Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil dan Fakta Coki Pardede, Komika yang Kontroversial

Ketahui profil dan faktanya di sini!

Nafi' Khoiriyah

Bagi sebagian orang, nama Coki Pardede mungkin tak asing lagi. Komika jebolan Stand Up Comedy Season 4 ini pernah menggemparkan publik karena terciduk narkoba jenis sabu pada tahun 2021 lalu. 

Sebelumnya, ia dikenal sebagai komika yang tergabung dalam Majelis Lucu Indonesia (MLI) bersama Tretan Muslim. Bersama Tretan Muslim, ia sempat dituding menistakan agama Islam karena gurauan mereka mengenai memasak daging babi. 

Baru saja bebas dari penjara pada September 2022 lalu, Coki Pardede kini siap kembali muncul di dunia hiburan tanah air. Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah profil dan fakta Coki Pardede

1. Profil Coki Pardede

instagram.com/cokipardede666

Profil dan fakta Coki Pardede yang akan dibahas pertama adalah biodatanya. Coki Pardede yang memiliki nama asli Reza Pardede, lahir di Jakarta, 21 Januari 1988. 

Coki berasal dari Medan, tetapi besar di Depok, Jawa Barat. Ayahnya bernama Hannibal Pardede, sementara ia memiliki dua orang adik bernama Adolf Pardede dan Jefta Pardede. 

Komedian ini merupakan lulusan dari Universitas Gunadarma jurusan Sastra Inggris tahun 2014. Terkait dengan agama, Coki pernah mengatakan bahwa dirinya adalah agnostik. Agnostik adalah pandangan bahwa ada atau tidaknya Tuhan adalah suatu yang tidak dapat diketahui. 

2. Karier Coki Pardede

instagram.com/cokipardede666

Ia mulai dikenal publik saat menjadi peserta ajang pencarian bakat Stand Up Comedy Season 4 tahun 2014 lalu yang diselenggarakan oleh Kompas TV. Namun, ia tersisih di babak 8 besar. 

Tak berhenti di situ saja, Coki kembali mengikuti Stand Up Comedy Academy Season 2 yang diselenggarakan Indosiar di tahun 2016 dan bertahan sampai babak 9 besar. Setahun setelahnya, Coki bersama Tretan Muslim kemudian membentuk kelompok Majelis Lucu Indonesia (MLI) yang anggotanya sebagian besar adalah komika. 

Sebelumnya, Coki Pardede juga pernah mencoba dunia akting dengan bermain di serial Malam Minggu Miko 2 bersama Raditya Dika dan Andovi da Lopez pada tahun 2013. Adapun film dan serial yang pernah dibintanginya adalah Single (2015), Gila Lu Ndro! (2018), Single Part 2 (2019), dan Pergi Pagi Pulang Untung Reborn (2020). 

Bersama MLI, Coki sering mengadakan tur ke berbagai kota. Ia juga memiliki akun YouTube sejak tahun 2020 yang memiliki ratusan ribu pengikut. 

3. Fakta-fakta tentang Coki Pardede

instagram.com/cokipardede666

Selain profil, kamu perlu mengetahui fakta-fakta tentang komika ini. Berikut adalah beberapa faktanya. 

  1. Coki merupakan komika yang kerap mengundang kontroversi 
    Setelah dikenal publik, Coki kerap membuat kontroversi dalam unggahan media sosialnya. Salah satu kontroversi yang paling ramai dibicarakan adalah saat ia membuat konten YouTube memasak daging babi dengan kurma bersama Tretan Muslim. Ia dianggap menistakan agama Islam karena guyonannya tentang syariat Islam. 
  2. Ia juga merupakan seorang penyiar radio
    Selain menjadi komedian, Coki juga merupakan penyiar radio di OZ Radio 90.8 FM Jakarta. Tak heran jika komika yang tergabung dalam Majelis Lucu Indonesia ini lancar dengan gaya standup yang kocak.
  3. Punya suara merdu 
    Tak hanya menyiarkan radio, Coki Pardede juga mempunyai suara merdu dan jago memainkan alat musik gitar. Bahkan, ia memiliki single bersama NYAH dengan judul Makan Geratis (2012), Rembulan (2012), dan Tapi yang Banyak (2013). 
  4. Ditangkap Polisi karena penggunaan Narkoba jenis sabu
    Coki Pardede ditangkap pihak kepolisian pada 2021 lalu karena ditemukan narkoba jenis sabu di rumahnya. Ia kemudian menjalani rehabilitasi sampai bulan September 2022 ini.

4. Kontroversi Coki Pardede

instagram.com/cokipardede666

Setelah mengetahui profil dan fakta Coki Pardede, kamu perlu mengetahui kontroversi yang pernah menyeret nama Coki Pardede. Pada September 2021, ia diketahui menjadi tersangka dalam penyalahgunaan narkoba jenis sabu. 

Ia kemudian ditangkap oleh Polres Metro Tangerang karena kepemilikan sabu seberat 0,5 gram di kediamannya. Selain sabu, polisi juga menemukan barang bukti berupa alat suntik hingga mengharuskan Coki untuk rehabilitasi. 

Berdasarkan tes urin, Coki positif amfetamin dan metamfetamin. Ia mengaku sudah mengonsumsi sabu sejak 8 bulan sebelumnya karena berawal dari coba-coba hingga kecanduan. 

Selain karena penggunaan obat-obatan terlarang, ia juga dituding menistakan agama dengan candaan mengenai memasak daging babi. Kontroversi tersebut dimulai dari konten YouTubenya bersama Tretan Muslim.

Coki mengatakan kalau daging babi dimasak dengan kurma bisa menjadi makanan halal. Mereka kemudian banyak mendapat hujatan dari warganet. 

5. Comeback Coki Pardede

instagram.com/cokipardede666

Terakhir, profil dan fakta Coki Pardede di atas perlu kamu tahu karena pada 27 September 2022 lalu ia dinyatakan bebas. Kebebasannya itu dibuktikan dengan Coki yang menjadi bintang tamu dalam YouTube Deddy Corbuzier. Meski telah bebas, Coki terlihat belum kembali aktif menggunakan media sosialnya. 

Itulah profil dan fakta Coki Pardede yang dikenal sebagai komika kontroversial. Semoga informasi ini bisa menjawab pertanyaan kalian ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life