Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

17 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula, Efektif!

Ikuti cara berikut ini, ya!

Nafi' Khoiriyah

TikTok kini menjadi media sosial yang sangat populer di Indonesia. Pengguna media sosial ini pun semakin banyak, mulai dari anak muda sampai orangtua.

Hal tersebut memberikan peluang yang besar bagi para penggunanya untuk menggunakan TikTok sebagai alat penghasil pundi-pundi rupiah. 

Namun, belum banyak orang yang mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula. Kebanyakan dari mereka hanya menjadi penikmat video-video yang diunggah di sana. 

Nah, supaya kamu bisa mendapatkan uang dari TikTok, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini. 

1. Jual produk melalui TikTok Shop

pexels.com/Anna Nekrashevich

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang pertama adalah dengan mengiklankan barang daganganmu sendiri.

Kamu bisa menggunakan TikTok Shop untuk menjual produk langsung melalui TikTok. Namun, jangan lupa untuk mempromosikan produk kamu melalui siaran langsung atau video. 

Supaya para pengguna lebih mudah menemukan produkmu, pastikan untuk menyertakan tautan ke toko milikmu di bio. 

Mengiklankan barang dagangan sendiri ke TikTok merupakan langkah yang paling jelas dan mudah untuk menghasilkan uang. Pasalnya, TikTok memiliki banyak sekali pengguna yang bisa dengan mudah menjangkau iklan milikmu. 

2. Bergabung dengan TikTok Creator Fund

freepik.com/Freepik

TikTok Creator Fund adalah langkah yang bisa kamu ambil jika sudah memiliki banyak pengikut. Cara mendapatkan uang dari langkah ini bisa sangat bervariasi berdasarkan jumlah audiens, unggahan konten, dan keterlibatan pengguna. 

Dengan mengikuti TikTok Creator Fund, kamu bisa dengan mudah menemukan cara untuk memonetisasi akun TikTok milikmu. Namun sayangnya, TikTok Creator Fund masih terbatas di beberapa negara saja. 

Berikut ini merupakan syarat 

  1. Minimal usia pengguna adalah 18 tahun
  2. Berada di negara Amerika, Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol maupun Italia
  3. Memiliki minimal 10.000 pengikut
  4. Memiliki jumlah video yang ditonton sebanyak 10.000 kali dalam 30 hari terakhir
  5. Akun pengguna harus mematuhi pedoman komunitas TikTok dan persyaratan layanan.

Meskipun masih terbatas di beberapa negara saja, bukan tidak mungkin TikTok Creator Fund ini nantinya bisa dilakukan di Indonesia. Saat ini, kamu hanya perlu mempersiapkan jumlah pengikut dan penonton video agar bisa memenuhi syarat. 

3. Bermitra dengan influencer atau merek tertentu

pexels.com/Suzy Hazelwood

Bermitra dengan influencer atau merek tertentu merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang paling inovatif. 

Di TikTok, terdapat creator marketplace yang bisa menghubungkan antara merek dengan influencer yang tepat. Dengan begitu, kemitraan antara kedua belah pihak bisa terjalin dengan mudah. 

Para pemilik merek yang ingin mencari influencer bisa menelusuri creator marketplace dengan cara melihat konten acak para creator yang terbuka untuk kemitraan dengan merek mereka. 

Apabila kemitraan terjalin, kedua belah pihak pun saling diuntungkan dan kamu akan mendapatkan uang dari kerja sama tersebut. 

4. Siaran langsung dan mengumpulkan hadiah virtual

pexels.com/RODNAE Productions

TikTok memiliki beberapa alat yang bisa membantumu mengumpulkan hadiah virtual dan tip lewat siaran langsung. 

Kamu bisa memonetisasi konten dengan memungkinkan para pengikut menunjukkan penghargaan mereka secara real time dengan hadiah virtual. Nantinya, hadiah virtual itu bisa ditukarkan dengan uang.

Untuk melakukan siaran langsung, pilih waktu yang tepat saat para pengikut kamu sedang online. Lalu, lakukan siaran langsung sedikit lebih lama agar memungkinkan banyak pengguna untuk masuk dan melihat. 

