftar ini.

10. Saif Ali Khan – US$40 juta

AFP

Peringkat terakhir diduduki oleh Said Ali Khan. Putra mantan bangsawan sekaligus kapten tim kriket India Tiger Pataudi, Saif Ali Khan sering terlihat di rumah leluhurnya, Pataudi Estate, yang bernilai lebih dari US$100 juta menurut GQ India.

Meski berasal dari garis keturunan kerajaan, saif Ali Khan yang berusia 51 tahun itu juga memiliki dua rumah produksi, Illuminati Films dan Black Knight Films, yang telah menghasilkan karya hits seperti Love Aaj Kal (2009) dan Cocktail (2012).

Dia juga memiliki lini pakaian acara India dan koleksi furnitur yang bermitra dengan Myntra dengan nama House of Pataudi. Meskipun tidak memiliki akun Instagram resmi, aktor tersebut sering muncul dalam postingan sponsor istrinya, Kareena Kapoor, di mana "pasangan kerajaan" tersebut terlihat meng-endorse beberapa produk, seperti tisu bayi dan barang elektronik.

Itulah 10 aktor Bollywood terkaya di tahun 2021 ini, dengan berbagai sumber penghasilan yang menambah pundi-pundi kekayaan mereka. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life