Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Mudah, Yuk Coba!

Ada banyak cara yang bisa kamu coba, lho!

Nafi' Khoiriyah

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, media sosial tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap hari kita dihadapkan dengan suguhan konten di media sosial, salah satunya adalah Instagram

Dengan Instagram, kamu bukan hanya bisa membagikan foto atau video saja, tetapi juga bisa menjadi jembatan untuk mendapatkan uang. Namun, banyak orang yang masih bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menghasilkan uang dari Instagram.

Nah, kali ini Popbela.com akan memberi tahu kamu tentang cara menghasilkan uang dari Instagram. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Menjalin kerja sama dengan merek tertentu

pexels.com/Mnz

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang pertama adalah dengan menjalin kerja sama dengan merek tertentu. Dengan kata lain, kamu mendapatkan sponsor dari merek tersebut. 

Cara ini bisa kamu lakukan dengan memposting foto atau video dengan menyertakan produk mereka di dalamnya. Namun sebelumnya, kamu perlu mendapatkan sponsor terlebih dahulu. 

Cara untuk mendapatkan sponsor atau mitra tersebut adalah dengan berbagai macam cara. Biasanya, ada merek yang menghubungi kamu terlebih dahulu jika mereka tertarik dengan personal branding kamu di Instagram. 

Cara lainnya, kamu juga bisa mencari perusahaan yang bisa kamu ajak untuk bekerja sama atau dengan melibatkan pihak ketiga seperti agensi. Mereka akan menghubungkan kamu dengan mitra sehingga memungkinkan untuk kerja sama lebih lanjut. 

Setelah itu, pilih merek atau produk yang benar-benar kamu sukai secara spesifik agar mudah ditemukan oleh para pengguna. 

Kemudian, buat postingan atau cerita dengan memperhatikan standar periklanan yang telah kamu sepakati sebelumnya. Kamu pun akan mendapatkan uang dari merek tersebut jika kerja sama telah terjalin. 

2. Bergabung dengan program afiliasi

unsplash.com/charlesdeluvio

Program afiliasi adalah program yang bisa memberi kamu komisi jika berhasil membuat orang lain membeli produk dari pihak tertentu. 

Bergabung dengan program ini berarti kamu perlu menghubungkan diri dengan bisnis atau produk tertentu. Dengan begitu, kamu akan memasarkan produk mereka dengan bantuan Instagram. 

Biasanya, bisnis atau produk yang bekerja sama akan memberikan tautan atau diskon tertentu yang bisa digunakan oleh pengikutmu. 

Jika pengikut kamu menggunakan kode diskon atau tautan tersebut, maka kamu pun akan mendapatkan uang. 

3. Mempromosikan barang dagangan sendiri

pexels.com/Pixabay

Salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram yang paling mudah dilakukan adalah dengan menjual barang dagangan kamu sendiri. Pasalnya, Instagram kini banyak digunakan sebagai alat pemasaran produk. 

Di awal, kamu tentu perlu lebih banyak usaha untuk membangun audiens untuk usahamu di Instagram terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu bisa beriklan untuk mengarahkan audiens yang tertarik ke produkmu di Instagram lewat konten. Barulah kamu bisa mengarahkan mereka ke kontak atau tautan laman e-commerce milikmu. 

Instagram juga telah memiliki fitur Instagram Shopping yang memungkinkan mereka berbelanja dengan melihat tampilan gambar dan video. Kamu juga bisa memasukkan semua informasi produk ataupun mengarahkan mereka ke situs lainnya.

Dengan menjual produk sendiri, kamu pun tidak perlu khawatir dengan ketentuan-ketentuan merek saat memposting produk. 

4. Membangun komunitas

unsplash.com/Hannah Busing

Tahun ini, Instagram memperkenalkan fitur langganan atau Subscriptions yang bisa membuat content creator menghasilkan uang bulanan.

Cara mendapatkan uang dari Instagram dengan cara langganan ini yakni para pelanggan membayar bulanan untuk melihat konten eksklusif dari kamu. Mereka juga mendapatkan subscriber badge di sebelah namanya. 

Kamu bisa membuat story, live, post, reels, dan live yang eksklusif untuk mereka yang telah berlangganan. 

5. Manfaatkan badge di Instagram Live

unsplash.com/Hans Vivek

Live Badge adalah fitur baru di Instagram yang membantu content creator dan influencer untuk menghasilkan uang. Badge ini bisa kamu anggap sebagai tip yang kamu terima saat siaran langsung.

Cara mendapatkan uang dari Instagram melalui fitur ini adalah dengan menerima badge dari pemirsa yang telah mereka beli dengan harga tertentu. Selama streaming langsung, dalam kolom komentar mereka akan memberikan badge itu untukmu. 

6. Uangkan konten video dengan iklan

unsplash.com/Collabstr

Cara lain untuk bisa mendapatkan uang tambahan dari Instagram adalah dengan menguangkan video dengan iklan in-stream.

Jumlah uang yang kamu dapatkan akan disesuaikan dengan jumlah penayangan video milikmu.

Menurut Instagram, kamu akan mendapatkan 55 persen dari pendapatan iklan yang dihasilkan setiap tampilan video. Pendapatan itu nantinya akan masuk ke rekening kamu setiap bulannya.  

Cara untuk mengaktifkan iklan video in-stream cukup dengan 3 langkah saja. Pertama, Buka Account Settings -> Creator -> In-Stream Video Ads.

Setelah itu, pilih Get Started, lalu baca dan setujui syarat dan ketentuannya. Terakhir, pilih Allow Monetization pada video Instagram milikmu dan klik Continue untuk menyelesaikannya. 

7. Menjual foto yang diunggah

unsplash.com/Jakob Owens

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang terakhir adalah dengan menjual foto secara online. Pada dasarnya, Instagram memang merupakan aplikasi berbagi foto. Oleh karena itu, foto tersebut bisa menjadi aset yang dilisensikan, dicetak, dan dijual.

Caranya, lisensikan hasil fotomu melalui pasar foto seperti 500px atau Twenty20. Foto-foto yang digemari para audiens itu bermacam-macam, mulai dari foto-foto yang bagus sampai foto-foto yang unik.

Kalau sudah, mulai tawarkan karyamu kepada audiens untuk membeli foto milikmu. 

Itulah 7 cara mendapatkan uang dari Instagram yang bisa kamu coba. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa menginspirasi kamu dalam menggunakan media sosial Instagram, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life