Dengan siaran langsung, kamu juga bisa meningkatkan aliran monetisasi lainnya. Pasalnya, siaran langsung bisa menjalin kedekatan antara kamu dan para pengikut. 

5. Mengumpulkan sumbangan dana dengan Crowdfunding

unsplash.com/Katt Yukawa

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang berkaitan dengan donasi juga bisa dilakukan.

Cara yang disebut crowdfunding ini biasa digunakan untuk proyek tertentu, seperti pendanaan bantuan bencana atau pembangunan fasilitas. Dengan cara ini, kamu bisa mengumpulkan dana dengan cepat dari pemberian tip oleh para audiens. 

Crowdfunding juga bisa meningkatkan engagement pengikut dan meningkatkan kesadaran kolektif dari penggunanya. 

Namun, untuk meningkatkan citra kamu sebagai pembuat konten donasi, kamu bisa mengamankan aliran pendanaan dengan cara lainnya misalnya dengan menggunakan platform crowdfunding lainnya. 

6. Mempromosikan lagu

unsplash.com/Jefferson Santos

Kini, kamu bisa melakukan promosi lagu sebagai cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula. Pasalnya, banyak label rekaman dan promotor musik yang membayar influencer untuk mempromosikan lagu artis mereka. 

Para penyanyi baru juga bisa melakukan promosi musik dengan aktif membuat konten menyanyi. Dengan begitu, kamu bisa menarik banyak pengikut atau jika beruntung akan bertemu dengan produser musik. 

Kamu juga bisa mempromosikan lagu yang memungkinkan para pengguna memakainya sebagai backsound video mereka hingga viral dan bisa menghasilkan uang. 

7. Berpartisipasi dalam program afiliasi TikTok

freepik.com/rawpixel.com

Cara mendapatkan uang dari TikTok bisa dengan mengikuti program afiliasi TikTok. Program afiliasi TikTok merupakan program yang ditujukan kepada para content creator untuk mendapat penghasilan tambahan berupa komisi. 

Kamu bisa mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk di e-commerce melalui media sosial, termasuk TikTok. Nantinya, kamu akan mendapatkan custom link yang bisa dipromosikan. Nah, setiap pembelian dari link tersebut akan mendapat komisi. 

8. Mempublikasikan postingan bersponsor

unsplash.com/Jarritos Mexican Soda

Cara lain yang untuk memonetisasi TikTok adalah mengalui konten bersponsor. Biasanya, merek tertentu akan menampilkan produknya di videomu, kemudian mereka akan membayar video tersebut sebagai imbalannya. 

Kamu bisa memulainya dengan bekerja sama dengan merek yang kecil terlebih dahulu untuk membuat portofolio yang bagus. Jangan pasang biaya yang terlalu besar untuk memulainya. Jika sudah, kamu bisa mempertimbangkan untuk bergabung TikTok Creator Marketplace untuk melakukan kolaborasi.

9. Menjadi brand ambassador

unsplash.com/Joshua Rondeau

Menjadi brand ambassador juga bisa menjadi cara mendapatkan uang dari TikTok yang bagus. Hampir mirip dengan konten bersponsor, tetapi brand ambassador bisa membantu merek dalam kapasitas yang lebih besar dan dalam jangka panjang. 

Kamu pun juga akan bisa menerima berbagai produk gratis dan imbalan setiap waktu tertentu jika menjadi brand ambassador. Namun, penting untuk memilih merek produk yang kamu sukai dan menarik supaya kontenmu bisa tampak natural dan disukai audiens. 

10. Bergabung dengan patreon

pexels.com/Ron Lach

Patreon adalah platform di mana pembuat konten dan artis di seluruh dunia bisa mengambil untung dari para pengikut mereka. Siapapun bisa memberikan kontribusi dalam jumlah kecil melalui pendanaan atau crowdfunding untuk membuat creator atau artis tersebut terus berkarya. 

Jika kamu sudah memiliki pengikut yang cukup banyak dan loyal, maka bergabung di patreon TikTok bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jangan lupa untuk terus meluangkan waktu untuk membuat konten secara konsisten. Kamu bisa mengundang pengikutmu untuk berlangganan melalui video atau bio di akun TikTok milikmu. 

