Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, Bisa jadi Tambahan Pemasukan

Menyalurkan kreativitas bisa dapat uang

Nafi' Khoiriyah

Kehadiran tiktok sebagai platform untuk berbagi video pendek ternyata membawa banyak manfaat. Selain menyajikan informasi dan hiburan dalam format video, TikTok juga bisa menjadi ladang untuk berkreasi dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Meski demikian, ternyata belum banyak orang yang mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok. Padahal, platform ini bisa menambah pemasukan yang lumayan jika kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. 

Oleh karena itu, berikut Popbela.com bagikan 9 cara mendapatkan uang dari TikTok. Yuk, simak ulasannya!

1. Menjadi influencer

freepik.com

Menjadi seorang influencer di TikTok kini bukan lagi hal yang sulit. Kamu bisa melakukan peran tersebut dengan berbagai cara, misalnya menjadi brand ambassador sebuah produk, mengunggah konten bersponsor, atau melakukan endorsement.

Menjadi influencer adalah cara mendapatkan uang dari TikTok yang cukup mudah dan tentunya menjanjikan. Namun, influencer tentunya juga harus kreatif supaya video yang berkaitan dengan brand atau produk tersebut bisa ditonton dan disukai banyak orang. 

2. Mengunggah konten yang disukai banyak orang

pexels.com/Ron Lach

Jika kamu masih ragu untuk menjadi influencer, lebih baik kamu memulainya dengan mengunggah konten video pribadi terlebih dahulu. 

Untuk membuat konten atau video di TikTok, kamu terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi TikTok, membuat profil, merekam, kemudian mengedit video. 

Video yang kamu buat itu sebaiknya berbeda dengan konten yang lain sehingga bersifat orisinal. Kamu juga bisa membuat video dengan hastag dan lagu yang sedang tren supaya lebih mudah untuk menjangkau penonton.

Dengan banyak mengunggah konten video, lama kelamaan kamu akan mengetahui siapa target pasar dari TikTok pribadimu. 

3. Mendapatkan pengikut sebanyak-banyaknya

unsplash.com/Aaron Weiss

Mendapatkan uang dari TikTok tidak bisa maksimal jika tanpa pengikut yang banyak. Oleh karena itu, penting untuk memperbanyak pengikut dengan berbagai macam cara.

Setidaknya, kamu perlu 10.000 pengikut untuk bisa melakukan cara mendapatkan uang dari TikTok yang lainnya. Supaya mencapai jumlah tersebut, pahami target pasar konten milikmu dan unggahlah konten-konten yang berkualitas. 

4. Membentuk branding

pexels.com/Ron Lach

Media sosial merupakan tempat yang paling pas untuk membangun branding diri. Branding ini nantinya akan membuatmu dikenal sehingga menjadi awal mula untuk bisnis yang dapat menghasilkan uang. 

Cara untuk mem-branding diri ini adalah dengan membuat unggahan yang konsisten dan memiliki keunikan tersendiri. 

5. Menjual merchandise

pexels.com/Zhanzat Mamytova

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang cepat lainnya adalah dengan menjual merchandise kepada pengikut. Cara ini akan sangat mudah dilakukan jika kamu sudah memiliki banyak pengikut.

Merchandise yang kamu jual sebaiknya adalah barang yang memiliki desain yang unik dan menarik. Dengan menjual merchandise, kamu sebagai pemilik akun dan pengikut juga diharapkan bisa berinteraksi secara langsung. 

Merchandise itu akan meningkatkan promosi akun TikTok sekaligus merchandise yang dijual itu sendiri. 

6. Menawarkan jasa pembuatan konten

freepik.com/DCStudio

Aplikasi TikTok memang menawarkan hal yang berbeda dari media sosial lainnya, yakni konten yang hampir sepenuhnya berbasis video. 

Itulah mengapa banyak orang yang menggunakan platform ini untuk menonton saja, tetapi tidak untuk membagikan video. 

Nah, jika kamu memiliki kreativitas tinggi terkait editing video, jasa pembuatan konten TikTok tentu akan menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Sebab, kamu akan menerima berbagai permintaan konten yang kini jumlahnya semakin banyak. 

7. Membuka jasa konsultan TikTok

pexels.com/mentatdgt

TikTok yang berkembang begitu pesat membuat banyak orang ingin melebarkan sayap bisnisnya melalui platform ini.

Namun, kebanyakan orang belum mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan jumlah pengikut yang banyak, mengoptimasi konten, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, membuka jasa konsultan bisa menjadi cara mendapatkan uang dari TikTok. Tentunya, hal ini bisa dilakukan untuk kamu yang sudah mengetahui sistem yang bekerja di TikTok. 

8. Mengumpulkan koin TikTok streaming

unsplash.com/Jana Shnipelson

Bagi kamu yang sudah memiliki jumlah pengikut yang lumayan banyak, melakukan siaran langsung bisa menjadi cara untuk menambah pemasukan.

Caranya, kamu hanya perlu melakukan siaran langsung kemudian mengumpulkan hadiah virtual dari para penonton. 

Nantinya, hadiah virtual itu bisa diukar dengan sejumlah uang. Namun, jangan lupa untuk memerhatikan jam yang tepat dan strategi lainnya untuk melakuakan live streaming.

9. Jual beli akun TikTok

freepik.com/rawpixel

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang terakhir adalah dengan jual beli akun TikTok. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jumlah pengikut dan performa akun memang sangat berpengaruh untuk mendapatkan engagement dari TikTok. 

Oleh karena itu, orang-orang perlu memperbanyak jumlah pengikut, tayangan video, sampai akhirnya menjadi besar. Hal itu tentu memakan waktu yang lama.

Nah, untuk menyiasatinya, mereka akan lebih mudah untuk membeli akun yang sudah memiliki performa yang bagus daripada membuat akun dari nol. Biasanya, target para pembeli akun TikTok ini adalah perusahaan-perusahaan atau merek yang membutuhkan target market tertentu.

Itulah 9 cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu terarik, TikTok bisa menjadi tambahan pemasukan yang menjanjikan dan tentunya menyenangkan.

Apakah kamu tertarik menambah pundi-pundi rupiah lewat TikTok, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life