11. Membuat dan menjual akun TikTok

unsplash.com/Hello I'm Nik

Membuat dan menumbuhkan akun TikTok secara organik bisa memakan waktu lama hingga berbulan-bulan lamanya. Padahal, ada banyak pebisnis dan creator yang ingin memulai menggunakan TikTok dengan cepat. 

Oleh karena itu, kamu bisa membuat akun TikTok dan membuatnya menjadi semakin mapan. Bukan hanya memiliki banyak pengikut saja, akun TikTok yang memiliki nilai jual tinggi harus memiliki keterlibatan dengan pengikutnya. Oleh karena itu, kamu bisa membuat akun dengan audiens yang sesuai dengan bidang tertentu. 

12. Menemukan klien baru

pexels.com/Anna Shvets

TikTok bisa menjadi sarana untuk menemukan klien baru untuk bisnis yang kamu miliki. Untuk menemukan klien yang tepat, kamu bisa memulainya dengan membuat konten yang menarik sambil mempromosikan layanan yang kamu miliki. 

Dengan kreativitas, kamu bisa membuat bisnis apa pun menjadi menarik di TikTok. Misalnya, kamu bisa mempromosikan situs web pribadi, konsultan pemasaran, ataupun bisnis lainnya yang kamu miliki. 

13. Mengumpulkan tip

pexels.com/Karolina Grabowska

Sedikit berbeda dengan donasi, cara mendapatkan uang dari TikTok dengan mengumpulkan tip ini memungkinkan creator bisa mendapatkan tip dari fans. Hal itu diberikan untuk menunjukkan rasa terima kasih mereka kepada creator yang disukai. 

Kamu bisa mendapatkan hadiah dengan mengunjungi situs web tertentu, misalnya Venmo, Tipee, dan lainnya. Cara ini mirip dengan memberi koin untuk para musisi jalanan. 

14. Membuat iklan in-feed

pexels.com/cottonbro

Membuat iklan in-feed dengan TikTok bisa memberi banyak peluang pemasaran yang bagus. Kamu bisa mengeluarkan sedikit biaya untuk menjangkau audiens dengan kontenmu. 

Iklan semacam ini akan muncul di umpan "Untuk Anda" dan akan diputar secara otomatis seperti video TikTok lainnya. Kamu pun bisa memastikan video tersebut bisa menjangkau pemirsa yang sesuai. 

15. Buat iklan in-feed dengan TikTok

freepik.com/rawpixel

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula berikutnya adalah dengan membuat iklan in-feed dengan pengelola iklan TikTok. Iklan ini bisa memperluas jangkauan konten kamu dengan cara membayar ke pengelola iklan TikTok. 

Nantinya, iklan tersebut akan diputar otomatis seperti video TikTok lainnya. Namun, kamu bisa memastikan menjangkau audiens yang paling tertarik dengan produkmu. 

Jika berhasil, maka iklan tersebut akan membuat produkmu dikenal audiens dan menjadi sasaran pengguna TikTok. Cara ini cocok bagi kamu yang ingin memasarkan produk tertentu. 

16. Bergabung dengan TikTok Creativity Program

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Pengguna yang sudah mulai punya banyak pengikut mungkin bisa mempertimbangkan untuk menghasilkan uang melalui TikTok Creativity Program. Program ini menggantikan TikTok Creator Fund sebelumnya. 

Namun, ada beberapa syarat untuk bisa mengikuti program ini, di antaranya adalah pengguna harus berusia minimal 18 tahun, memenuhi syarat minimum pengikut dan penayangan video, dan juga harus bereputasi baik. 

17. Menjual merchandise

pexels.com/Zhanzat Mamytova

Nah, cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang terakhir bisa dengan menjual merchandise. Menjual produk sendiri di TikTok akan bagus untuk memonetisasi hampir semua jenis konten. 

Ada banyak sekali dagangan yang bisa dipilih, mulai dari kaus, tas, sarung bantal, topi, sampai buku catatan. Selain bermanfaat untuk menambah pendapatan, merchandise tersebut juga akan membuatmu makin populer. 

Itulah 17 cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang bisa kamu praktikkan.

Jika kamu bisa melakukan salah satu cara di atas secara konsisten, maka kamu mungkin akan mendapatkan uang dari TikTok. Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Working Life